“Brazil Big House” atau Penjara Carandiru, Brazil yang telah ditutup oleh Pemerintah Brazil

Mendapatkan julukan “Brazil Big House”, konon penjara Carandiru merupakan salah satu penjara yang paling ditakuti di Brasil. Penjara ini dirancang oleh “Samuel das Neves” pada tahun 1920, yang terletak di Sao Paulo, Brasil. Carandiru aktif pada tahun 1956, dan di tutup resmi pada tahun 2002 lalu oleh pemerintah Brazil. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tempat ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca penjara ini sempat menghebohkan Brasil juga dunia ketika terjadi kerusuhan besar di penjara tersebut tahun 1992. Ratusan korban berjatuhan, 103 (ada yg menyebut 111 napi) di antaranya tewas terbunuh. Tragedi Carandiru bermula dari meletusnya perang ‘antar gank’ di penjara tersebut, yang melebar hingga melibatkan banyak narapidana.

Sebenarnya saat itu banyak napi telah menyerah dengan melemparkan senjata mereka. mereka meminta perlindungan polisi, Namun dijawab polisi dengan menembaki mereka. Perlakuan brutal dari pihak kepolisian memicu protes di mana-mana, tak terkecuali Amnesty Internasional yang mengkampanyekan penjara tersebut ditutup tahun 2002.

Bukan hanya itu saja, fasilitas penjara juga sedemikian buruk sehingga menyebarkan penyakit mematikan. Kasus yang menimbulkan kemarahan dunia ini membawa Guimaraes (Kepala Kepolisian Metropolitan Sao Paulo) ke persidangan. Ia sempat diadili dengan tuduhan pembunuhan terhadap 102 orang. Namun Pengadilan kemudian membebaskan Guimaraes karena yang bersangkutan mengatakan polisi melakukan itu karena ditembaki. Serem ya penjaranya… Wajar saja apabila ditutup

Referensi : http://www.hotcopas.net