BPJS stop kerjasama beberapa Rs, Apa Dampak terhadap pasien ?


(Hub Sehat) #1
BPJS Kesehatan membantu masyarakat dalam hal kemudahan akses dan murahnya biaya bagaimana dampak langsung terhadap pasien ketika stop Kerjasama dengan beberapa rumah sakit.

BPJS Kesehatan yang selama ini menjadi salah satu andalan asuransi kesehatan di Indonesia, khususnya bagi warga dengan status ekonomi menengah ke bawah menyetop kerjasama dengan beberapa Rs dengan alasan tidak terpenuhinya sejumlah syarat seperti akreditasi dan izin beroperasi.

Sebagai investasi kesehatan jangka Panjang BPJS Kesehatan membantu masyarakat dalam hal kemudahan akses dan murahnya biaya yang dibayarkan oleh peserta karena hal tersebut banyak diminati lapisan masyarakat. Belum lagi banyak penyakit berat yang bisa ditanggung oleh BPJS kesehatan.

Dan bagaimana dampaknya terhadap pasien? dilansir dari Tempo.co Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar memperkirakan akan ada penurunan pelayanan kesehatan dari rumah sakit terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN.

Timboel memperkirakan penurunan pelayanan yang akan terjadi seperti penumpukan pasien di rumah sakit karena keterbatasan fasilitas kesehatan. Di samping itu, pasien JKN akan mengalami kesulitan mendapatkan kamar perawatan, apalagi ruang khusus seperti ICU, NICU, PICU dan HCU.

bpjs“Saat ini dengan 2.400-an rumah sakit saja masih banyak persoalan terkait perawatan, karena jumlah peserta BPJSKesehatan yang terus meningkat,” kata Timboel, Sabtu, 5 Januari 2109.

Per Januari 2019, jumlah peserta BPJS Kesehatan telah mencapai 207,9 juta jiwa. Dengan target Universal Health Coverage (UHC) atau reformasi pelayanan kesehatan yang diwajibkan pemerintah sebesar 95 persen pada 2019, diprediksi jumlah peserta BPJS Kesehatan akan mencapai 210 juta peserta.

Dengan melihat kondisi di atas tindakan pencegahan menjadi solusi terbaik saat ini untuk menangani resiko terbesar yang akan terjadi. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan selalu memonitor tanda vital bagi penderita penyakit kronis adalah langkah nyata dalam menghindari resiko yang lebih besar.

BPJSAplikasi dan perangkat kesehatan mobile saat ini mempunyai peran penting dalam industri layanan kesehatan, karena teknologi pada perangkat kesehatan dan aplikasi saat ini memungkinkan untuk mendiagnosis penyakit dan mencegah kemungkinan berkembangnya kondisi medis berbahaya pada pasien penyakit kronis.

Selain itu aplikasi dan perangkat kesehatan bisa menjadi Inovasi dalam memberikan informasi kesehatan dan teknologi kesehatan dalam membangun kompetensi kesehatan masyarakat termasuk menjalin komunikasi yang baik dengan konsil industry kesehatan mulai dari tenaga healthcare, dokter, klinik puskesmas bahkan Rumah sakit.BPJS Kesehatan

Aplikasi +hubsehat sebagai Rekam medis elektronik (EMR) yang unik dan ada di beberapa platform populer seperti Android, IOS dan WEB base bisa menjadi solusi untuk permasalahan yang ada. Aplikasi +hubsehatsebagai Rekam Medis Elektronik (EMR) Pribadi yang bisa di akses kapanpun dan dimanapun memudahkan masyarakat untuk memiliki rekam medis elektronik (EMR) personal dan mempermudah masyarakat dan memperlengkapi industry kesehatan serta tenaga medis dalam mencari profil dan riwayat rekam medis pasien.

Masa depan akan jauh lebih penting ketika anda bisa memonitor semua kesehatan anggota keluarga Ini sebagai langkah nyata dalam pencegahan penyebab penyakit kronis dan mengurangi resiko terbesar untuk kesehatan dalam masyarakat seperti BIAYA KESEHATAN.