Bongkar Rahasia Kesuksesan Tokopedia

Tokopedia merupakan marketplace pertama di Indonesia yang didirikan oleh William Tanuwijaya pada awal tahun 2009. Tokopedia dinilai sebagai pemimpin pasar dalam ranah marketplace online di Indonesia. Tokopedia memiliki jumlah modal yang sangat besar berkat USD 100 juta (Rp 1,2 triliun) yang disuntikkan oleh Softbank Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital.

“Tokopedia merupakan perusahaan pertama yang menerima dana sebesar USD 100 dari investor Global Softbank dan Sequoia Capital. Oleh karena itu, Tokopedia perlu meningkatkan proses pembukuannya guna mengelola transaksi dalam jumlah yang sangat banyak. Akhirnya, Tokopedia memilih mengadopsi SAP Business One yang dirancang untuk usaha kecil dan menengah, serta memilih PT Anugerah Visi Inti Teknologi sebagai mitra yang dapat memenuhi kebutuhan Tokopedia dalam mengembangkan solusi tambahan untuk dintegrasikan dalam SAP Business One,” Bela Sava, Staf Finance & Accounting PT. Tokopedia.

William Tanuwijaya selaku CEO mengatakan bahwa saat ini mereka memiliki “ratusan ribu” penjual yang bertumbuh jumlahnya sebesar 30 persen setiap bulan. Saat ini Tokopedia memiliki 3,3 juta produk aktif, dimana sekitar 2 juta produk terjual di platform setiap bulannya. Saat ini Tokopedia terbukti membantu para pedagang kecil untuk menjual dan mempromosikan barang dagangannya. Semua orang bisa membuka toko online di Tokopedia secara gratis. Menurut William, kesuksesan Tokopedia bisa diraih jika perusahaan garapannya itu juga berhasil membantu mitra-mitranya hingga mencapai kesuksesan.

Setuju dengan mas Ikhlas, saya sudah sering bertransaksi di sana. dan tokopedia terbilang sukses dalam menjalankan bisnis marketplace.
Apa yang dijual disana terbilang sangat lengkap karena penjual di tokopedia bebas menjual barang apapun namun harus tetap sesuai ketentuan.
Inovasi yang dibuat di Tokopedia juga beragam dan tidak monoton, seperti :

  1. Free ongkir
  2. Diskon
    3, Voucher Belanja
    Tidak hanya disitu, di tokopedia juga dapat dijadikan tempat Rekber(rekening bersama) yang membuat transaksi lebih aman karena uang akan ditransfer ke rekening tokopedia terlebih dahulu dan nantinya akan di teruskan kepada penjual setelah pembeli mengkonfirmasi bahwa barang yang diterimanya sudah sesuai dengan yang seharusnya dia dapat.

Sumber : Pengalaman

Tokopedia

Tokopedia memang suatu wadah yang menarik bagi para penjual karena tokepedia adalah sebuah marketplace online secara gratis. Dari sisi pengguna pun benar sepertiyang dikatakan oleh Rahadian, tokopedia menawarkan hal lain seperti bebas ongkos kirim, diskon maupun voucher belanja yang sepertinya kini banyak diikuti oleh para pesaingnya.
Dan kini yang saya ketahui tokopedia tidak hanya bisa melakukan pembayaran melalui bank transfer saja. Kini sudah bisa seperti mobile banking atau kartu kredit yang akan lebih memudahkan para pengguna tokopedia sendiri dari sisi penjual maupun pembeli

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, membeberkan cara meningkatkan kualitas manajemen karyawan yang diterapkannya. Menurutnya, iklim kompetisi di dunia startup saat ini semakin ketat. Sistem kerja di Tokopedia menekankan pada budaya kerja sebagai peta, value atau DNA perusahaan sebagai kompas, serta visi misi perusahaan sebagai tujuan.

Secara garis besar karyawan Tokopedia dilekatkan dengan tiga nilai atau DNA. Antara lain, growth mindset, focus on consumer, serta make it happen & make it better. Dia juga menekankan bahwa seorang pemimpin maupun karyawan harus sama-sama memiliki ketulusan dalam berbagi seperti seorang guru, serta tekad untuk terus belajar layaknya seorang murid. Dan, tentunya tetap rendah hati.

Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) pada umumnya adalah knowledge worker yang didorong untuk menemukan tujuan mereka di perusahaan. Tokopedia percaya pengembangan kualitas SDM hanya bisa dilakukan dengan cara memberikan kepercayaan dan kesempatan.

Proses orientasi para Nakama baru selama dua minggu lewat Nakama Academy yang menekankan pada budaya kerja dan apa visi misi dari Tokopedia. William Tanuwijaya percaya kesuksesan hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses. Filosofi ini ditanamkan kepada setiap Nakama sejak awal karena bagi Tokopedia tidak cukup hanya mampu secara skill, tetapi harus juga peduli pada misi perusahaan.

Sumber :
http://www.jawapos.com/read/2016/04/14/23874/tokopedia-bongkar-rahasia-kesuksesan-bisnisnya

Tokopedia bisa dibilang turut berperan besar dalam mengubah taraf hidup masyarakat Indonesia, khususnya puluhan ribu UKM di Indonesia yang merasakan manfaat dalam memanfaatkan internet sebagai distribusi produk-produk mereka. Seperti dilansir hitsss.com CEO tokopedia, William Tanuwijaya mengungkapkan bahwa setiap tahunnya yang menjadi kunci sukses dan strategi utama dalam meningkatkan engagement tokopedia adalah selalu relevan dengan konsumen.

Tokopedia menyediakan berbagai fitur yang dibutuhkan dalam transaksi jual-beli, dengan mengidentifikasi dan mewujudkan fitur-fitur tersebut dari sisi merchant. Sedangkan dari sisi konsumen para merchant, tokopedia memberikan solusi dari kendala yang ada. Sebagai contoh, bagi konsumen yang ingin berbelanja namun tidak memiliki kartu kredit atau rekening bank, karena tokopedia ingin menjangkau siapapun tanpa batasan maka solusi yang diberikan adalah bekerja sama dengan indomaret atau 7eleven agar konsumen dapat membayar tunai belanja mereka.

Belanjanya boleh online, bayar tunai pun tetap dapat dilakukan, tegas lelaki lulusan Universitas Bina Nusantara tersebut.

Kesuksesan tokopedia di start-up Indonesia pun itu karena tokopedia berhasil berinovasi diantara start-up lainnya di Indonesia mengalahakan kompetitor dibidangnya. Memang menurut saya pribadi inovasi dibidang teknologi sangat diperlukan. Semakin lama teknologi pasti berkembang dengan begitu pasti kebutuhannya pun ikut berkembang. Maka dari itu perlu inovasi dibidang IT sendiri.
Tokopedia pun merangkum berbagai inovasi yang mereka lakukan selama tahun lalu. Berikut ini hal-hal yang dilakukan Tokopedia selama tahun 2016, seperti yang ditulis dalam rilisnya ke Mobitekno.

Januari - Maret 2016

Peluncuran produk Tiket KAI
Menyediakan layanan pengiriman di hari yang sama
April – Juni 2016

Peluncuran produk Pulsa dan paket Data
Belanja online bisa bayar tunai di gerai minimarket
Meluncurkan program Mitra Toppers
Dipilihnya Bandung sebagai kota pertama untu program Laman Kota
Juli – September 2016

Peluncuran produk Token Listrik
Memperkenalkan fitur Free Returns
Manyediakan layanan pembayaran BPJS
Oktober – Desember 2016

Menyediakan tempat berjualan resmi bagi brand ternama lewat Official Store
Menyediakan produk PDAM, TV Kabel, dan Voucher Game
Menyediakan fitur Cashback dari penjul untuk pembeli
Peluncuran fitur TopDonasi

sumber: http://www.mobitekno.com/read/4860-ini-dia-kesuksesan-yang-diraih-tokopedia-selama-tahun-2016