Bolehkah Mencabut Gigi dengan Benang Gigi?

123

Saat pergantian dari gigi susu ke gigi permanen, biasanya sering kita temuin gigi anak mulai goyang. Goyangnya gigi ini menandakan kalau akar gigi sudah cukup pendek dan bisa segera terlepas sendiri. Sayangnya banyak orang tua yang kurang sabar atau takut untuk menunggu gigi si anak lepas, sehingga orang tua lebih memilih mencabutnya dengan benang. Sebenarnya, apakah aman mencabut gigi dengan benang gigi?

Pakar kesehatan gigi bernama drg. Felicia melati SpKGA menerangkan, kalau gigi yang goyang adalah proses alami yang terjadi, karena gigi anak nantinya akan terlepas dan tumbuh gigi yang baru. Maka dari itu, menurut drg. Felicia pun menganggap kegiatan mencabut gigi dengan benang sebagai hal yang tidak perlu untuk dilakukan. Walaupun dalam beberapa kasus, ada gigi yang sudah goyang namun akarnya masih cenderung panjang, sehingga gigi tersebut tidak terlepas atau copot dengan sendirinya. Ternyata masalah ini bisa disebabkan karena infeksi, maka dari itu kalau Anda memaksa mencabut gigi tersebut dengan benang, maka bisa jadi infeksi pada gigi si anak akan semakin lebih parah.

Pakar kesehatan lainnya, Profesor Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD, menambahkan jika gigi yang sudah goyang, gigi tersebut sebenarnya masih tertanam dalam gusi dan memiliki akar. Memang, kondisi ini menandakan bahwa gigi memang akan segera tanggal atau terlepas. Namun, kalau Anda mencabut gigi yang masih tertanam ini, dikhawatirkan justru sang anak akan merasa kesakitan atau terjadi pendarahan pada giginya.

Apalagi telah ditemukan dalam beberapa kasus, kalau benang yang dipakai untuk mencabut gigi pun tidak steril, sehingga kemungkinan besar masalah infeksi gigi akan terjadi pada gigi anak Anda, Moms. Melihat berbagai fakta ini, ada baiknya kita tidak sembarangan mencabut gigi dengan menggunakan benang. Moms, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi agar bisa mendapatkan solusi terbaik dan aman bagi gigi si anak yang sudah goyang.