Blake Ross : Founder Mozilla Firefox


BIOGRAFI BLAKE ROSS


Blake Aaron Ross (lahir 12 Juni 1985) adalah seorang teknisi perangkat lunak Amerika yang dikenal karena karyanya sebagai co-creator browser Mozilla Firefox dengan Dave Hyatt. Pada tahun 2005, dia dinominasikan sebagai Renegade of the Year untuk penghargaan Rave di majalah Wired. Dari tahun 2007, ia bekerja untuk Facebook sebagai Direktur Produk dan kemudian mengundurkan diri pada awal 2013. Pada tahun 2015, ia menulis sebuah fiksi naskah fiksi ke serial komedi Silicon Valley HBO, yang kemudian mencuri perhatian banyak orang.

Ross terkenal karena ikut mendirikan proyek Mozilla Firefox bersama Dave Hyatt. Ross menemukan Netscape setelah menjadi open-sourced website dan mulai berkontribusi. Dia magang di Netscape Communications Corporation pada usia 16 tahun. Pada tahun 2003, dia terdaftar di Stanford University. Saat magang di Netscape, Ross merasa kecewa dengan browser yang sedang dikerjakannya. Ross dan Hyatt membayangkan sebuah browser yang lebih kecil dan mudah digunakan yang bisa menarik banyak orang, dan Firefox lahir dari gagasan itu. Proyek open source mendapatkan antusiasme dan popularitas, dan pada tahun 2003 semua sumber daya Mozilla dikhususkan untuk proyek Firefox dan Thunderbird. Dirilis pada bulan November 2004, ketika Ross berusia 19 tahun, Firefox dengan cepat meraih pangsa pasar (terutama dari Microsoft Internet Explorer), dengan 100 juta unduhan dalam waktu kurang dari setahun.
Ross adalah penulis Firefox For Dummies.

Ross mendirikan sebuah startup baru dengan mantan karyawan Netscape lainnya, Joe Hewitt (pencipta Firebug yang juga bertanggung jawab atas antarmuka dan kode Firefox). Ross dan Hewitt bekerja untuk menciptakan Parakey, sebuah antarmuka pengguna baru yang dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara desktop dan web. Ross mengungkapkan beberapa rincian teknis tentang program tersebut dan perusahaan barunya saat ditampilkan di sampul IEEE Spectrum pada November 2006.

Pada tanggal 20 Juli 2007, BBC melaporkan bahwa Facebook telah membeli Parakey. Pada awal 2013, Ross meninggalkan Facebook untuk mengejar kepentingan lainnya. Pada tahun 2016, Ross mengetahui bahwa ia memiliki kondisi yang dikenal sebagai aphantasia, sebuah ketidakmampuan untuk memvisualisasikan sesuatu.

Ross berkata:
“I have never visualized anything in my entire life. I can’t “see” my father’s face or a bouncing blue ball, my childhood bedroom or the run I went on ten minutes ago. I thought “counting sheep” was a metaphor. I’m 30 years old and I never knew a human could do any of this.”

“The next big thing is the one that makes the last big thing usable.” - Blake Ross

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Blake_Ross