Bisnis Apakah yang Cocok Untuk Anak Muda?


(Rendra Pranadipa) #1

Ada beberapa bisnis yang dapat dilakukan oleh anak-anak muda, khususnya pada zaman sekarang dengan ditunjang fasilitas yang sangat mempermudah dalam menjalankan bisnis tersebut. Tidak ada alasan untuk bermalas-malasan karena selalu ada peluang bagi mereka yang bertekad kuat dalam membangun bisnis.


Bisnis dengan ide unik dan harga terjangkau(masuk akal) adalah salah satu dari sekian banyak konsep bisnis yang dapat dilakukan anak muda, jangan pernah menggagap sepele segmen ini, karena di Indonesia hampir 50% dari penduduknya adalah pemuda, sehingga jika sukses berbisnis di segmen ini maka omzet yg didapatkan pun tidak main-main.

Untuk menunjang ide mu untuk memulai bisnis, simaklah beberapa daftar usaha yang dapat kamu jadikan referensi.

1. Kuliner

Keripik Pedas via http://bandung.panduanwisata.id/

Tidak dapat dipungkiri saat ini sangat banyak bisnis kuliner dikalangan anak muda, tetapi kamu tetap dapat bersaing dengan pebisinis yang lain, syaratnya adalah kamu memiliki konsep dan pola yang unik karena pasar akan menerima produk dengan konsep unik tersebut, jangan lupa memasang harga yang wajar dan sesuai dengan pasar. Gunakanlah Internet sebagai penunjang dalam melakukan promosi yang ampun sekaligus murah.

Contoh nyata penjualan kuliner unik dan booming di masyarakat seperti “Tahun 2010-2012: Keripik Tradisional + bubuk Cabe ber aneka level (unik)”. “Tahun 2014 - Sekarang: Martabak + Toping coklat merek tertentu atau green tea atau red velvet(unik)”.

Intinya produk yang dapat diterima oleh pasar dan memiliki pengikut(pengekor) yang banyak berarti produkmu telah sukses diterima pasar. Jangan lupa untuk melakukan testing terhadap produk yang kamu buat agar dapat memadu padankan rasa yang pas dengan selara pasar.

2. Game Online


Game Online via http://gamerfitnation.com/

Masih berhubungan dengan Internet, usaha game online masih sangat diminati oleh anak-anak muda. Kamu cukup menyediakan tempat yang nyaman dan berkonsep unik untuk mendapatkan perhatian para penyuka game online ini.


Para gamer memiliki komunitas sendiri, Jika akan masuk ke bisnis ini salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah menarik komunitas tersebut agar datang dan bermain di tempatmu, buatlah agar mereka merasa nyaman bermain di tempatmu sehingga tidak bosan dan akan selalu mengabisakan waktu bermain di tempatmu. Adakahlah perlombaan mini setidaknya 1 minggu sekali agar tidak membosankan, ini pun dapat menjadi salah satu alternatif konsep yang dapat kamu gunakan. Selamat mencoba :smiley:

3. Bisnis Karaoke


Karaoke via http://www.thegroundswell.ca/

Bisnis Karaoke adalah salahsatu peluang lainnya. Walaupun sudah banyak bisnis karaoke saat ini, tetapi tidak banyak yang memiliki konsep unik yang meng khususkan untuk anak muda.


Beberapa tahun terakhir bisnis ini selalu ramai dan disukai oleh pasar, akibatnya sangat banyak bermunculan tempat-tempat karaoke baru dari yang murah sampai yang mahal dengan konsep yang mewah seperti yang dimiliki oleh beberapa artis Indonesia yang memilih membuka peluang usaha sampingan yaitu tempat karaoke.


Tetapi tidak banyak yang memiliki konsep anak muda yang sesuai dengan keinginan kaum muda itu sendiri. Salah satu contohnya sangat susah untuk menemukan lagu-lagu indie favoritmu. Nah kenapa tidak membuka peluang usaha yang sesuai dengan kenginanmu sebagai seorang anak muda yang kreatif dan inovatif. Untuk membuka usaha karaoke memang memerlukan modal yang cukup besar, tetapi seperti pepatah katakan “tidak ada laut yang terlalu dalam dan tidak ada gunung yang terlalu tinggi untuk ditaklukan jika memiliki niat yang kuat”. ajaklah beberapa teman untuk membangun usaha ini, tidak ada yang terlalu sulit bukan? :sunglasses:

4. Gym/Pusat Kebugaran


Gym via https://www.lifefitness.com

Usaha satu ini lagi booming di kalangan anak muda, tidak sedikit anak muda yang mengisi waktu luangnya di pusat kebugaran. Maraknya trend ini membuat banyak pusat kebugaran bermunculan.


Jika akan mencoba bisnis ini, pemilihan lokasi sangatlah penting. kamu dapat memilih lokasi yang dekat dengan kantor atau kampus. Umumnya orang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga jadi dengan meiliki lokasi yang dekat dengan mereka maka dengan mudah mereka dapat berkunjung ke tampatmu untuk berolahraga dan menghabisi waktu luangnya. Lengkapi pula fasilitas seperti tempat mandi dan ganti baju agar setelah itu dapat melanjutkan aktivitas lainnya.


Jangan lupa pula dengan konsep ya, yaa lagi-lagi konsep dan konsep yang unik, karena ini adalah senjata ampuh untuk menarik pelangganmu merasa nyaman dan mungkin akan berlama-lama disitu hanya untuk nongkrong setelah berolahraga. jadi selamat mencoba :wink:

5. Fashion


Fashion via https://www.brilio.net

Yupp, bisnis ini memang sangat banyak sekali pesainnya, bahkan sangat banyak pemain-pemain besar dengan penjualan yang besar pula. Tetapi harus jadi pengingat “tidak ada laut yang terlalu dalam dan tidak ada gunung yang terlalu tinggi untuk ditaklukan jika memiliki niat yang kuat” nahh jadi jangan pernah menyerah dengan para pesaing yaa.


Satu hal yang selalu kamu ingat ketika akan terjun ke bisnis fashion adalah bahwa siapa yang memiliki kreatifitas yang tinggi dan sesuai dengan selera pasar maka dialah pemenang nya, jadi tentukan konsep dan pola terbaik untuk menarik pasar.


Jangan lupa juga bahwa Brand Fashion yang kamu luncurkan juga harus mampu menjadi simbol identitas tertentu. Misalkan menggambarkan suatu daerah asal atau musik dan film favorit, Misalnya saja, butik pakaian secondhand pria yang di-display secara elegan akan cocok bagi mahasiswa atau pelajar yang gemar musik jazz, film-film Hitchcock, dan gaya ala gentleman di tahun 50-an. Dengan tahu identitas apa yang disimbolkan produkmu, kamu akan lebih mudah dalam memasarkan produkmu ke pasar yang akan kamu inginkan.

soo… kawan-kawan muda, masih banyak ide-ide bisnis yang dapat kita kembangkan, yang akan selalu kita pegang adalah konsep yang terbaik dan berbeda dengan lawan bisnis, maka pasar pun dengan sendirinya akan menerima produk atau jasa yang ditawarkan. Selamat berbisnis kawan-kawan muda.