BISAPINJAM - Easy Way to Borrow & Lend stuff

Apa itu BISAPINJAM?

BISAPINJAM? adalah layanan berbasis Web sebagai sarana peyewaan dan penjualan barang bekas. Dengan segmentasi pengguna Mahasiswa Universitas Brawijaya karena kami percaya mahasiswa tingkat akhir yang tinggal di kos atau kontrakan mengalami kesusahan dalam mengalokasikan barang-barang ketika sudah lulus karena tidak memungkinkan untuk membawanya pulang ke tempat asal dan kami juga percaya mahsiswa mengalami keraguan membeli barang baru ketika barang yang ia miliki sudah tidak bisa berfungsi karena ia hanya membutuhkan barang tersebut dalam jangka waktu yang singkat.

Fitur -fitur BISAPINJAM?

Login
Fitur ini untuk memberikan authentikasi kepada user dengan memasukan nama dan password untuk masuk ke sistem.

Pinjam Barang
Pada Fitur ini user dapat melihat barang yang di sewakan dan melakukan proses peminjaman/penyewaan barang

Beri Barang
Dalam fitur ini, user dapat memberi barang dengan 2 opsi : yang pertama memberi barang-barang secara cuma-cuma. Yang kedua, user dapat menyewakan barangnya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan dapat memeperoleh keuntungan tersendiri.

Apa pendapat kamu tentang BISAPINJAM?

Kami membutuhkan bantuan kalian dari para pembaca untuk menyampaikan pendapat kalian tentang ide produk yang sedang kami kembangkan sebagai masukan dan evaluasi bagi kami. Mohon kesediaannya untuk memberi komentar dengan mereply topic kami. Terimakasih :slight_smile:

2 Likes

Aplikasi berbasis web ini sangat bagus dan membantu bagi mahasiswa UB semester tua (semester 7 / 8) karena akan lebih dapat menghemat suatu biaya jika kita meminjam suatu barang yang hanya dipakai untuk beberapa saat tanpa harua membelinya dengan harga yang sangat mahal. Sukses terua untuk bisapinjam?

1 Like

menurut saya, tujuan dari web ini baik yaa. mengajarkan saling berbagi terhadap sesama. saya ingin bertanya terkait aplikasi, saya menemukan kata “penyewaan” dan kalimat “diberikan secara cuma-cuma”. apakah barang dipinjamkan secara gratis atau ada pemungutan biaya? selain itu bagaimana dengan keamanan aplikasi tsb baik dari sisi user yg meminjam maupun dipinjam? Terima kasih. :slight_smile:

1 Like

Untuk ide awalnya sudah bagus, namun harus lebih didetailkan lagi apakah barang bisa dipinjamkan tanpa biaya atau dengan biaya, bagaimana proses dn jangka waktu peminjaman nya, dan apakah memang tidak memerlukan jaminan / semacam tracking yang bisa memastikan bahwa peminjam tidak sembarangan memperlakukan barang pinjamannya

1 Like

Secara garis besar, idenya bisa dibilang unik aka out of the box. Ide ini membahas bagaimana mahasiswa bisa meningkatkan efisiensi mereka dalam mengelola kebutuhan mereka, baik dari sudut pandang yang sedang membutuhkan atau yang sudah tidak lagi membutuhkan. Namun yg menurut saya dapat disayangkan dari perkenalan gagasan ini adalah paragraf perkenalan produk/gagasan/ide tidak mencantumkan sama sekali data valid mengapa ide ini dibutuhkan, hanya sekedar argumen pribadi yg sepertinya menceritakan pengalaman pribadi ya? hehe.

1 Like

Ide yang menarik, tapi mungkin bisa dikombinasikan dengan organisasi koperasi simpan pinjam atau pun pegadaian. Ibaratnya kita punya barang yang sudah tidak kita butuhkan tapi ndak ingin kita jual, bisa dititipkan di organisasi tersebut dengan jaminan. lalu organisasi tersebut akan mengelola barang barang yang dititipkan untuk dipinjamkan ke orang lain yang membutuhkan.

Jadi tidak hanya Customer to Customer tapi ada organisasi yag berada diantara customer untuk mengelola penitipan dan peminjaman barang barang tersebut.

1 Like

Mengapa segmentasi hanya mahasiswa unibraw? mengapa tidak diperluas dengan mahasiswa malang?
lalu bagaimana dengan jaminan kondisi barang yang telah disewa?

namun tentunya ini akan sangat membantu karena akan menghemat pengeluaran anak rantau dananak kosan seperti saya:)

1 Like

Menurut saya bisapinjam ini sudah cukup bagus, namun perlu ditambahkan fitur pencarian. Fitur pencarian ini nantinya akan mempermudah user/pengguna supaya dapat mencari barang yang ingin dipinjam olehnya …

1 Like

Idenya bagus. Tetapi saya masih bingung pada penjelasan produk anda. Pada moto website yang tertulis di title artikel ini kelompok anda menuliskan “Easy way to borrow & lend stuff”. Namun pada deskripsi produk anda menyebutkan bahwa web ini sebagai sarana penyewaan dan penjualan barang bekas. Apakah website ini hanya untuk “meminjamkan” barang, atau bisa untuk “penjualan” barang? Kemudian untuk peminjaman barang, bagaimana cara anda meyakinkan kepada user bahwa bertransaksi di website ini aman? Saya menyarankan anda untuk mempelajari bagaimana cara Gojek mengontrol drivernya agar tidak melakukan pencurian atau penipuan, mungkin bisa diimplementasikan pada produk anda. Memang tidak ada kesamaan Gojek dan Bisa Pinjam ini, tapi anda bisa mempelajari bagaimana Gojek meyakinkan user bahwa Gojek aman untuk digunakan. Terima kasih.

1 Like

Dari paparan masalah yang disampaikan dan solusi ide yang ditawarkan cukup baik. Namun salah satu solusi yang ditawarkan yaitu menjual barang bekas sebenarnya sudah banyak platform untuk itu seperti OLX, Bukalapak, dan Tokopedia. Hal apa yang menjadi kelebihan menjual barang bekas disini dibanding menjual barang bekas di platform lain ?

ide gagasan yang diambil terbilang unik. membahas beberapa permasalahan yang dihadapi oleh kebanyakan orang secara umum dan khususnya para mahasiswa, namun hal yang perlu diperhatikan untuk melengkapi gagasan tersebut ialah keunggulan yang didapatkan dengan menggunakan layanan BISAPINJAM ini, apa yang membedakan dengan tempat peminjaman biasa ? kemudian juga perlu penjelasan lebih apakah layanan BISAPINJAM ini dapat menengahi untuk jaminan barang dan beberapa pertanyaan umum yang sering dipikirkan oleh calon user untuk menggunakan layanan BISAPINJAM. Kemudian juga permasalahan yang diangkat mungkin bisa lebih akurat dengan dilengkapi data, jika permasalahan yang diangkat disebabkan karena mahasswa tingkat akhir yang tidak memungkinkan membawa pulang barangnya, apa yang membuat mereka berpikiran untuk meminjamkan? sedangkan sepertinya banyak yang lebih baik menjual barangnya :slight_smile:
overall kalau ide gagasan ini bisa dipikirkan dengan sangat matang, akan sangat sangat membantu

untuk penyewaan itu adalah barang barang yg disewakan langsung oleh si “penyewa barang” jadi penentuan harga pun dari si “penyewa barang”, sedangkan barang yang dipinjamkan adalah barang barang yang diberikan secara cuma-cuma atau barang yang didonasikan oleh seseorang kepada kami, barang tersebut akan kami pinjamkan secara gratis kepada pihak yang ingin memminjam. untuk keamanan kami menggunakan ktm/ktp/sim sebagai barang jaminan

website kami adalah website peminjaman dan penyewaan barang bukan untuk penjualan barang bekas. jadi pemilik barang bisa menyewakan barangnya jika memang barang tersebut sedang tidak digunakan atau pemiliki barang bisa mendonasikan barang tersebut ke kami untuk kami pinjamkan ke pihak yang membutuhkan

terima kasih banyak atas sarannya. jadi kami disini merupakan website yang bergerak dalam bidang peminjaman dan penyewaan barang dimana si pemilik barang dapat menyewakan barang miliknya jika memang barang tersebut sedang tidak dipakai atau bahkan si pemiliki barang bisa mendonasikan barang tersebut untuk kami pinjamkan ke pihak yang membutuhkan

terima kasih banyak atas saran yang telah diberikan untuk kedepannya akan kami tingkatkan lagi fitur fitur pada website bisapinjam

untuk segmentasi kenapa hanya mahasiswa univ brawijaya ini masih pada tahap awal dan tidak menutup kemungkinan kami akan memperluas pasar kami tapi untuk saat ini kami berfokus pada universitas brawijaya agar pengontrolan dan manajemen organisasi kami lebih baik terlebih dahulu dan juga ruang lingkup penyewa juga lebih kecil jadi proses bisnis yang ada bisa menjadi lebih cepat dan mudah

terima kasih banyak atas sarannya untuk kedepannya akan kami coba untuk memperbaiki lagi proses bisnis yang ada didalam perusahaan kami

keunggulan dari bisa pinjam dibanding tempat peminjaman yang lain adalah setiap mahasiswa di brawijaya dapat meminjamkan barang barang yang sedang tidak digunakan dengan demikian bisapinjam memiliki banyak sekali pilihan barang untuk disewakan dibanding dengan website peminjaman barang lainnya, selain itu kami memiliki lingkup yang tidak terlalu luas sehingga dapat mempercepat dan mempermudah proses bisnis didalamnya. untuk masalah data kami sudah memasukkan didalam form, jadi setiap “penyewa barang” menaruh barang di bisapinjam mereka harus terlebih dahulu mengisi form yang telah disediakan, begitu juga si “peminjam barang” setiap akan meminjam barang mereka akan mengisi form peminjaman barang.

1 Like