Bisakah penyakit Jantung karena keturunan disembuhkan?

penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab nomor satu kematian di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh adanya penyumbatan peredaran darah menuju jantung atau otak, bisa karena lemak atau yang lain.

Penyakit jantung merupakan penyebab nomor satu kematian di seluruh dunia. Penyakin ini disebabkan oleh adanya penyumbatan peredaran darah menuju jantung atau otak, bisa karena lemak atau yang lain.

Gaya hidup seperti merokok atau mengkonsumsi alkohol bisa sangat besar memicu munculnya penyakit jantung. Namun, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh keturunan yang mempengaruhi gen dalam tubuh. Sebab ini sangat sulit untuk diubah. Akan tetapi pada masa depan masalah ini akan segera teratasi oleh pengeditan gen.

Tim peneliti di Pennsylvania university menggunakan teknik CRISPR-Cas9 untuk mengatasi adanya mutasi gen ANGPTL3 (angiopoietin-like 3). ANGPTL3 merupakan mutasi gen yang bisa terjadi pada orang tertentu yang mengakibatkan gangguan pengaturan lemak seperti trigliserida. Mengalami kelebihan trigliserida dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Percobaan yang dilakukan ini dengan menyuntikkan tikus dengan pengedit gen yang memicu mutasi ANGPTL3. Kemudian dilakukan edit gen menggunakan metode CRISPR-Cas9. Hasilnya, trigliserida pada tikus berkurang hingga 56% dalam 2 minggu. Apabila peneliti telah mampu membawa cara ini ke tubuh manusia, maka bukan hal yang mustahil penyakit jantung karena faktor genentik bisa disembuhkan.

Sumber: