Bisakah Kulit Berminyak Menggunakan Cleanser Berbasis Minyak?

Pembersih wajah (cleanser) yang baik harus mampu menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati dan minyak berlebih sambil menjaga lapisan pelindung dan tingkat pH normal. Tapi Bisakah Kulit Berminyak Menggunakan Cleanser Berbasis Minyak?

Pembersih wajah (cleanser) berbasis air dan bebas minyak cenderung menjadi yang paling sering direkomendasikan, meskipun terdapat sebagian yang menganjurkan memakai pembersih berbasis minyak.

Bagi mereka yang menganjurkan menggunakan pembersih wajah berbasis minyak, teori dasarnya seperti ini: Terdapat aturan umum dalam kimia yang menyatakan zat dengan polaritas berbeda cenderung berinteraksi. Air (bersifat polar) tidak dapat melarutkan minyak (nonpolar) dan sebaliknya, tetapi mereka dapat melarutkan zat dengan polaritas yang sama. Maka apabila mencoba membersihkan wajah berminyak, pembersih wajah mengandung minyak mungkin dapat melakukannya.

Tapi sebagian ahli tetap menganjurkan menjalankan rekomendasi tradisional saja. Karena daripada pertimbangkan berfokus pada produk-produk yang bebas minyak, non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori) dan mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide (yang dapat membantu melawan jerawat). Lebih baik Menggunakan air hangat lebih baik dari air panas, dengan proses pembersihan wajah harus dilakukan dengan lembut.