Bisakah kita melakukan perjalanan jauh bersama anjing?

images (1)
Terkadang kita ingin berpergian jauh dengan anjing kita. Lalu Bisakah kita melakukan perjalanan jauh bersama anjing?

  1. Biarkan anak anjing atau binatang piaraan baru Anda secara berangsur-angsur terbiasa melakukan perjalanan dengan mobil.[3] Mulailah dengan membiarkan anjing Anda menjelajah bagian dalam mobil dengan kondisi mesin mati. Kemudian mulailah dengan beberapa perjalanan singkat sampai Anda dan anjing Anda menjadi terbiasa melakukan perjalanan bersama dengan mobil.

  2. Pastikan beberapa perjalanan pertama dengan mobil tersebut menuju ke tempat yang menyenangkan bagi anjing Anda. Jangan lakukan perjalanan jauh dengan seketika, cukup ke tempat yang anjing Anda merasa familier. Bawalah anjing Anda pergi ke taman atau lapangan, sehingga anjing mengasosiasikan perjalanan bermobil dengan sesuatu yang menyenangkan lebih dari sekadar perjalanan mengunjungi dokter hewan.

  3. Jagalah agar pening (penanda) anjing terpasang ke mana pun Anda berkendara jarak jauh. Tak peduli seberapa baik tingkah laku anjing Anda, selalu ada kemungkinan anjing tersebut akan keluar dari mobil dan melarikan diri dari Anda. Pastikan anjing Anda dapat diidentifikasi jika saat dalam perjalanan anjing tersebut terlepas.

  4. Beristirahatlah. Biarkan anjing Anda berlarian di sekitar mobil hingga lelah. Sebaiknya Anda juga memberinya sedikit makanan dan air saat beristirahat. Pastikan Anda berhenti setiap empat jam atau lebih dan berjalan-jalan sebentar, meskipun hanya di lapangan rumput dekat restoran cepat saji atau jalan raya. Saat tersebut memungkinkan anjing Anda kencing atau membuang kotoran, sehingga Anda juga dapat memberinya minum. Mengajak anjing Anda berjalan-jalan sangatlah penting karena anjing dapat mengendurkan kaki-kakinya dan menghilangkan stres akibat rasa bosan.
    Hal ini penting terutama jika perjalanan Anda lebih dari beberapa jam. Empat jam adalah rata-rata batasan mutlak bagi anjing melakukan perjalanan tanpa istirahat. Pastikan Anda berhenti di area berumput dan relatif tenang (tidak tepat di tepi jalan), kunci mobil, berikan anjing Anda sedikit makanan dan air lalu bawalah berjalan-jalan sehingga anjing Anda dapat membuang kelebihan energinya.
    Jika Anda berhenti di tepi jalan raya, pastikan anjing Anda terikat demi keamanannya.

  5. Jangan tinggalkan anjing Anda di dalam mobil yang terparkir saat cuaca panas. Ketahuilah betapa cepatnya seekor anjing akan mengalami kepanasan, dan mati, saat berada dalam mobil yang terparkir. Agar aman, jangan pernah tinggalkan anjing Anda tanpa pengawasan dalam mobil saat cuaca panas untuk waktu berapa lama pun itu.
    Jika Anda berhenti untuk makan, parkirlah mobil Anda di tempat teduh, dan biarkan jendela sedikit terbuka agar udara sejuk dapat masuk. Sediakan semangkuk air dingin di dalam mobil dan lepaskan anjing tersebut dari tempat duduknya. Kunci pintu mobil, dan pergilah memesan makanan Anda.
    Saat cuaca panas, usahakan untuk sejenak melewatkan waktu menjauhi mobil, karena Anda tentu tidak ingin anjing Anda merasa kepanasan. Jika Anda akan berhenti untuk waktu yang cukup lama, misalnya saat sedang menunggu antrian makan yang panjang, ikatlah anjing Anda pada suatu tonggak atau di dalam pintu depan mobil atau tempat mana pun di luar yang dapat Anda awasi. Setidaknya anjing tersebut terbebas dari panas selama Anda menunggu antrian. Pastikan mengikat anjing Anda dengan simpul yang aman sehingga anjing tersebut tidak melarikan diri ke jalan. Simpul yang kuat juga akan mengurangi kemungkinan seseorang mencuri anjing Anda.

  6. Hindari untuk menghiburnya saat anjing Anda menunjukkan tanda-tanda stres. Menghibur anjing tersebut, sealamiah tampaknya, menguatkan pikirannya bahwa sesuatu yang buruk sedang terjadi. Tindakan yang terbaik adalah tetap bersikap tenang dan biasa sambil memperhatikan adanya tanda-tanda stres yang sesungguhnya (sebagai ganti kegelisahan).

  7. Berikan hadiah pada anjing Anda segera setelah sampai di tempat tujuan. Segera bawa anak anjing Anda berjalan-jalan setibanya di tempat tujuan. Berikan anjing tersebut makanan, yakinkan, dan berikan kasih sayang yang besar karena berhasil melewati perjalanan tersebut.

sumber: https://id.wikihow.com/Bepergian-dengan-Mobil-bersama-Anjing-Anda