Bisakah Ikan Arwana yang Sekarat diatasi ?

Ikan arwana

Ikan arwana yang sudah menunjukkan tanda-tanda sekarat harus diberikan penanganan yang tepat sesegera mungkin. Jika tidak, maka kemungkinan besar ikan tersebut akan mati. Pertanyaannya adalah bisakah Ikan Arwana yang Sekarat diatasi ?

Bisa jika mengikuti langkah langkah berikut ini:

  1. Lakukan pengurasan air di dalam akuarium hingga sebanyak tiga kali berturut-turut. Tentu Anda harus memakai air bersih untuk menguras akuarium tersebut.
  2. Pada pengurasan tahap keempat, Anda harus menambahkan garam ikan ke dalam akuarium. Dosisnya kurang lebih sebanyak 1 sendok makan per 50 liter air. Perlu Anda ketahui, garam ikan sangat berguna untuk mengurangi tingkat stres pada ikan yang terluka, sakit, atau baru dipindahkan.
  3. Lakukan terapi dengan memberikan oksigen murni ke dalam air melalui batu gelembung udara selama 2 jam. Kemudian matikan aerator tersebut selama 2 jam dan nyalakan lagi selama 2 jam setelahnya. Terapi ini harus dilakukan berulang-ulang sampai ikan sudah sehat kembali. Ciri-cirinya yaitu ikan berenang secara mendatar dan gerakannya lincah.