Biografi Ellon Musk : CEO SpaceX

Biografi, Ellon Musk


Pekerjaan

penemu,industrial,CEO SpaceX

Afiliasi lainnya

Nasa,Smart EV ,Mercedes class A, JumpStartFund

Tempat dan tanggal lahir

Pretoria Afrika Selatan ,28 juni 1971

Kewarganegaraan

Amerika Serikat

Pendidikan

Queen’s University, The Wharton School (BEc.) dan University of Pennsylvania, (BSc.)

Total kekayaan

US$11.5 billion atau 152,7 Triliun Rupiah (Juni 2016)

Peringkat berdasarkan forbes

  • 21 Powerful People (2016)
  • 15 Richest In Tech (2016)
  • 94 Billionaires (2016)

Riwayat Hidup


Musk lahir dan dibesarkan di Pretoria, Afrika Selatan, anak dari seorang ibu asal Kanada bernama Maye, dan seorang ayah asal Afrika Selatan bernama Errol Musk. Kakeknya berasal dari Minnesota, dan pindah ke Herbert, Saskatchewan, tempat ibu Musk dibesarkan. Ayah Musk adalah seorang insinyur dan ibunya bekerja sebagai ahli gizi dan model. Ia menghabiskan masa kecilnya dengan saudaranya Kimbal dan adiknya Tosca di Afrika Selatan, Elon mengembangkan minatnya dalam dunia komputer sejak ia masih kecil dan belajar sendiri karena diinggal oleh orang tuanya bercerai sejak masih kecil.pada saat ia berumur 12 tahun dia sudah mampu membuat software dan game pertamanya yang dia sebut dengan blastar. Pada saat umur 17 tahun elon dipindahkan ke kanada karena menghindari wajib militer.lalu Dia meninggalkan Kanada pada tahun 1992 setelah mendapatkan beasiswa untuk belajar bisnis dan fisika di University of Pennsylvania. Dari Universitas Wharton School Pennsylvania, ia menerima gelar sarjana, dan tinggal satu tahun lagi untuk menyelesaikan gelar sarjana kedua dalam bidang fisika. Pada tahun 1995, Musk melanjutkan ke program pascasarjana di fisika terapan dan ilmu material di Stanford. Ia sengaja tinggal dua hari sebelum keluar untuk memulai bisnis Zip2, sebuah bisnis konten internet yang menyediakan perangkat lunak konten penerbitan online untuk organisasi berita. Pada tahun 1999, Compaq AltaVista memberi Zip2 dana sebesar US $ 307 juta tunai dan US $ 34 juta pada opsi saham.dari dana tersebut elon memanfaatkannya untuk mendirikan layanan keuangan dalam jariangan yang bernama X.com dan hal tersebut yang menjadi cikal bakal paypal.

Riwayat Karir


Ellon musk bersama dengan adiknya Kimbal musk awalnya mendirikan Zip2, perusahaan perangkat lunak web. Perusahaan yang mengembangkan dan memasarkan "panduan kota" Internet untuk industri penerbitan surat kabar. Pada tahun 1999, ellon musk mengakusisi Zip2 pada compaq senilai $307 juta secara tunai dan US$34 juta dalam bentuk opsi saham dan elon musk mendapatkan 7% atau $22 juta. Pada maret 1999,ellon musk mendirikan X.com dengan modal $10 juta yang didapat dari penjualan Zip2. Perusahaan ini mulai meluncurkan layanannya pada Desember 1999 yang menyediakan rekening dan kartu tunai Internet. Beberapa bulan setelah itu X.com mengakusisi Confinity ,yang mengoperasikan PayPal.bulan oktober 2000 ,musk menghentikan X.com dan fokus pada PayPal. Pada juni 2002, musk mendirikan perusahaan spacex,yang mengembangkan wahana luncur antariksa. Pada 23 desember 2008 spacex mendapatkan kontrak dari NASA senilai $1,6 milyar untuk 12 penerbangan roket Falcon 9 dan wahana antariksa Dragon ke International Space Station. Pada juni 2003, menjadi salah satu pendiri tesla motor dan saat ini menjabat sebagai kepala desain produk. Tesla Motors awalnya membuat mobil sport listrik, Tesla Roadster. Pada tahun 2012 tesla juga mulai memunculkan model s empat pintu. Ellon musk adalah penyusun konsep dari SolarCity, Dan saham terbesarnya banyak dipegang oleh Elon Musk. SolarCity ini adalah perusahaan yang menyalurkan sistem tenaga surya terbesar di Amerika Serikat. Motivasi Ellon musk menciptakan SolarCity dan Tesla adalah menghadapi pemanasan global saat ini. Pada 12 Agustus 2013, Musk meluncurkan rencana mode transportasi baru yang menyebutnya dengan nama Hyperloop. Hyperloop ini menciptakan mesin perjalanan udara subsonik dan memungkinkan dengan rentan harga yang sangat murah.

Fakta Fakta


  • Ellon musk menjual Zip2 untuk membuat X.com yang menjadi cikal bakal PayPal.
  • Tesla Motor didirikan pada Juli 2003 oleh Martin Eberhard dan Marc Tarpenning dan Ellon musk hanya berpartisipasi saja di tesla. Pada tahun berikutnya, Elon Musk bergabung di Board of Director sebagai Komisaris yang kemudian beralih menjadi CEO.
  • Elon Musk menerima Global Green 2006 produk design award atas pekerjaannya pada mobil Tesla yang pertama Tesla Roadster.
  • Beberapa investment rounds di Tesla berasal dari Elon Musk sendiri dan Google co-founder Larry Page dan Sergey Brin. Tesla yang sempat hampir bangkrut dan akan dijual ke Google sebesar $11 billion, tapi akhirnya deal itu dibatalkan karena keadaan dinancial Tesla kembali membaik.
  • Tesla model S adalah mobil paling dicintai di Amerika yang diciptakan ellon musk. Model S adalah full mobil listrik, tidak memiliki emisi gas, tidak ada suara atau getaran, sangat cepat dan jauh lebih aman dari pada standar mobil kebanyakan. Di Amerika, bila anda mengendarai Tesla, anda dapat bepergian ke seluruh Amerika secara gratis karena Tesla menyediakan charging station di seluruh negara itu secara cuma-cuma.
  • Ellon musk pada awalnya adalah berwarga negara afrika selatan.
  • Penemuan ellon musk saat ini mengacu pada cara mengatasi pemanasan global.

Quotes


  • Life is too short for long-term grudges.
  • Patience is a virtue, and I'm learning patience. It's a tough lesson.
  • Great companies are built on great products.
  • I think it's very important to have a feedback loop, where you're constantly thinking about what you've done and how you could be doing it better.
  • You need to live in a dome initially, but over time you could terraform Mars to look like Earth and eventually walk around outside without anything on... So it's a fixer-upper of a planet.
  • I think we are at the dawn of a new era in commercial space exploration.
[details=Referensi]https://en.wikipedia.org/wiki/Elon_Musk http://www.forbes.com/profile/elon-musk/ https://www.bloomberg.com/profiles/people/1954518-elon-r-musk http://www.biography.com/people/elon-musk-20837159#early-life https://www.brainyquote.com/quotes/authors/e/elon_musk.html [/details]
1 Like

Elon Musk adalah penemu dan pebisnis berkebangsaan Amerika Serikat, Kanada, dan Afrika Selatan yang terkenal dengan sederet penemuan cemerlang serta komitmennya dalam bidang konservasi energi. Bidang bisnisnya sangat beragam, mulai dari otomotif, layanan finansial, teknologi kecerdasan buatan, hingga proyek antariksa. Musk kini tercatat sebagai CEO dari beberapa perusahaan, seperti Space X, Tesla, Neuralink, dan yang terbaru yaitu The Boring Company. Pada tahun 2016, Musk masuk pada daftar Orang-Orang Paling Berpengaruh di Abad ke-21 versiForbes. Hebatnya lagi, Musk berhasil mencapai semua prestasi tersebut di usia yang baru 46 tahun. Jika Anda ingin meniru kesuksesan Musk, cobalah memetik inspirasi dari kehidupan serta perjuangannya.

Pencapaian Musk saat ini tidak datang secara instan. Sejak kecil, Elon Musk telah berusaha memupuk bekal kesuksesan, dan tidak meninggalkannya walau bisnisnya semakin menguntungkan. Jika kita mempelajari perjalanan hidupnya menuju kesuksesan, ternyata ada beberapa hal yang menjadi kunci keberhasilannya. Berikut beberapa di antaranya:

  • Rajin Menambah Pengetahuan
    Musk terkenal gemar membaca sejak kecil. Baginya, inovasi berakar dari pengetahuan akan segala sesuatu yang baru. Dengan memahami tren serta kebutuhan dunia masa kini, Musk berhasil memicu hadirnya produk-produk seperti PayPal, mobil Tesla, hingga kendaraan penjelajah angkasa.

  • Berpikir Jauh ke Depan
    Elon Musk adalah penggemar berat Isaac Asimov, penulis karya-karya fiksi ilmiah yang berpandangan jauh ke depan dalam hal teknologi. Karena itu, Musk selalu tekun merancang penemuan atau produk inovatif yang mungkin belum terpikirkan oleh perusahaan lain sejenis.

  • Ambisius, Tetapi Memiliki Tujuan yang Jelas
    Jika kita ingin sukses, menjadi ambisius saja tidak cukup. Ambisi tersebut harus diiringi dengan visi dan misi jelas tentang apa yang ingin kita capai. Ketika Musk memprakarsai Space X, dia memilki misi mempercepat kedatangan umat manusia di Mars untuk menetap. Hal ini mendorongnya untuk menciptakan teknologi yang dapat mendukung hal tersebut, seperti miniatur rumah kaca, pesawat luar angkasa, serta kendaraan elektrik.

  • Menggali Inspirasi dari Mana Saja
    Musk memiliki perusahaan bernama unik seperti The Boring Company ternyata terinspirasi dari pengalamannya terjebak dalam lalu lintas Los Angeles yang parah. Karena merasa bosan (boring), Musk terinspirasi membuat perusahaan konstruksi jalur lalu lintas bawah tanah demi memecahkan masalah kemacetan Los Angeles.

Mungkin sulit membayangkan bagaimana caranya melakukan begitu banyak hal seperti Musk. Akan tetapi, ingat bahwa pengusaha kreatif ini selalu berpegang pada satu hal: semua proyek yang dilakukannya berakar dari kemauan inovasi, wawasan akan teknologi masa depan, serta minat pribadinya.

“Orang harus mengejar apa yang membuat mereka bergairah. Itu akan membuat mereka lebih bahagia dibandingkan apa pun”. – Elon Musk –

Sumber :
http://raihankalla.id/elon-musk/#.WbVRqMKSyrs


Dijuluki sebagai sosok Tony Stark (Iron Man) di dunia nyata tentu bukan tanpa alasan, ialah Elon Musk pengusaha muda sukses yang popular dengan beberapa bisnis bertema teknologi futuristik mulai dari bisnis otomotif ramah lingkungan hingga proyek perjalanan lintas angkasa.

Pria kelahiran Afrika Selatan ini mungkin satu dari sedikit pengusaha top dunia yang berhasil membawa mimpi-mimpinya menjadi sebuah kenyataan. Hal tersebut dibuktikan dengan inovasi yang dimiliknya hingga membuahkan kesuksesan Elon membangun beberapa perusahaan besar seperti Paypal, Tesla Motors, SpaceX hingga SolarCity yang merupakan perusahaan pengembang tenaga matahari.

Dalam beberapa kesempatan sempat disinggung, salah satu rahasia di balik kesuksesan Elon Musk adalah ia selalu memberi batasan yang jelas tentang mimpi mimpi yang ia miliki. Dari batasan tersebut akhirnya mimpi Elon berubah menjadi target yang terukur dan pada akhirnya berakhir sebagai sebuah pencapaian usaha.

Berikut ini beberapa rahasia kesuksesan seorang Elon Musk yang tentunya bisa menjadi inspirasi untuk kita semua.

  1. Think Outside the Box
    Umumnya memang setiap pengusaha pasti mempunyai karakter yang satu ini yakni mampu berfikir di luar kebiasaan. Namun yang unik dari seorang Elon Musk adalah batasan yang ingin ditembus oleh dirinya adalah yang banyak dianggap mustahil oleh orang lain.
    Disampaikan oleh salah satu tandem bisnisnya di perusahaan pembayaran online, Paypal, Max Levchin, ia mengatakan bahwa Elon adalah orang yang akan mengatakan mungkin ia bisa, ketika yang lain berkata ini tidak mungkin dilakukan. Semangat besar tersebut jugalah yang membuat seorang Elon menjadi sosok yang amat visioner dengan karya luar biasa.
    Ketika mencipatakan atau mengerjakan sesuatu, dalam benak Elon yang terfikir adalah tidak hanya membuat karyanya sukses yang lebih jauh lagi, ia ingin mencetak sejarah dengan hasil usahanya tersebut.

  2. Menanamkan Visi Ekspansi Bisnis
    Rahasia di balik kesuksesan Elon Musk mengembangkan beberapa bisnis sekaligus adalah visi ekspansi bisnis yang selalu ia pegang. Hal tersebut akan sangat nampak jika kita kembali melihat rekam jejak karirnya.
    Di tahun 1998, kala itu Ellon dengan kejeliannya melihat peluang bisnis berbasis online dan lantas mengembangkan Zip2 yang merupakan layanan panduan perkotaan secara online. Setelah beberapa waktu digarap, prediksi Elon tepat dan layanan Zip2 berhasil menjadi bisnis yang menjanjikan hingga dibeli perusahaan Compaq dengan mahar $22 juta dollar.
    Tak ingin berhenti, lantas Elon kembali mendirikan perusahaan digital yakni bank berkonsep online dengan domain X.com, layanan inilah yang kemudian menjadi batu pijakan lahirnya salah satu platform online payment terbesar di dunia, Paypal.com. Dan ternyata hal yang sama ia lakukan lagi dengan melego Paypal pada Ebay dengan total keuntungan $165 juta dollar.
    Dalam pandangan orang awam, menikmati posisi di Paypal dengan kekayaan melimpah tentu sudah sangat luar biasa. Tapi tidak menurut pria keturunan Canada-Amerika ini, dirinya kembali memutar modal, hingga namanya tercatat di beberapa proyek luar biasa seperti mobil sport listrik (Tesla), perjalanan luar angkasa (SpaceX) serta proyek sumber energi matahari (SolarCity).

  3. Mampu Membuat Orang Lain Yakin
    Untuk menjalankan semua proyek besar yang pernah diampu, sudah barang pasti Elon membutuhkan orang-orang lain yang ikut bekerja bersamanya. Dan untuk bisa merangkul kepercayaan semua orang dalam timnya tentu bukan perkara mudah. Namun, Elon berhasil menjalankannya dengan sangat baik.
    Rahasianya adalah ia selalu menjaga agar harapan orang lain tetap ada. Mengulik kisahnya kembali, kala itu di tahun 2008, Elon sedang berada pada salah satu batas sukses dan gagal terbesar dalam hidupnya. Saat itu proyek SpaceX sedang menguji pesawat luar angkasa yang pertama yakni The Falcon 1 untuk mengudara menembus atmosfer. Hasilnya, ketakutan terbesar ratusan tim SpaceX benar-benar terjadi. Mesin pesawat mati sebelum mencapai target dan misi dinyatakan gagal.
    Namun apa yang dilakukan Elon sangat luar biasa, tak berselang lama, ia berdiri di depan semua tim dan dengan lantang meyakinkan bahwa keberlangsungan proyek SpaceX telah ditanggung dari dana investasi dalam jumlah yang cukup. Tidak perlu ada kekawatiran dan semua akan baik-baik saja.

Namun nyatanya, berselang beberapa minggu pesawat kedua The Falcon 2 lepas landas dan berhasil menjadi pesawat luar angkasa buatan swasta pertama di dunia yang mampu menjalankan misi mencapai orbit bumi.

Hal yang membuat Saya terinspirasi dari Elon adalah saat bisa berpikir diluar kebiasaan orang lain yang dianggap mustahil oleh sebagian orang, Elon juga memiliki kejelian dalam melihat peluang bisnis berbasis online, serta Elon juga bisa meyakinkan orang lain dengan apa yang telah ia perbuat.

“Kegagalan adalah pilihan di sini. Jika hal-hal tidak gagal, Anda tidak cukup berinovasi.” –Elon Musk-

Elon Musk kita awali dari segi pendidikan dan masa kecilnya. Elon Musk lahir 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Ia adalah seorang insinyur keturunan Kanada-Afrika selatan dan pengusaha terkenal Sekaligus pendiri dari PayPal, SpaceX dan Tesla Motors. Saat ini beliau adalah CEO dan CTO dari SpaceX, CEO dan Arsitek Produk Tesla Motors dan Ketua SolarCity. Musk terkenal karena telah menciptakan mobil listrik pertama yang diproduksi di era modern (Tesla Roadster), dan menciptakan sistem pembayaran online terbesar (PayPal) yang digunakan di semua negara.

Pada bulan Maret 1999, Musk mendirikan X.com, sebuah perusahaan jasa keuangan online. Satu tahun kemudian, perusahaan X.com ini bergabung dengan Confinity, yang kemudian menjadi layanan pembayaran terbesar bernama PayPal. Nama X.com diadopsi pertama kali sebagai nama gabungan dari kedua perusahaan ini, tetapi pada Februari 2001, nama X.com diubah namanya ke PayPal Inc.

Melihat masa depan PayPal yang menjanjikan, eBay menyimpulkan PayPal cocok digunakan sebagai perantara pembayaran lelang online mereka. Sebelumnya, ebay telah membeli Billpoint pada bulan Mei 1999 dan menjadikannya sebagai perantara pembayaran satu-satunya yang diakui oleh eBay walaupun pilihan untuk menggunakan metode pembayaran lain masih diizinkan. Pada bulan Februari 2000, rata-rata ada sekitar 200.000 penawaran barang per hari yang menggunakan PayPal, sedangkan yang menggunakan Billpoint hanya mencapai 4.000 penawaran saja. Bahkan pada bulan April 2000, sudah ada lebih dari satu juta penawaran yang menggunakan PayPal.

Kunci keberhasilan :

1. Ambisius mengejar mimpi

Ketika Elon masih kuliah, ia berpendapat bahwa ada tiga hal yang bisa mengubah kehidupan manusia secara drastis ke arah yang lebih positif: energi terbarukan, internet, dan kemampuan untuk hidup di planet lain. Ketiga hal tersebut menjadi mimpi besar yang terus dikejarnya hingga hari ini.

Untuk mewujudkan mimpi itu, Elon bekerja dengan keras. Ia tidur enam jam sehari, namun hampir seluruh waktunya saat terbangun dicurahkan untuk bisnisnya. Satu-satunya waktu yang ia gunakan untuk istirahat dan santai adalah saat ia mandi. Tak heran ia mampu mengelola dua perusahaan besar sekaligus, SpaceX dan Tesla2

2. Siap gagal dan tak takut melakukan pivot

Elon beranggapan bahwa kegagalan adalah bagian dari inovasi. Namun, kegagalan tidak serta-merta dihadapi dengan tangan kosong, tetapi juga perlu dipersiapkan. Untuk peluncuran SpaceX misalnya, Elon menyiapkan dana yang cukup untuk tiga kali peluncuran.

Peluncuran pertamanya mengalami kegagalan dan roket meledak di angkasa. Begitu pula dengan peluncuran keduanya. Ia baru sukses saat roketnya diluncurkan untuk ketiga kalinya.

Setelah itu, ia langsung mendapatkan proyek dari NASA sebesar $1,6 milyar (sekitar Rp22 triliun). Bayangkan apa yang terjadi seandainya ia tidak siap gagal dan hanya menyiapkan dana untuk satu kali peluncuran?

Saat gagal, ia juga tak segan melakukan pivot, atau berubah haluan tanpa beranjak sepenuhnya dari tempat awal kita. Inilah yang dilakukan Elon ketika ia mengubah X.com, yang awalnya menyediakan layanan bank online dan kurang berhasil, menjadi PayPal yang fokus pada transfer uang dan pembayaran.

Ternyata, bisnis PayPal cocok dengan kebutuhan eBay, sehingga eBay mengintegrasikan PayPal di webnya. Sejak saat itu, jumlah pengguna PayPal meningkat drastis dan bisnisnya sukses hingga hari ini.

3. Temukan cara untuk menghilangkan rasa takut

Sejak muda, Elon bertekad menjadi pebisnis. Ia mencoba skenario terburuk yang akan dihadapi seandainya ia gagal. Saat berusia 17 tahun, ia sengaja hidup dengan pengeluaran di bawah $1 per hari (sekitar Rp12.000) selama beberapa bulan. Ia hanya makan hotdog dan jeruk.

Eksperimennya sukses. Sejak itu Elon tak pernah takut lagi gagal dan miskin, karena ia merasa mampu menjalani kehidupan seperti itu dengan mudah. Dengan menjalankan usaha tanpa rasa takut, ia bisa meraih hal yang orang lain bahkan tak berani memimpikannya.

Elon musk, CEO dari Tesla yang ditunjuk donald trump sebagai penasihat gedung putih, dia merupakan tokoh yang luar biasa karena ide-idenya yang cukup fantastis dan jarang orang terpikirkan. Jika dilihat dari masa lalunnya Elon Musk adalah orang yang sangat pintar dan gigih, pendiri SpaceX ini dilahirkan oleh Maye Musk seorang model dari regina dan Errol Musk seorang ahil elektromekanika, pilot, dan juga pelaut. Berikut ini adalah 5 ide-ide fantastis dari Elon Musk sehingga iya layak menjadi orang yang luar biasa.

Neuralink
Elon Musk telah meluncurkan Neuralink, sebuah perusahaan yang tujuannya adalah menghubungkan otak manusia dengan komputer laporan dari The Wall Street Journal. Perusahaan ini dilaporkan mengembangkan teknologi Neural Lace yang memungkinkan orang berkomunikasi langsung dengan mesin dengan menempatkan elektroda di otak, sehingga memungkinkan orang mengunggah atau mendownload pemikirannya dari komputer.

Space Tourism
Elon Musk mengumumkan jika SpaceX akan menerbangkan dua turis di sekitaran bulan pada tahun 2018 ini, dengan menjalani pemeriksaan kesehatan penuh terlebih dahulu dan beberapa pelatihan yang berakhir pada tahun 2017 lalu.

Mars Colonisation
Ide musk mengenai penjelalahan di mars terungkap dari sesi Ask Me Anything dari sebuah forum ternama, dia mengungkapkan rencananya untuk menjelajah mars dengan seorang transporter baru.

Hyperloop Transportation
Pada tahun 2013 Elon Musk memperkenalkan konsep Hyperloop, sebuah sistem transportasi yang memiliki kecepatan tinggi, Hyperloop ini merupakan jaringan kapsul penumpang yang berada di atas udara dengan lajunnya yang sangat cepat. Didukung oleh panel surya dan dengan kecepatan yang sama Hyperloop ini bisa membawa anda dari San Francisco ke Los Angeles hanya dalam waktu 35 menit, dan pada tanggal 11 Mei 2016 Hyperloop One melakukan tes publik pertamannya mengenai struktur di Las Vegas.

Space Travel
SpaceX memiliki tujuan untuk mengurangi biaya perjalanan ke luar angkasa sehingga memungkinkan bagi semua orang. Pada tahun 2014 bahwa SpaceX akan menjadi satu dari dua (Boeing Lainnya) untuk mengirim kargo manusia ke stasiun luar angkasa internasional sehingga perjalanan ruang angkasa sehari-hari mungkin menjadi lebih dekat dari yang kita duga.

Referensi

Ref 1
Ref 2

Elon Musk ? Mungkin nama ini tidak setenar nama-nama seperti Bill Gates dengan Microsoft nya, Steve Jobs dengan Apple nya, Larry Page sang pendiri Google, namun Elon musk bukanlah orang sembarang. Untuk diketahui Elon Musk merupakan seorang milyader terkenal dan CEO dan CTO dari SpaceX, CEO dan Chief product architect perusahaan Tesla Motors dan juga sebagai chairman dari SolarCity serta co-founder dari PayPal. Untuk menjadi seorang milyarder dan CEO perusahaan ternama seperti Tesla Motors bukanlah orang yang sembarangan, tentu ide dan pemikiran nya menjadi alasan mengapa dia berada pada posisi tersebut.

Dibalik kesuksesan nya sekarang tentu Elon Musk memiliki segudang prestasi dan pengalaman serta hal-hal yang luar biasa tercipta dari pemikiran nya contohnya: Colony on Mars, Electric Cars, Internet Satalities dan masih banyak yang lainnya. Namun ada beberapa fakta menarik mengenai Elon Musk ini yang membuat dia menjadi orang yang hebat seperti sekarang ini.

  1. He wrote and sold a video game in 1984.
    Blastar merupakan nama dari video game tersebut, diusia nya yang baru 12 tahun Elon Musk sudah dapat membuat dan menjual sebuah video game, dia mendapatkan $5000 ketika source code nya dipublish pada South African magazine PC and Office Technology. Pada tahun 2015, seorang software enginer Google merevisi kode tersebut untuk dapat dimainkan di HTML5.
    Meskipun game nya sederhana namun game tersebut diciptakan lebih dari 33 tahun yang lalu

  2. Musk’s school days weren’t easy
    Siapa yang menyangka seorang milyader terkenal seperti Elon Musk pernah merasakan sakitnya dibully ketika di bangku sekolah. Para pengganggu melemparkan Musk ke tangga dan memukulinya sampai dia pingsan sehingga dilarikan ke rumah sakit

  3. He dropped out
    Pada tahun 1995, Musk mendaftarkan diri ke Graduate school at Stanford University(pascasarjana) untuk mempelajari tentang fisika, namun baru dua hari saja disana Elon Musk memutuskan untuk tidak melanjutkan studi nya di Stanford University dan memilih mencoba peruntungan nya di the dot-com boom. Dia beranggapan bahwa internet memiliki prospek yang besar untuk mengubah masyarakat dan dia menemukan Zip2, sebuah perusahaan yang menyediakan peta dan direktori ke surat kabar online.

  4. He is always on the move
    Elon Musk berbicara mengenai lingkungan kerjanya “Saya selalu memindahkan mejaku ke mana saja - saya sebenarnya tidak mempunyai meja kerja - saya pindah ke mana pun masalah terbesar ada di Tesla. Saya benar-benar percaya bahwa seseorang harus memimpin dari garis depan, dan karena itulah saya di sini”

Sebuah kesuksesan tidak didapat dengan mudah bahkan untuk orang sekelas Elon Musk dengan pemikiran-pemikiran yang luar biasa, tetap ada yang harus dikorbankan untuk meraih suatu kesuksesan. Ada fakta menarik lain nya yang membuat Elon Musk memang pantas disebut orang jenius, orang yang hebat, milyader terkenal yaitu Musk menjadi inspirasi dari aktor Robert Downey Jr. untuk karakter Tony Stark pada film-film Iron Man ataupun film dari Marvel Cinematic Universe. Pada tahun 2007 Robert Downey melakukan tur ke kantor pusat SpaceX, dan mengambil beberapa dari apa yang telah digambarkannya sebagai “accessible eccentricities.”. Ketika film Iron Man yang pertama dirilis, sutradara Jon Favreau menjelaskan bahwa Musk telah mengilhami interpretasi Downey atas karakter tersebut.

Referensi 1
Referensi 2
Referensi 3

Elon Musk lahir 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan adalah seorang insinyur keturunan Kanada-Afrika selatan dan pengusaha terkenal Sekaligus pendiri dari PayPal, SpaceX dan Tesla Motors. Saat ini beliau adalah CEO dan CTO dari SpaceX, CEO dan Arsitek Produk Tesla Motors dan Ketua SolarCity.

Musk terkenal karena telah menciptakan mobil listrik pertama yang diproduksi di era modern (Tesla Roadster), dan menciptakan sistem pembayaran online terbesar (PayPal) yang digunakan disemua negara.

Banyak orang bilang bahwa ia merupakan sosok ‘Iron Man’ dalam dunia nyata. Musk lahir dan dibesarkan di Pretoria, Afrika Selatan, anak dari seorang ibu asala Kanada bernama Maye, dan seorang ayah asal Afrika Selatan bernama Errol Musk.

kakek Nya berasal dari Minnesota, dan pindah ke Herbert, Saskatchewan, tempat ibu Musk yang dibesarkan. Ayah Musk adalah seorang insinyur dan ibunya bekerja sebagai ahli gizi dan model. Musk membeli komputer pertamanya pada umur 10 tahun dan belajar sendiri membuat program. pada usia 12 ia menjual perangkat lunak komersial pertama sekitar $ 500 yaitu sebuah permainan ruang yang disebut Blastar

Setelah selesai di Sekolah Tinggi Khusus Laki-laki di Pretoria, dia meninggalkan rumah pada tahun 1988 pada usia 17 tahun, tanpa dukungan orang tuanya dan sebagian karena wajib militer di Afrika Selatan. Ibunya lahir di Regina, Saskatchewan, Kanada, dan banyak dari keluarganya berada di Kanada barat, sehingga Musk berimigrasi di sana pada Juni 1989.

Dia meninggalkan Kanada pada tahun 1992 setelah mendapatkan beasiswa untuk belajar bisnis dan fisika di University of Pennsylvania. Dari Universitas Wharton School Pennsylvania, ia menerima gelar sarjana, dan tinggal satu tahun lagi untuk menyelesaikan gelar sarjana kedua dalam bidang fisika.

Gelar sarjana Nya di belakangnya, dan menggambarkan inspirasi dari inovator seperti Thomas Edison dan Nikola Tesla, Musk kemudian dianggap tiga bidang ia ingin masuki memiliki “masalah penting”, seperti katanya kemudian, “Salah satunya adalah Internet, salah satunya adalah energi bersih, dan satunya lagi adalah ruang”

Pada tahun 1995, Musk melanjutkan ke S2 ke program pascasarjana di fisika terapan dan ilmu material di Stanford. Ia sengaja tinggal dua hari sebelum keluar untuk memulai bisnis Zip2, sebuah bisnis konten internet yang menyediakan perangkat lunak konten penerbitan online untuk organisasi berita. Pada tahun 1999, Compaq AltaVista memberi Zip2 dana sebesar US $ 307 juta tunai dan US $ 34 juta pada opsi saham.

Pada bulan Maret 1999, Musk mendirikan X.com, sebuah perusahaan jasa keuangan online. Satu tahun kemudian, bergabung dengan X.com Confinity, kemudian menjadi pembayaran terbesar layanan lelang PayPal. Perusahaan gabungan di X.com diadopsi pertama sebagai nama perusahaan, tetapi pada Februari 2001, nama X.com diubah namanya ke PayPal Inc.

Pada Oktober 2002, PayPal diakuisisi oleh eBay seharga US $ 1,5 milyar. Sebelum penjualannya, Musk menajdi pemegang saham terbesar perusahaan, yang dimiliki 11,7% saham PayPal.

Elon Musk seorang pebisnis dari Afrika Selatan dikenal sebagai pendiri brand terkenal Tesla Motors dan SpaceX, yang mendorong sebuah pesawat komersial pada tahun 2012. Dilahirkan di Afrika Selatan Tahun 1971, Elon Musk Menjadi Multimillionaire dalam Usia 20 Tahun, saat Itulah dia Menjual bisnis Barunya ZIP2. Dia membuat lebih banyak kemajuan dengan membangun X.com pada tahun 1999, SpaceX pada tahun 2002 dan Tesla Motors pada tahun 2003. Musk menonjol sebagai berita yang benar-benar menghebohkan pada bulan Mei 2012, ketika SpaceX mendorong sebuah roket yang akan mengirim satu-satunya wahana bisnis ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia mendukung portofolionya dengan membeli SolarCity pada tahun 2016 dan mendirikan sisanya sebagai pelopor industri dengan menerima peran sebagai penasihat pada awal pemerintahan Presiden Donald Trump. Cerita kehidupan Elon Musk memberi contoh bagi kita dalam banyak cara untuk sukses. Menurut saya, Elon adalah orang yang luar biasa karena di masa mudanya, dia sangat memiliki passion yang tinggi terhadap komputer. Walaupun ia sempat berpisah dengan orang tuanya, dia tetap gigih untuk belajar pemrograman dan akhirnya pada usia 12 tahun ia berhasil menciptakan program sendiri. Pada tahun 1992 dia belajar ekonomi bisnis dan juga menyelesaikan pendidikan fisikanya di University of Pennsylvania. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Pennsylvania dia pindah ke Stanford University di California untuk mendapatkan gelar Ph.D. Pada tahun 1999 dia ikut untuk mendirikan X.com sebuah administrasi keungan online yang mendorong berdirinya paypal.

Setelah Paypal sukses, eBay membeli sistem buatan Elon Musk ini pada bulan Oktober 2002 seharga $ 1,5 Milyar. Sebelum adanya kesepakatan itu, Musk sudah memiliki saham Paypal sebesar 11%. Setelah itu Musk mendirikan organisasi ketiganya yaitu SpaceX dengan tujuan untuk membangun roket untuk perjalanan ruang bisnis. Setelah organisasi ini terbentuk pada tahun 2008. Organisasi ini langsung dibeli oleh NASA. Menurut saya semangat Elon Musk saat muda patut untuk dicontoh, karena semangatnya dia dapat menciptkan organisasi baru dan bisa sukses di usia yang muda.

Referensi