Bintang terkecil apa yang ada di antariksa?

bintang terkecil

Di Antariksa terdapat ribuan bahkan miliaran bintang. Lalu apa Bintang terkecil yang ada di Antariksa ?

Bintang-bintang terkecil di sekitar adalah katai merah kecil atau tiny red dwarfs. Ini adalah bintang dengan massa Matahari 50% dan lebih kecil. Faktanya, katai merah terkecil yang memiliki massa Matahari 7,5%. Bahkan pada ukuran sekecil ini, sebuah bintang memiliki suhu dan tekanan di intinya sehingga reaksi fusi nuklir dapat terjadi.

Salah satu contoh bintang katai merah adalah bintang terdekat dengan Bumi, Proxima Centauri, yang terletak hanya 4,2 tahun cahaya. Proxima Centauri memiliki 12% massa Matahari, dan diperkirakan hanya berukuran 14,5% Matahari. Diameter Proxima Centauri adalah sekitar 200.000 km. Sebagai perbandingan, diameter Jupiter adalah 143.000 km, jadi Proxima Centauri hanya sedikit lebih besar dari Jupiter.

Tapi itu bukan bintang terkecil yang pernah ditemukan.

Bintang terkecil yang diketahui saat ini adalah OGLE-TR-122b, bintang katai merah yang merupakan bagian dari sistem bintang biner. Bintang kerdil merah ini adalah bintang terkecil yang jari-jarinya diukur secara akurat; 0,12 jari-jari matahari. Ini berhasil menjadi 167.000 km. Itu hanya 20% lebih besar dari Jupiter. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa OGLE-TR-122b memiliki 100 kali massa Jupiter, tetapi hanya sedikit lebih besar.

Dan itu adalah bintang terkecil yang diketahui. Tapi tentu saja ada bintang yang lebih kecil di luar sana. Massa teoritis terkecil untuk bintang untuk mendukung fusi nuklir adalah 0,07 atau 0,08 massa matahari, sehingga bintang-bintang yang lebih kecil ada di sana.

Sumber

https://www.universetoday.com/25348/what-is-the-smallest-star/