Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial di Era Covid-19

Tahun 2020 merupakan tahun yang bida dibilang sangat mencengangkan bagi kita semua. Karena banyak kejadian-kejadian yang tidak terkira sebelumnya. Salah satunya yaitu munculnya Corona Virus Disease 19 atau biasa disebut Covid-19 atau virus corona. Virus ini menyebabkan keresahan di berbagai negara, terutama Indonesia. Banyak sekali dampak dari mewabahnya virus corona tersebut, seperti perekonomian, pendapatan produsen maupun konsumen, bidang pariwisata dan masih banyak lagi.
Dimasa pandemi seperti ini pemerintah menerapkan work from home dan school from home, yaitu kerja dan sekolah (pendidikan) dilaksanakan dari rumah dengan menggunakan sistem daring atau online. Dimana hal tersebut dilakukan pemerintah guna memutus penyebaran mata rantai virus corona.

Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu berhubungan dengan manusia lainnya. Rasa ingin tahu manusia yang tinggi dapat mendorongnya untuk melakukan komunikasi. Walaupun hanya sekadar bertukar kabar dengan keluarga, kerabat, teman maupun guru. Komunikasi adalah suatu proses interaksi antara individu satu dengan yang lainnya guna menyampaikan informasi atau pesan yang dari penyampaian tersebut saling mempengaruhi diantaranya individu-individu tersebut.
Untuk mengurangi kejenuhan saat Work From Home (WFH), biasanya kita lebih sering membuka media sosial.
Namun tahukah Anda bahwa tidak semua informasi yang tersedia di media sosial adalah informasi yang benar atau faktual. Agar tidak termakan isu palsu atau hoax saat menggunakan media sosial, Willy Bachtiar, SIKom, MIKom, dosen dari Sekolah Vokasi IPB University bagikan tipsnya:

Pertama,
Follow akun resmi pemerintah dan media yang kredibel saja. Pada situasi saat ini, sebaiknya kita hanya mengakses berita atau informasi dari akun resmi pemerintah dan media yang terpercaya. Stay update penting, akan tetapi lebih penting memastikan sumber informasinya, setidaknya dapat meminimalisir berita hoax.

Kedua,
Temukan hal baru dengan menciptakan rasa ingin tahu yang besar. Contohnya mempelajari tanggapan orang lain terhadap suatu hal seperti buku, film, resep masakan selama bulan Ramadhan, olahraga yang aman, atau hal menarik lainnya. Karena hal tersebut merupakan cara yang baik untuk membangkitkan minat yang dapat mendukung keinginan untuk belajar hal baru, meningkatkan ikatan sosial dan menciptakan sikap yang lebih baik selama masa pandemi COVID-19.

“Jadikan media sosial sebagai sarana pengembangan diri. Kita dapat membagi ide, gagasan, atau hasil karya, juga pandangan terhadap suatu hal. Dengan media sosial juga kita bisa memperoleh banyak informasi dengan mengikuti forum diskusi online maupun mengikuti akun-akun yang memberi motivasi dan dampak positif bagi diri."

Selain itu, kita juga bisa berbagi segala sesuatu yang telah dicapai. Menggunakan media sosial dengan cara yang positif juga bisa dilakukan dengan membagikan hal-hal yang kita lakukan dengan baik atau membagikan pencapaian yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Misalnya saja dengan memposting jumlah buku yang telah dibaca selama WFH, aktivitas olahraga, masakan buatan sendiri, atau kerajinan tangan buatan sendiri yang dilakukan di rumah.

Ketiga,
Buatlah konten secara bijaksana. Di era digital saat ini, orang dengan sangat mudah menyebarkan konten positif maupun negatif. Padahal akibat dari konten yang dimuat di media sosial harus dipertimbangkan dahulu secara sungguh-sungguh. Apalagi di masa seperti ini semestinya kita membuat konten yang bijaksana, sebarkan kebaikan dan hal positif untuk mendukung sesama, serta kurangi konten yang cenderung menyudutkan dan provokatif.
“Kita juga harus membangun empati. Pada situasi saat ini, harus lebih teliti dan selekif dalam membaca sebuah informasi. Upayakan tidak berlebihan dalam ber-selfie karena bisa menghilangkan empati. Juga disarankan tidak banyak menggunakan emoticon atau emoji di media sosial saat terjadi musibah atau krisis seperti saat pandemi COVID-19,”

Keempat,
Kurangi terlalu banyak informasi, karena pada situasi saat ini, kepanikan, rasa takut dan kecemasan dialami banyak orang. Kita harus paham dengan kondisi psikologis kita karena akan membantu imun kita tetap baik. Salah satu cara agar tidak mengalami masalah tersebut adalah dengan mengurangi banyak informasi yang diterima atau diakses. Kita harus bisa mengatur kapan harus mengakses informasi, informasi seperti apa yang harus dicari dan diterima, dan pastikan informasi yang valid dan krusial saja.

Nah, itu lah beberapa cara agar kita bisa lebih menggunakan media sosial dengan baik.

Yuk, gunakan media sosial sebijak mungkin dan mari berlomba-lomba memberikan manfaat bagi banyak orang.
Karena sekecil apapun kebaikan kita, akan terasa besar manfaat nya untuk orang sekitar.