Betapa Pentingnya Self Improvement dan Apakah Orang Lain Sangat Berpengaruh dalam Self Improvement?


Hai Semua :wave:

Apa itu Self Improvement?
Self improvement atau pengembangan diri adalah segala bentuk tindakan yang diambil untuk meningkatkan kesadaran diri, bakat, kemampuan, keterampilan bahkan kualitas hidup untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pengembangan diri atau self improvement bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kita bisa mengembangkan diri atau melakukan self improvement melalui bantuan dari seseoang yang ahli dalam bidang nya dan teman yang membuat kita nyaman.
Pengembangan diri adalah sesuatu yang menjadi tanggung jawab bagi diri kita sendiri. Satu-satunya orang yang bertanggung jawab untuk melakukan pengembangan atau peningkatan kualitas pada diri kita adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Bisa dikatakan, pengembangan diri adalah hal yang sangat penting di dalam kehidupan kita. Ini perlu dilakukan oleh semua orang, tidak peduli siapapun dia, berapapun usianya, atau bagaimanapun keadaan dia saat ini, pengembangan diri akan membantu seseorang untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.
Dari contoh di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa siapapun kita, kita semua tetap berhak dan memiliki kesempatan untuk melakukan pengembangan diri oleh diri kita sendiri atau orang lain. Dalam tanda kutip orang lain di sini hanya sebagai perantara untuk mengembangkan diri, hanya diri kitalah yang bisa mengembangkan itu. Lantas, apakah semua orang juga bisa menjadi ahli dalam pengembangan diri atau self improvement?

Menjadi Seorang yang Ahli dalam Self Improvement?
Menjadi seorang yang ahli atau master dalam pengembangan diri (self-development) adalah sesuatu yang bisa diusahakan atau dilatih oleh semua orang. Jadi, jawabannya kita semua BISA menjadi ahli dalam pengembangan diri yang kita lakukan di dalam hidup. Menurutku ada 4 cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi ahli dalam pengembangan diri. Berikut penjelasannya
1. Kenali dan Pahami Diri Kita
images
Hal pertama atau paling utama yang bisa kita lakukan untuk menjadi ahli dalam pengembangan diri atau self improvement adalah mengenali kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kita sendiri dengan baik. Tidak ada satu orang pun yang dapat mengenal diri kita lebih baik daripada diri kita sendiri. Dan tidak ada yang bisa mengenali diri kita kecuali diri kita sendiri.
Sebagai contoh, Kita mendapat tugas untuk berbicara di depan umum. Hal ini membuat kita merasa sangat nervous dan takut. Kita takut melakukan kesalahan yang memalukan, kita nervous karena harus dilihat oleh banyak orang. Pada saat berbicara, kita mencoba untuk menyampaikan poin-poin penting dengan kekhawatiran yang begitu besar di dalam hati. Tapi, bisa saja orang-orang tidak tahu bahwa kita nervous. Mungkin mereka menganggap bahwa apa yang di bicarakan sangatlah bagus dan kita sangat menyukainya. Padahal, berbicara di depan publik adalah salah satu kelemahan kita.
Dari contoh ini, kita bisa melihat bahwa hanya diri kita sendiri lah yang memahami kelebihan dan kekurangan yang kita miliki, bukan orang lain.

Belajarlah tidak bergantung dengan orang lain karena kehidupan setelah meninggal nanti kita dihadapkan dengan kenyataan yang memang harus berjuang sendiri dengan dosa yang kita punya.

2. Tidak Pernah Berhenti Belajar dan Mencoba Hal Baru
download-1
Belajar adalah proses tiada akhir. Para individu yang tidak pernah berhenti belajar adalah orang-orang yang selalu melakukan pengembangan diri. Kualitas diri mereka tidak pernah menurun, bahkan selalu meningkat. Belajar merupakan salah satu cara utama agar kita bisa menjadi seorang yang ahli dalam pengembangan diri atau self improvement. Mengapa? Karena ketika kita melakukan proses pengembangan diri, akan ada serangkaian hal baru yang perlu kita pelajari. Oleh karena itu, kita akan terbiasa untuk melakukan hal baru yang dapat mengembangkan diri kita.

Berusahalah untuk keluar dari zona nyamanmu dan mencoba hal baru.

3. Rajin Membaca Buku Sebanyak Mungkin
images-4
Jika pada poin sebelumnya kita tidak boleh berhenti belajar, maka membaca buku adalah salah satu bagian terpenting dalam proses belajar yang juga perlu kita terapkan. Membaca buku akan membantu kita untuk terus mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
Hal-hal yang tidak kita ketahui sebelumnya akan kita ketahui dan pahami ketika kita sudah membaca sebuah buku. Bahkan, hal-hal yang sebelumnya mungkin sudah kita ketahui, kita akan lebih memahaminya karena buku itu.
Buku-buku yang ditulis oleh orang-orang sukses adalah salah satu cara terbaik untuk mempelajari kesuksesan mereka. Kita bisa menjadikan buku-buku mereka sebagai acuan, karena pengajaran dan kata-kata motivasi mereka ada di dalam buku tersebut.

Buku adalah pusat pengembangan ilmu.

4. Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik Secara Teratur
images-2
Dari semua cara di atas, kita tidak akan bisa menjadi ahli dalam pengembangan jika kita tidak menjaga kesehatan mental dan fisik kita dengan baik. Oleh karena itu, pastikan bahwa kita semua selalu menjaga kesehatan mental dan fisik secara teratur. Sebagai contoh, makan makanan yang sehat, rajin berolahraga, rajin minum vitamin, mengurangi stres hidup dengan melakukan hobi atau hal-hal lain yang kita sukai, sering berdiskusi dengan orang lain agar pikiran kita menjadi terbuka, sering bertukar pendapat dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kita cintai seperti sahabat, pasangan, orang tua dan keluarga. Menjaga kesehatan mental menurutku adalah salah satu hal terpenting dari beberapa cara di atas.

Itulah tadi apa yang dimaksud dengan self improvement atau pengembangan diri untuk kehidupan kita. Jika menerapkan cara diatas bukan menjadi hal yang mustahil kita akan menjadi ahli dan hidup akan terus bertumbuh.

Jadilah yang terbaik untuk diri sendiri dan kedua untuk orang lain

Mungkin itulah arti self improvement menurutku. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.
Terimakasih :pray:
Apa makna lain self improvement bagi kalian? Apakah orang lain sangat berpengaruh dalam self improvement?
Yuk kita diskusikan :relaxed:
Orang yang berani berpendapat adalah cerminan orang yang senang belajar hal baru :slightly_smiling_face:

Menurut saya self improvement sangat penting bagi diri kita dan orang lain. Dalam hidup, pastinya kita harus terus eberkembang seiring berjalannya usia. Kita tidak bisa terjebak di zona nyaman terus, seperti malas dan tidak ingin bergerak. Kita harus tahu, sejujurnya apa makna kehidupan. Pelan-pelan tapi pasti, perbanyaklah motivasi dalam diri kita. Jangan lupa selalu meminta perttolongan Tuhan. Agar kuasanya selalu berjalan dlaam hidup kita. Sekian dari saya terimakasih, jika berkenan silahkan mampir ke topik saya:)

Self improvement sesungguhnya adalah sesuatu yang akan terus kita lakukan setiap harinya.Kita harus terus belajar dari hari kemarin untuk menjadi lebih baik kedepannya.Namun terkadang kita seolah nyaman dengan kondisi saat ini hingga kita hanya tenggelam dalam larutnya kenyamanan saat ini.
Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam memacu self improvement seperti mencari role model hingga mencoba membanggakan orang-orang yang kita sayangi.
Self improvement sebenarnya merupakan keputusan sendiri. Inspirasi saja tidak akan cukup. Kamu harus eksekusi.
#semangatmenolakmenyerah
Demikian pendapat saya, mari kita saling berdiskusi juga di artikel saya(Bagaimana pendapatmu mengenai “inspirasi” sebagai salah satu katalisator Self-Improvement ? Apakah sudah tepat? . Ditunggu kehadirannya.

Iyaa betul banget meminta pertolongan dari tuhan itu hal yang terbaik
Terimakasih ka atas jawabannya :blush:

Betul itu kak, kita harus memnerapkan nya juga jangan hanya stuck di 1 titik yang membuat kita tidak berkembang
Terimakasih kak atas jawabannya :blush:

Kalau menurut kakak sendiri faktor apa saja yang membuat seseorang malas mengembangkan dirinya sendiri? Karena kalau berbicara hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan diri itu sangat banyak beberapa diantaranya seperti yang sudah dijabarkan. Artikelnya menarik kakk

Kalau menurutku banyak faktor yang membuat seseorang malas mengembangkan diri. Di antara nya tidak mempunyai tujuan yang pasti, selalu berprasangka buruk terhadap orang lain, tidak mempunyai sikap sabar, tidak termotivasi dan tertutup, malu untuk berkembang dan masih banyak yang lainnya kak. Dari beberapa faktor itu mungkin sikap tertutup dan malu untuk berkembang adalah hal yang paling menonjol dalam pengembangan diri. Alangkah baik nya jika kita bisa mencoba terbuka dan mengeluarkan pikiran-pikiran yang terpendam di dalam diri kita agar nanti nya tidak menjadi penyakit diri. Sikap malu untuk berkembang pastinya setiap orang punya sikap malu masing-masing, tinggal bagaimana kita mengurangi sikap malu untuk berkembang tersebut. Untuk apa kita malu untuk berkembang, beranilah untuk membuat diri kita menjadi lebih baik lagi.
Kalau menurut kak @MerciaKarina sendiri bagaimana?

Terimakasih kak

Menurutku pribadi, self improvement sudah menjadi tujuan hidup, karena hampir setiap hal yang kita lakukan seperti belajar, merawat diri, dan lain sebagainya, itu bertujuan untuk menjadikan diri kita menjadi lebih baik. Jika ditanya apakah pengaruh orang lain sangat penting untuk self improvement, menurutku tidak. Satu-satunya orang yang paling berpengaruh terhadap self improvement adalah diri kita sendiri.

Terimakasih pendapatnya
Tapi bagaimana jika ada yang pendapat yang mengatakan “saya bisa mengembangkan diri dengan orang lain” maksudnya dia bisa mengambangkan diri lebih baik lagi dengan adanya orang lain, bisa berupa dorongan atau motivasi untuk berkembang dan bisa juga dengan orang lain itu masuk kedalam kehidupannya. Bagaimana menurut @monica_selfiani?