Best practice membuat product roadmap

image

Apakah ada best practice dalam pembuatan product roadmap? Apakah ada standar yang baku untuk menjadi solusi foolproof dalam mengembangkan product roadmap sebelum memulai usaha? terima kasih

Sejauh yang saya tahu, pebuatan product roadmap tidak memiliki standarisasi tertentu yang bisa menjadi standar baku dan menjadi best practice. Namun secara garis besar, ada beberapa cara yang dapat diikuti untuk mengembangkan product roadmap :

  1. Visualisasikan product roadmap anda
    Jadikan produk roadmap anda tangible sehingga siapapun yang harus mengikuti apa yang ada didalamnya dapat terpacu untuk mengeksekusi pekerjaan dengan baik, tepat waktu dan optimal.

  2. Miliki beberapa opsi product roadmap
    Pastikan anda memiliki product roadmap berbeda untuk kebutuhan yang berbeda pula. Seperti roadmap pada marketing, dan pada developer tentu akan berbeda. Dan jangan pula menuliskan deadline waktu bagi pekerjaan yang belum mulai dilakukan.

  3. Bagikan product roadmap anda
    Membagikan product roadmap akan memberikan gambaran bagi tim dan stakeholder akan apa yang harus dikerjakan dan target yang ingin anda capai.

  4. Buat product roadmap yang fleksibel
    Product roadmap sebaiknya fleksibel, dapat berubah sesuai kondisi dan adaptif.

  5. Libatkan komunitas
    Komunitas stakeholder anda perlu dilibatkan dalam pengembangan roadmap anda, dimana mereka memegang salah satu peran dalam suksesnya produk anda.

sumber : disini