Beruang Menguntit Manusia, Alasannya?


Beruang ini mengikuti manusia dengan harapan dapat mencuri hasil buruannya.
Beruang grizzly atau Ursus arctos horrilibis mengikuti pemburu untuk mencuri makanan, yakni rusa.


Sebuah laporan menuliskan bahwa beruang ini bersifat oportunis, mengais bangkai atau bahkan merebut makanan dari predator lain.

Itulah yang terjadi pada para pemburu rusa yang ternyata diikuti beruang grizzly. Ketika pemburu rusa menembakkan senjata, beruang akan mendengar bunyi ledakan dan mengikuti arah suara tersebut.

Maka penelitian ini dilakukan untuk memperkuat teori bahwa beruang secara diam-diam mengikuti pemburu untuk mencuri mangsa. Data dari Billing Gazette menunjukkan setidaknya satu beruang sudah mengikuti pemburu, bahkan sejak orang tersebut tiba di lapangan parkir.

Para ilmuwan percaya bahwa beruang itu mengikuti manusia dengan harapan akan mendapatkan rusa yang diburu pemburu.

Akhirnya peneliti memberikan 100 GPS kepada pemburu rusa. Kemudian GPS dihidupkan, dan para pemburu mulai menjalankan tugasnya. Ternyata peneliti menemukan bahwa beberapa beruang berada di sekitar pemburu dan terus menguntit.

Kemampuan menguntit beruang grizzly begitu memukau. Mereka mampu mencium aroma bahkan 100 kali melebihi manusia. Peneliti meyakini bahwa beuang mampu mencium bau bangkai rusa hingga empat mil jauhnya.