Bersin sewaktu bepergian

Selamat siang, orang -orang sering menyebutkan bahwa bersin sewaktu bepergian harus berhenti terlebih dahulu , menunggu beberapa menit setelah bersin lalu boleh pergi. Ada yang mengatakan bahwa jika itu tidak dilakukan maka akan celaka di perjalanan. Seram yaaa… Bagaiman menurut anda?

menurut cerita atau mitos orang dulu memang seperti itu, namun menurut saya faktanya adalah Bersin identik dengan salah satu ciri adanya penyakit atau virus dalam tubuh kita, sehingga bersin merupakan salah satu tanda bahwa kondisi badan atau kesehatan seseorang sedang tidak baik. Maka bukankah tidak baik pula jika kita bepergian dalam kondisi badan yang tidak stabil, sehingga kurangnya konsentrasi saat berkendara bahkan munculnya kekhawatiran yang paling buruk ialah terjadinya kecelakaan, mungkin saja kan?

Namun memang baik alasan nenek moyang menciptakan mitos, yaitu pasti agar anak-anaknya lebih tertib dalam menjalani kehidupan dengan menjalankan aturan-aturan, baik aturan yang memiliki fungsi atau yang mendatangkan akibat buruk. Namun untuk kepercayaan lebih baik segala sesuatunya tetap diutamakan pada kehendak Tuhan.