Bernie Marcus: Co-Founder of The Home Depot

sumber: forbes.com

Biografi, Bernie Marcus


Pekerjaan

Co-Founder of The Home Depot.

Afiliasi lainnya

  • Handy Dan Improvement Centers
  • Marcus Institute
  • Georgia Aquarium
  • Israel Democracy Institute

Tempat dan Tanggal Lahir

Newark, New Jersey, 12 Mei 1929

Kewarganegaraan

Amerika Serikat

Pendidikan

Bachelor of Arts / Science, Rutgers University

Total Kekayaan

US$ 3,8 Billion Dollar – 50,9 Trilliun Rupiah (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • #174 Forbes 400 / The Wealthiest In America (2016)
  • #194 Forbes 400 / The Wealthiest In America (2015)
  • #495 Billionaires (2016)
  • #179 Billionaires in United States (2016)

Riwayat Hidup


Bernard “Bernie” Marcus lahir pada tahun 1929 dan dibesarkan di Newark, New Jersey. Orang tuanya merupakan imigran Yahudi dari Rusia. Ia dibesarkan di keluarga yang kurang mampu. Hal ini memaksa dirinya untuk bekerja sejak usianya tiga belas tahun. Pada tahun 1947, ia lulus dari South Side High School dan ingin melanjutkan studinya ke kedokteran Harvard University. Namun karena keterbatasan ekonomi, ia tidak mampu membiayai uang kuliah kedokteran Harvard sehingga ia akhirnya mendaftar studi farmasi di Rutgers University dan lulus pada tahun 1954.

Marcus pernah bekerja di Handy Dan Improvement Center hingga menjabat sebagai CEO namun pada tahun 1978 ia dipecat saat perusahaan tersebut mengalami kemunduran. Bersama rekan kerjanya Arthur Blank, keduanya memulai mendirikan perusahaan saingan, Home Depot. Pada tahun 1981, Marcus, Blank dan seorang investor bernama Kenneth Langone mempublikasikan Home Depot yang kini merupakan salah satu perusahaan industri retail terbesar di Amerika serikat.

Marcus telah menikah dua kali. Dia memiliki dua anak dengan istri pertamanya, Ruth: Frederick Marcus dan Susanne Marcus Collins. Dengan istri keduanya, Billi, ia memiliki anak tiri, Michael Morris.

Riwayat Karir


Sebelum memulai usahanya di bidang industri retail, sebagai seorang Sarjana Farmasi, Marcus bekerja di apotek sebagai apoteker. Ia juga pernah bekerja di perusahaan kosmetik dan banyak pekerjaan retail lainnya. Pada pertengahan tahun 1970 ia direkrut sebagai eksekutif hingga mencapai posisi sebagai CEO di Handy Dan Improvement Centers, perusahaan retail perbaikan rumah yang berbasis di Los Angeles.

Pada April 1978, terjadi perebutan kekuasaan yang mengakibatkan kemunduran perusahaan. Marcus dan rekannya, Arthur Blank dipecat dari Handy Dan Improvement Centers. Pada tahun 1979, duo Marcus-Blank mendirikan perusahan retail perbaikan rumah The Home Depot dengan bantuan guru bisnis Pat Farrah dan seorang investor New York Ken Langone.

Dua toko Home Depot pertama kali dibuka pada tanggal 22 Juni 1979. Dalam dua tahun, perusahaan tersebut diangap berhasil. Marcus dan Blank memulai program ekspansi agresif yang terbukti sangat sukses. Pada tahun 2014, Home Depot memperkerjakan lebih dari 300.000 orang di lebih dari 2.200 toko di seluruh Amerika Utara.

Home Depot berhasil menjadi perusahaan top Amerika dan menjadikan Marcus sebagai seorang milyarder. Marcus menjabat sebagai CEO pertama perusahaan selama 19 tahun dan juga menjabat sebagai ketua dewan hingga pensiun pada tahun 2002.

Fakta-fakta


  1. Sebelum menjadi seorang milyarder yang memiliki perusahaan besar The Home Depot, Marcus pernah menjadi seorang apoteker.
  2. Ia berasal dari keluarga yang kurang mampu.
  3. Marcus pernah bekerja di Handy Dan Improvement Centers dan dipecat pada tahun 1978.
  4. Marcus mendirikan The Home Depot bersama Arthur Blank, rekannya yang juga dipecat dari Handy Dan Improvement Centers.
  5. Setelah menjadi milyarder karena keberhasilan perusahaannya, Marcus melibatkan dirinya dengan banyak kegiatan filantropi/kemanusiaan.
  6. Marcus mendirikan Israel Democracy pada tahun 1991 dan berkontribusi sebaganyak $5 juta untuk pembangunan gedung di lingkungan Talbiya Yerusalem dan menginvestasikan ratusan juta uang dalam proyek-proyek yang sedang berlangsung selama bertahun-tahun.
  7. Dia memiliki kontribusi yang besar atas didirikannya Georgia Aquarium, yang dibuka di pusat kota Atlanta, Georgia, pada tahun 205. Ia menyumbang sekitar $250 juta untuk Georgia Aquarium.
  8. Marcus dan istrinya, Billi, terdaftar dalam daftar Top Charitable Donors oleh The Chronicle of Philanthropy pada tahun 2005.
  9. Marcus juga mendanai dan mendirikan Marcus Institute, sebuah pusat untuk penyediaan layanan bagi anak-anak dan remaja yang memiliki disabilitas/cacat.
  10. Pada bulan Mei taun 2005, Marcus dianugerahi Others Award oleh The Salvation Army.
  11. Marcus menyumbangkan $25 juta untuk Autism Speaks untuk mempelopori upaya untuk mengumpulkan uang untuk penelitian penyebab dan obat untuk autisme.
  12. Saat ini, Marcus mengetuai Marcus Foundation, yang fokus memberikan solusi terhadap permasalahan yang terkait dengan anak-anak, penelitian medis, firma bebas, dan komunitas Yahudi.
  13. Dia diangkat menjadi Wali Georgia pada tahun 2009. Penghargaan ini diberikan oleh Georgia Historical Society.
  14. Pada tahun 2012, Marcus dianugerahkan award William E. Simon Prize untuk Philanthropic Leadership.
  15. Pada tanggal 1 Juni 2016, Marcus pernah berkata: “I now stand in support of Donald Trump because the fate of this nation depends upon sending him, and not Hillary Clinton, to the White House.”

Quotes


I’m basically a dinosaur. I don’t use e-mail. But I do recognize the importance of science and the resulting possibilities. Bernard Marcus

We could be the biggest pantyhose seller in America, but we don’t want to weaken the link in shoppers’ minds between Home Depot and do-it-yourself projects. Bernard Marcus

One of the things which make any company successful, in particular the Home Depot, was that we understood and catered to the customer. If it didn’t sell, it didn’t make a difference what we thought or our research told us. They told us if it was successful by buying it or not. Bernard Marcus

Kids are wandering around the streets today that will become tomorrow’s criminals that were yesterday’s heroes. Bernard Marcus

People used to believe only a professional could do tiling or install track lighting. That’s utter nonsense. Bernard Marcus

Nanotechnology in medicine is going to have a major impact on the survival of the human race. Bernard Marcus

I’m very politically active, but that has nothing to do with my charity. Bernard Marcus

Referensi

Bernard “Bernie” Marcus adalah seorang pengusaha Amerika yang dermawan. Dia mendirikan Home Depot dan merupakan CEO pertama perusahaan tersebut. Dia terlahir dari seorang imigran rusia yang tinggal di New Jersey. Ia sempat ingin menjadi dokter tapi tidak mampu memasuki Harvard Medical School. Sebelum memulai usahanya di bidang industri retail, sebagai seorang Sarjana Farmasi, Marcus bekerja di apotek sebagai apoteker, jadi dia malah belajar obat-obatan di Rutgers, yang kemudian dipecat yang memaksa ia untuk lebih bekerja keras.

Ia juga pernah bekerja di perusahaan kosmetik dan banyak pekerjaan retail lainnya. Pada pertengahan tahun 1970 ia direkrut sebagai eksekutif hingga mencapai posisi sebagai CEO di Handy Dan Improvement Centers, perusahaan retail perbaikan rumah yang berbasis di Los Angeles. Dari situlah dia menekuni bidan industri retail, perjalanannya yang panjang terus berlika liku dengan beberapa kali dipecat diberbagai pekerjaannya.

Akhirnya dia berkeinganan dengan mendirikan usahanya dengan motivasi “Do it yourself”. Lalu berhasil mendirikan The Home Depot didirikan pada tahun 1978 dibantu dengan Arthur Blank dan Bersama dnegan banker investasi Ken Langone dan pakar merchandise Pat Farrah. Home Depot berhasil menjadi perusahaan top Amerika dan menjadikan Marcus sebagai seorang milyarder. Marcus menjabat sebagai CEO pertama perusahaan selama 19 tahun dan juga menjabat sebagai ketua dewan hingga pensiun pada tahun 2002.

Dia merubah secara revolusioner pada bisnis ritel perbaikan rumah dengan menjadi pionir dalam konsep berbelanja dalam warehouse (bangunan gudang).

Quotes :

• “One of the things which make any company successful, in particular the Home Depot, was that we understood and catered to the customer. If it didn’t sell, it didn’t make a difference what we thought or our research told us. They told us if it was successful by buying it or not.”
• “I’m basically a dinosaur. I don’t use e-mail. But I do recognize the importance of science and the resulting possibilities.”

Dari quotes tersebut sudah terlihat bahwa sosok Bernie marcus merupakan seseorang yang menyadari dan mempelajari pentingnya sains dan kemungkinan yang bisa diciptakan oleh ilmu tersebut. Dia juga menyampaikan suatu kunci sukses perusahaan khususnya perusahaannya sendiri yaitu Home Depot, adalah bahwa kita saling memahami dan melayani pelanggan, maupun menerima permintaan pelanggan dan pasar yang ada diluar. Kemampuan yang dimiliki ialah Komunikasi yang baik pada setiap pelanggannya maupun hubungannya dengan banyak orang yang kemudian membuatnya melejit.

Skill lain yang dimiliki ialah Fundamental manajemen yang dimiliki Bernie, dengan kemampuan tersebut ia sukses membangun banyak perusahaan terbesar dan ternama dalam kegiatan industry maupun kemanusiaan. Dan yang terakhir ia haus akan ilmu pengetahuan dan sains yang memacu dia terus belajar.

Referensi :

https://www.bloomberg.com/research/stocks/private/person.asp?personId=278681&privcapId=32669860
https://www.forbes.com/profile/bernard-marcus/
https://www.jewishvirtuallibrary.org/bernie-marcus

Bernie Marcus adalah pendiri The Home Depot, dan ia merupakan seorang dermawan terkenal. Bernie Marcus telah menghabiskan dua puluh lima tahun terakhir ini dengan memberi dampak positif pada kehidupan ekonomi dan sosial di Georgia.

Bernei Marcus lahir pada tahun 1929 di New Jersey dan dibesarkan di Newark. Orang tuanya adalah seorang imigran Yahudi, keluarganya juga merupakan keluarga menengah bawah dan tinggal di kota yang miskin. Marcus mulai bekerja pada usia tiga belas tahun, dia bekerja sambil sekolah, dan harus mengimbangkan keduanya. Ia memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter, dan ketika ia lulus SMA, ia mendaftarkan diri di Rutgers Universitu di New Jersey. Namun saying, meskipun ia merupakan murid yang baik, harapannya untuk menjadi bagian dari Harvard Medical School. Di tahun kedanya, ia diberi tahu bahwa karena dia adalah seorang Yahudi, ia harus menyuap seorang administrator sekolah kedokteran untuk mendapatkan pengakuan. Karena$ 10.000 yang diminta kurang, Marcus memutuskan untuk menjadi seorang apoteker dan ia berhasil lulus dari Rutgers pada tahun 1954.

Pada bulan April 1978, Marcus dan Blank dipecat dari Handy Dan. Ken Langone, Seorang teman dan rekan bisnis, meyakinkan Marcus bahwa inilah saat yang tepat untuk membuka bisnisnya sendiri. Beberapa tahun sebelumnya, Marcus telah berbagi idenya dengan Langone untuk rantai pusat perbaikan rumah berkapasitas gudang, dan karena sekarang mereka menganggur, Marcus sependapat bahwa waktunya tepat untuk mewujudkan konsepnya. Blank setuju untuk melayani sebagai mitra Marcus, dan setelah melakukan pencarian di seluruh kota untuk sebuah kota yang sesuai untuk membuka toko pertama mereka, kedua pria tersebut memutuskan di Atlanta. Dua toko Home Depot pertama dibuka untuk bisnis pada tanggal 22 Juni 1979. Bisnis ini terbukti berhasil, dan dalam dua tahun perusahaan tersebut go public. Marcus dan Blank memulai program ekspansi agresif yang juga terbukti sangat sukses. Pada tahun 2014 Home Depot mempekerjakan lebih dari 300.000 orang di lebih dari 2.200 toko yang berada di seluruh Amerika Utara.

Marcus terlibat dalam masalah kesehatan anak-anak setelah mengalami pengalaman dengan pegawai Depot Home dan anak yang sakit. Pada tahun 1991 ia mendirikan Marcus Institute (kemudian Pusat Autisme Marcus, setelah bergabung dengan Children’s Healthcare of Atlanta), yang memberikan perawatan untuk anak-anak yang menderita autisme dan gangguan terkait. Dia juga berkontribusi terhadap masalah kesehatan lainnya. Pada tahun 2002, Marcus memberi $ 3,9 juta ke Centers for Disease Control and Prevention yang berbasis di Atlanta untuk pembuatan pusat respons antraks darurat. Marcus menjalankan usaha filantropisnya dari Yayasan Marcus, di mana dia menjabat sebagai ketua dewan direksi dan secara pribadi terlibat dalam menentukan organisasi mana yang menerima hibah.

Marcus pensiun dari partisipasi aktif di Home Depot pada tahun 2002. Sejak saat itu dia berfokus pada usaha filantropisnya yang paling baru dan umum, Aquarium Georgia. Marcus menyumbangkan $ 200 juta dari kekayaan pribadinya untuk mendanai proyek tersebut, yang dia anggap “terima kasih” kepada Georgia dan penduduknya karena telah membantunya mencapai kesuksesannya. Fasilitas dibuka pada bulan November 2005 dan merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia. Selain menarik pengunjung ke pusat kota Atlanta, Aquarium Georgia menawarkan program pendidikan yang memenuhi pedoman kurikulum untuk sekolah di Georgia dan terlibat dalam penelitian konservasi internasional.

Pada tahun 2009 Marcus dilantik sebagai Perwira Georgia, sebuah kehormatan yang diberikan oleh Georgia Historical Society dan Kantor Gubernur.

Pembuat Rumah Depot dan seorang dermawan terkenal, Bernie Marcus telah menghabiskan dua puluh lima tahun terakhir memberi dampak positif pada kehidupan ekonomi dan sosial di Georgia, dan juga kehidupan warga negaranya.

Ia berasal dari New Jersey, Bernard “Bernie” Marcus lahir pada tahun 1929 . ia dibesarkan di Newark. Orang tuanya adalah seorang imigran Yahudi dari Rusia, mereka hanya memiliki sedikit uang. Marcus dan keluarganya tinggal di bagian kota yang miskin.

Marcus mulai bekerja pada usia tiga belas tahun, ia harus menyeimbangkan antara pekerjaan dan sekolah. Ia memiliki keinginan untuk menjadi seorang dokter. Akhirnya ia mendaftarkan diri di Rutgers University di New Jersey setelah lulus SMA. Meskipun Bernie adalah murid yang baik, harapannya untuk menghadiri Harvard Medical School segera pupus, ketika di tahun keduanya di Rutgers, dia diberitahu bahwa karena dia orang Yahudi dia harus menyuap seorang administrator sekolah kedokteran untuk mendapatkan pengakuan. Karena kekurangan $ 10.000 dari yang diminta, Marcus memutuskan untuk menjadi seorang apoteker. Akhirnya ia lulus dari Rutgers pada tahun 1954.

Bernie Marcus hanya bekerja sebentar sebagai seorang apoteker. Selama beberapa dekade berikutnya, dia naik tangga perusahaan, bekerja untuk serangkaian toko ritel dan perusahaan manufaktur seperti Two Guys and Odell. Pada pertengahan 1970-an Marcus dipekerjakan sebagai eksekutif di Handy Dan Home Improvement Centers, sebuah perusahaan berbasis di Los Angeles dengan beberapa toko di Barat. Arthur Blank, mitra bisnis Marcus di masa depan, juga bekerja di Handy Dan sebagai chief financial officer.

Pada bulan April 1978, Marcus dan Blank dipecat dari tangan Handy Dan. Seorang teman dan rekan bisnis, Ken Langone, meyakinkan Marcus bahwa inilah saat yang tepat untuk membuka bisnisnya sendiri. Beberapa tahun sebelumnya, Marcus telah berbagi dengan Langone tentang idenya untuk rantai pusat perbaikan rumah berkapasitas gudang, Marcus sependapat bahwa waktunya tepat untuk mewujudkan konsepnya. Blank setuju untuk melayani sebagai mitra Marcus, dan setelah melakukan pencarian untuk sebuah kota yang sesuai untuk tempat membuka toko pertama mereka, akhirnya kedua pria tersebut memutuskan tempatnya di Atlanta. Dua toko Home Depot pertama dibuka untuk bisnis pada tanggal 22 Juni 1979. Bisnis ini terbukti berhasil, dan dalam dua tahun perusahaan tersebut go public. Marcus dan Blank memulai program ekspansi agresif yang juga terbukti sangat sukses. Pada tahun 2014 Home Depot mempekerjakan lebih dari 300.000 orang di lebih dari 2.200 toko yang berada di seluruh Amerika Utara.

Marcus segera terlibat dalam serangkaian kegiatan filantropi yang beragam. Ibunya telah menanamkan kepadanya sebuah komitmen untuk memberi dengan murah hati atau dermawan. Ia mengungkapkan kebanggaan akan warisan Yahudi-nya, pada tahun 1991 dia mendirikan Institut Demokrasi Israel (IDI), sebuah kelompok pemikir non-partisan di Israel yang didedikasikan untuk mempromosikan dan membela demokrasi di negara tersebut. Antusiasme Marcus memotivasi mantan Sekretaris Negara George Schultz untuk terlibat dengan IDI, dan bersama-sama mereka menciptakan satu-satunya lembaga konsultasi untuk tentara Israel. Hal ini seperti yang diungkapkan olehnya

"To me, that’s a rescue” — Bernie Marcus

Pada tahun 1991 ia mendirikan Marcus Institute (kemudian Pusat Autisme Marcus, setelah bergabung dengan Children’s Healthcare of Atlanta), yang memberikan perawatan untuk anak-anak yang menderita autisme dan gangguan terkait. Dia juga berkontribusi terhadap masalah kesehatan lainnya. Pada tahun 2002, Marcus memberi $ 3,9 juta ke Centers for Disease Control and Prevention yang berbasis di Atlanta untuk pembuatan pusat respons antraks darurat. Marcus menjalankan usaha filantropisnya dari Yayasan Marcus, di mana dia menjabat sebagai ketua dewan direksi dan secara pribadi terlibat dalam menentukan organisasi mana yang menerima hibah.

Bernie Marcus, salah seorang pendiri Home Depot, membuka Aquarium Georgia di Atlanta pada tahun 2005. Fasilitas tersebut, salah satu akuarium terbesar di dunia, menampung lebih dari 8 juta galon air dan 100.000 hewan. Bernie Marcus pensiun dari partisipasi aktif di Home Depot pada tahun 2002. Sejak saat itu dia telah berfokus pada usaha filantropisnya.

sumber :


https://www.forbes.com/profile/bernard-marcus/
http://philanthropy.gatech.edu/philanthropist/bernard-marcus