Berlibut ke Museum Ibu Kartini

Siapa yang tidak mengenal Kartini, sosok perempuan yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi Indonesia dan memperjuangkan eksistensi hak-hak perempuan. Raden Ayu Kartini atau yang lebih sering disebut sebagai Ibu Kartini merupakan seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir di Jepara, Jawa Tengah.

Untuk mengabadikan jasa-jasa perjuangan Ibu Kartini, dibuatlah sebuah museum yang mendokumentasikan, memamerkan, memvisualkan benda-benda bersejarah peninggalan milik kakak kandungnya serta benda warisan budaya lainnya yang banyak ditemukan di Kabupaten Jepara.

Di tempat ini banyak terdapat ruangan-ruangan yang dulunya pernah digunakan Kartini dan juga keluarga. Banyak pula dipamerkan beragam surat-surat yang ditulis oleh Kartini. Sebab kita telah mengenal bahwa Ibu Kartini suka menulis dan memiliki banyak sahabat pena. Benda-benda peninggalan hingga mainan masaa kecilnya pun dapat kita lihat di sini. Banyak lukisan-lukisan Kartini dalam bentuk yang besar memenuhi dinding-dinding di museum ini.

Ada sebuah ruangan yang juga memamerkan uang-uang kuno dan juga benda-benda bersejarah purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara serta hasil kerajinan Jepara. Ada pula tulang ikan raksasa bernama Ikan Joko Tua. Jenisnya adalah Paus Gajah, yaitu ikan Paus yang punya belalai yang ditemukan di perairan Kepulauan Karimunjawa.

Museum yang bersih dan terawat dengan baik ini dapat kita jadikan tempat untuk sejenak mengenang kembali dan mengenal lebih dekat lagi pada sosok perempuan yang inspiratif dan berjasa terlebih bagi perempuan.

Sumber: