Berlian berasal dari apa?

berlian

Kebanyakan berlian tidak terbentuk dari batubara. Sebaliknya, berlian merupakan karbon yang dikompresi dan dipanaskan 90 mil di bawah permukaan bumi. Sementara batubara ditemukan sekitar 2 mil ke bawah permukaan bumi.

Banyak orang percaya bahwa berlian terbentuk dari metamorfosis dari batubara. Ide yang terus menjadi “bagaimana berlian membentuk” cerita di banyak kelas sains.

Batubara jarang memainkan peran dalam pembentukan berlian. Bahkan, sebagian besar berlian yang telah tanggal jauh lebih tua dari tanaman darat pertama Bumi - bahan sumber batubara! Itu saja sudah cukup bukti untuk menutup gagasan bahwa deposito berlian Bumi terbentuk dari batu bara.

Masalah lain dengan ide adalah bahwa lapisan batubara adalah batuan sedimen yang biasanya terjadi sebagai satuan batuan horisontal atau hampir horisontal. Namun, batuan sumber berlian pipa vertikal penuh dengan batuan beku.

image
Proses terbentuknya Berlian (Diamond)

Empat proses yang dianggap bertanggung jawab untuk hampir semua berlian alami yang telah ditemukan di atau dekat permukaan bumi. Salah satu proses ini menyumbang hampir 100% dari semua berlian yang pernah ditambang. Tiga sisanya merupakan sumber signifikan dari berlian komersial.

Bukti paling meyakinkan bahwa batubara tidak berperan dalam pembentukan paling berlian adalah perbandingan antara usia berlian bumi dan usia tanaman darat awal.

Hampir setiap berlian yang telah tertanggal terbentuk selama Prakambrium Eon - rentang waktu antara pembentukan Bumi (sekitar 4.600 juta tahun yang lalu) dan awal periode Kambrium (sekitar 542 juta tahun yang lalu). Sebaliknya, tanaman darat awal tidak muncul di Bumi sampai sekitar 450 juta tahun yang lalu - hampir 100 juta tahun setelah pembentukan hampir semua berlian alami Bumi.

Karena batubara terbentuk dari sisa-sisa tanaman terestrial, dan tanaman darat tertua lebih muda dari hampir setiap berlian yang pernah tanggal, mudah untuk menyimpulkan batubara yang tidak memainkan peran penting dalam pembentukan berlian bumi.

Sumber: