Berkenalan dengan Spesies Kecoak yang Elok nan Rupawan

Banyak sekali yang percaya bahwa salah satu hal yang paling menakutkan di dunia ini adalah kecoak terbang.

Tergolong dalam ordo Blattodea, kecoak/lipas/coro terdiri dari kurang lebih 3.500 jenis spesies, bahkan ada yang menyatakan kurang lebih 4.500 spesies. Yang biasa kita temui di dapur, kamar mandi, dan tempat-tempat menjijikkan lainnya hanyalah 1 diantara 4.500 jenis kecoak, yakni kecoak dengan nama latin Periplaneta americana atau kecoak Amerika.

Isu tentang kecoak saat ini sedang naik daun setelah diteliti sebagai prototipe robot penyelamat dan makanan super. Dipilihnya kecoak sebagai robot penyelamat karena kecoak dapat masuk dan berlari dengan cepat pada celah yang hanya setengah dari tinggi tubuhnya. Selain itu kecoak dapat menahan gaya tekanan yang diberikan terhadap tubuhnya hingga 900x dari berat badannya tanpa mencederai kecoak. Sedangkan untuk makanan super, susu kecoak digadang-gadang sebagai makanan super dimasa depan karena mengandung lemak, gula, asam amino/protein dan nutrisi lain empat kali lebih banyak daripada nutrisi susu sapi.

Sebenarnya ada banyak sekali spesies kecoak yang elok dan rupawan, namun disini hanya dikenalkan 6 diantaranya.

  1. Kecoak yang menyerupai kumbang kepik dengan nama ilmiah Prosoplecta sp.

  2. Kecoak berwarna biru cerah seperti awan atau disebut kecoak Neotropical, memiliki nama ilmiah Xestoblatta cantralli

  3. Kecoak dengan bulatan-bulatan putih diatas permukaan sayapnya yang hitam, disebut juga sebagai kecoak domino. Memiliki nama ilmiah Therea petiveriana.

  4. Kecoak berwarna hijau seperti daun, disebut juga sebagai kecoak green banana. Memiliki nama ilmiah Panchlora nivea

  5. Kecoak warna warni, sulit dideskripsikan dengan kata-kata. Disebut juga Taiwanese flower roach dan memiliki nama ilmiah Eucorydia aenea.

  6. Kecoak tanpa sayap dan berkulit warna warni, memiliki nama ilmiah Polyzosteria mitchelli

Sumber: