Berkenalan dengan Imhotep, si Arsitek Pertama

Imhotep adalah seorang kepala arsitek pada masa pemerintahan Firaun Djoser. Imhotep juga adalah otak dibalik desain bangunan bersejarah paling populer di Mesir, “the Step Pyramid” atau piramid berundak di Saqqara.

Dan apabila ditelisik dari tahunnya, Imhotep juga merupakan seorang arsitek pertama yang diketahui namanya.

Walaupun terlahir sebagai rakyat jelata, namun kecerdasan dan kemampuan analisanya membuat Imhotep dengan cepat mendapatkan perhatian sang Firaun dan menjadi penasehat raja yang paling dipercaya. Hingga akhirnya merancang the Step Pyramid, yaitu piramid sebagai tempat pemakaman rajanya, Firaun Djoser.

Bahkan setelah meninggal pun pengaruh dan ajaran Imhotep masih tetap dipelihara oleh masyarakat Mesir kuno.

Di masa pemerintahan Firaun berikutnya, Imhotep lebih dekenal sebagai perwujudan dari ilmu pengetahuan dan pendidikan. Dimasa hidupnya, selain arsitek ulung, Imhotep juga dikenal sebagai ahli obat dan ilmu penyembuhan.

Dia mengekstrak ramuan dari tumbuh-tumbuhan dan mengobati beberapa penyakit seperti masalah usus buntu dan penyakit tulang. Hingga masyarakat menyebut Imhotep sebagai perantara antara manusia dengan dewa-dewa.

Selain itu ia juga sering membantu memecahkan masalah para warga yang datang mengadu kepadanya.

Pada masa penaklukan Mesir oleh bangsa Yunani, kaum penjajah menemukan kemiripan antara Imhotep dengan dewa penyembuh mereka, Asclepius.

Bangsa Yunani turut menaruh hormat kepada Imhotep dan membuatkan kuli khusus untuknya. Reputasi Imhotep tetap baik hingga invasi bangsa Arab atas pesisir utara Afrika pada abad ke-7.

Sumber:
sains.me