Berjuang: Sebuah Proses Pendewasaan

20200627_091802_0000 Quotes diatas merupakan renungan dari pengalaman pribadi dalam memperjuangkan mimpi. Ya mimpi, setiap orang pasti memiliki impian besar dalam hidupnya dan untuk mencapai impian tersebut sudah semestinya ada perjuangan didalamnya. Perjuangan yang kadang melelahkan namun sejatinya ada kebahagiaan yang didapatkan.Bukan melulu soal hasil namun sebuah proses yang menjadikan kita lebih dewasa. Ketika kita memperjuangkan mimpi kita, mungkin banyak sekali halangan serta rintangan yang menjadikan kita berusaha lebih keras. Banyaknya cemoohan, kurangnya dukungan, disepelekan, mungkin itu beberapa hal yang menggoyahkan semangat kita. Bahkan lebih parahnya lagi, itu berasal dari orang-orang terdekat kita. Emang kamu bisa yah?, Yakin kamu mau melakukan itu?, Alah gak usah mimpi de lu? atau perkataan-perkataan lain yang sejenis. Hal-hal itu lah yang kadang membuat perasaan kita bimbang dan sedih untuk terus berjuang atau berhenti pada titik itu. Ketika kita mendapatkan itu semua, jadikanlah sebagai motivasi untuk diri kita sendiri dan tujukan bahwa apa yang mereka todongkan kepada kita itu tidak benar.

Dalam berjuang tentunya kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh, bukan sekedar keinginan yang cepat berlalu. Agar apa yang kita mimpikan benar-benar dapat tercapai. Namun apabila itu gagal, jangan jadikan hal itu pusat pemberhentian perjuangan. Setidaknya ketika kita gagal harus mencoba satu kali lagi untuk bangkit, karena bisa saja langkah kedua kita akan membuahkan hasil menuju jalan kesuksesan. Mulai kembali, bangun kembali dan berjuang kembali. Tentunya dengan belajar dari kesalahan sebelumnya. Tidak ada kata berakhir sebelum berhenti mencoba. Contohnya saja ketika ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, butuh proses bukan?.

Proses inilah yang menjadikan orang yang satu dan orang yang lain berbeda, karena setiap orang punya caranya melukis proses perjuangan tersebut. contohnya saja pengusaha, seorang pengusaha yang sukses pasti ada fase-fase kegagalannya juga dan belajar memperbaiki kesalahan kemudian bangkit kembali. Dan kegagalan tersebut tidak memberhentikan perjuangannya untuk menjadi pengusaha sukses. Atau mungkin teman-teman yang berjuang untuk mendapatkan kampus dan program studi impiannya. Untuk mendapatkan itu perlu perjuangan mengikuti berbagai ujian dan pastinya biaya yang tidak sedikit. Sudah berjuang menguras perasaan, tenaga dan pikiran, namun ternyata itu semua tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Ya sedih, kecewa, marah itu pasti, namanya juga manusia, tapi apa kita harus menyesali itu semua? sepertinya itu buka jawaban yang tepat.

Jika kita gagal, setidaknya kita sudah mencobanya. Kita sudah menjalani apa yang kita mau. Terus terpuruk bukanlah tindakan yang tepat, melainkan kita harus bangkit dan terus berjuang sampai berhasil. Bukankah pendaki gunung saja bisa terjatuh berkali-kali untuk sampai ke puncak. Namun ia tak pernah menyerah, karena Ia tahu bahwa ada kebahagian yang akan di dapatkan nya. Kebahagiaan melihat alam semesta ciptaan yang begitu megahnya. Pasti itu semua lebih indah, karena halang rintang, cobaan dan kegagalan yang ada membuat keberhasilan yang ada lebih bermakna. Berjuang itu juga tidak melulu di hadang dengan kegagalan. Ada orang yang berjuang dengan sungguh-sungguh, niat yang kuat, usaha yang hebat dan tentunya doanya tak pernah putus jalannya begitu di mudah kan oleh Yang Kuasa. ketika kita berhasil dengan usaha itu, sombong bukanlah sebuah pilihan. Ingatlah roda itu terus berputar, hari ini kita berhasil dan sukses belum tentu di hari esok. Bersyukurlah dan tetap rendah hati, ingat perjuangan itu sulit. Jangan menodai itu dengan sifat yang kurang baik.

Jadikanlah semua proses itu sebagai bekal dalam pendewasaan diri kita. Ketika kita gagal ambil hikmahnya dan ketika kita berhasil juga harus ambil hikmahnya. Jadikanlah kegagalan awal dari keberhasilan, anggap saja kalau kita gagal mungkin usaha yang dijalankan masih harus diperbaiki. Mungkin ketika kita langsung berhasil, kita akan menjadi orang yang sombong, merasa hebat sendiri dan lain sebagainya. Begitupun ketika kita berhasil bahwa usaha, kerja keras yang kita jalankan itu tidak akan mengkhianati hasil yang kita dapatkan. Meskipun dalam perjuangannya semua itu begitu menguras perasaan, tenaga dan pikiran. Sekali lagi nikmatilah prosesnya, lakukan yang terbaik serahkan semuanya kepada Tuhan. Jangan khawatir menunggu hasil perjuangan itu.

Kegagalan dan keberhasilan merupakan hal biasa, namun ketika kita bisa mengambil hikmah dari keduanya itu adalah sebuah keluarbiasaan. Keberhasilan sulit untuk kita capai jika kita tidak menikmati proses perjuangan itu. Dalam berproses tentunya kita harus membuka diri dan terus belajar agar kita tetap survive . Tentu saja dalam berlajar kita tidak selalu harus belajar dengan lebih senior, bisa saja patner kita bisa membantu kita. Dan satu lagi dalam berproses jangan pernah menyepelekan kemampuan diri sendiri maupun orang lain sekecil apapun, jelas itu tidak baik. Ingat diatas langit masih ada langit.

Jadilah orang yang berbeda dengan proses yang ada, karena saat ini tanpa disadari kebanyakan orang selalu melihat hasil yang dicapai tanpa mau menikmati proses yang benar, Padahal ketika kita berorientasi pada hasil, kekacauan bisa muncul dimana saja. Ketika berhasil mungkin kita akan menyombongkan diri dan ketika gagal kita akan menyalahkan diri sendiri. Lihatlah contoh yang banyak bertebaran di negara kita. Orang menginginkan uang yang banyak, namun jalan yang diambil adalah jalan instan. Ya… Para penjabat misalnya, mereka terkadang mengabaikan amanah yang diberikan masyarakat kepadanya. Kemudian mereka malah mengambil hak masyarakat bukan memenuhinya. Dengan cara apa? dengan cara merampok harta rakyat. Korupsi jadi jalan instan nya. Merekalah bukti nyata orang-orang yang tidak mau menikmati proses yang benar dan hanya berorientasi pada hasil. Contoh lain yang jangan sampai kita tiru yaitu ingin lulus dalam pendidikan, namun tidak mau belajar. Kemudian memilih mencontek, membuat oret-oretan dan bahkan lebih parahnya membeli kunci jawaban. Bukankah hal tersebut menjadikan kita tidak berkembang dan tidak cerdas?. Ya lagi-lagi karena hanya hasil yang dikejar bukan prosesnya dalam belajar. Renungi lah sesuatu yang instan pasti tidak baik dan tidak akan bertahan lama. Apa iya kita mau jadi orang yang seperti itu?.

Kunci dari semuanya adalah menikmati dan menjalani proses dengan ikhlas, usaha yang benar, berdoa yang sungguh-sungguh. Meskipun dalam menjalani proses yang benar belum tentu menghasilkan hasil yang maksimal, namun setidaknya kita sudah berusaha, ikhlas dan berdoa untuk hasil yang terbaik. Semua itu hanya untuk melatih kita dan mengetahui kemampuan apa yang sebenarnya kita miliki. Untuk apa menjadi orang yang bergelimang harta tanpa mengetahui kemampuan yang dimiliki. Jadi nikmatilah prosesnya, karena perjuangan bukan sekedar gagal atau berhasil namun sebuah proses menakjubkan menuju pendewasaan. Semua itu menjadikan kita kuat agar ketika gagal kita tahu caranya bangkit dan ketika berhasil kita tak akan menyombongkan diri. Jalani hidupmu dengan benar untuk mendapatkan sebuah kedamaian dalam kehidupan.


Ingin mendengarkan podcastnya, klik tombol dibawah ya

Podcast Button 150px

6 Likes