Berikan beberapa contoh visi produk (product vision) dari perusahaan yang ada, yang menurut anda bagus?

Product vision merupakan sebuah cita-cita dari pembuat produk terkait dengan produknya akan menjadi seperti apa di masa yang akan datang.

Visi Produk tidak hanya sekedar cita-cita yang diucapkan atau dibuat, tetapi merupakan sebuah arah tujuan kemana produk itu akan berjalan.

Beberapa Visi Produk yang menurut saya luar biasa adalah Visi Mesin Pencari Google dan Visi Facebook.

Visi Mesin Pencari Google adalah “Organize the world’s information and make it universally accessible and useful.” Di era informasi seperti ini, informasi sudah menjadi sebuah kebutuhan dasar bagi manusia. Hal itulah yang membuat Mesin Pencari Google menjadi produk tersukses sepanjang sejarah.

Visi Facebook mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya produk itu sendiri. Pada awalnya visi facebook adalah " Stay connected with friends and family, to discover what’s going on in the world, and to share and express what matters to them.". Selain itu, facebook juga memiliki misi "to give people the power to share and make the world more open and connected.”. Visi misi yang dibuat oleh facebook saat itu lebih ditujukan tentang bagaimana orang-orang dapat berhubungan dengan mudah. Hal itu sangat berkaitan dengan tujuan dari sosial media itu sendiri.

Tetapi, beberapa waktu yang lalu, facebook merubah visi-nya menjadi "To give people the power to share and make the world more open and connected.". Hal ini merupakan hal yang wajar,mengingat facebook sendiri sudah memiliki pengguna hampir 2 Milyar dan tersebar di seluruh dunia, yang awalnya hanya diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa Ivy League saja. Selain itu, saat ini facebook juga mengalami transformasi produk, dimana facebook tidak hanya sekedar sebuah sosial media.

Salah satu fitur yang berkaitan dengan visinya yang baru adalah munculnya fitur Facebook Groups pada tahun 2010, yang saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 Milyar orang.

“We used to have a sense that if we could just do those things, then that would make a lot of the things in the world better by themselves, But now we realize that we need to do more too. It’s important to give people a voice, to get a diversity of opinions out there, but on top of that, you also need to do this work of building common ground so that way we can all move forward together.” Zuckerberg, CNN Tech.

Selain kedua visi produk tersebut, visi produk yang menarik adalah visi dictio, "Smart Community, Smart Society". Dewasa ini, perkembangan interaksi sosial, terutama di sosial media, dapat dikatakan mundur, dimana pola interkasinya lebih didominasi oleh perdebatan-perdebatan tanpa dasar, yang berujung pada pertengkaran bahkan perpecahan di sosial masyarakat kita. Belum lagi permasalahan berita hoax dan maraknya bullying di masyarakat kita. Hal tersebut sangat berdampak negatif terhadap tatanan sosial masyarakat kita.

Oleh karena itu, visi produk "Smart Community, Smart Society" merupakan visi yang tepat dalam menjawab permasalahan-permasalahan tersebut.