Berendam dengan air soda di Tapanuli Utara

Berwisata dan mandi di dalam air soda, pernahkah hal itu terpikirkan? Ternyata di Indonesia nyata dengan adanya berendam dengan air soda

Kolam mata air ini ternyata dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan terutama kesehatan kulit. Air berbuih di dalam kolam yang berada di pinggiran sawah ini berkhasiat menyembuhkan gatal-gatal, reumatik dan sakit mata. Tak heran, selain para wisatawan yang berlibur banyak juga warga yang ingin menghilangkan penyakit datang kemari.

Pemandian air soda ini dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan Aek Rara atau yang dalam bahasa Batak artinya Air Merah. Memang air di sini terlihat kemerah-merahan seperti karat, dan hal itu dianggap merupakan hal mistis oleh warga lokal. Namun, sekarang kolam ini kian melejit berkat keunikannya.

Panorama menghijau di sekitaran kolam air soda sungguh menenangkan. Jenis kolam alami seperti ini disebut-sebut hanya ada dua di dunia, yakni di Venezuela dan Tapanuli Utara. Namun, kolam yang berada di daerah Amerika Latin tersebut kini tidak lagi digunakan sebagai pemandian, yang artinya pemandian air soda di Desa Parbubu kini menjadi satu-satunya di dunia.

Sumber: