Berdoa dan Bekerja

Berdoalah seolah-olah semuanya tergantung pada Tuhan. Bekerjalah seakan-akan semuanya tergantung padamu

Manusia harus memiliki keseimbangan dalam hidup. Jangan cuma mengejar dunia dengan bekerja. Tapi, kita juga harus berdoa secara sungguh-sungguh kepada Tuhan. Bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban, melainkan sadar akan kodrat.

Kodrat manusia adalah untuk menyembah Tuhan. Karena tanpa restu dari Tuhan, semua kerja keras kita mungkin akan sia-sia belaka.

Sumber:

Kita seringkali terheran-heran dengan apa yang sebenarnya tidak mungkin, tapi terjadi pada diri kita. Itulah kuasa Allah. Itulah pertanda bahwa kita hanyalah makhluk kecil yang tidak bisa berbuat apa-apa melainkan atas kuasa Allah. Buktinya, kita bahkan tidak dapat mengatur aliran darah dalam tubuh kita sendiri.

Tugas kita sebagai makhluk yang tidak berdaya adalah berdoa dan berusaha. Mengenai hasil akhir, biar Allah yang kuasa untuk menentukannya. Karena sebenarnya, hasil merupakan dampak dari proses panjang yang kita lakukan selama perjalanan menuju hasil.Maka dari itu, jangan pernah lelah untuk berdoa dan berusaha. Karena sejatinya, itulah tugas kita sebagai manusia. Orang-orang yang giat berusaha dan tidak pernah berhenti berdoa akan menemukan hasil terbaik.