Berbahayakah Jika Sariawan Tak Kunjung Sembuh?

obat-kumur-sebagai-antiseptik-dalam-menjaga-kesehatan-mulut-alodokter

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sariawan. Sariawan seringkali terjadi di sekitaran rongga mulut manusia. Ada berbagai faktor yang bisa memicu terjadi sariawan. Misalnya panas dalam (misnomer), terkena benturan, kekurangan vitamin B dan C, atau bisa juga karena pemasangan kawat gigi. Namun tahukah Anda bahwa ternyata sariawan bisa menjadi gejala awal dari kanker rongga mulut dan HIV/AIDS?

Dalam istilah medis, sariawan sering juga disebut stomatitis aftosa atau canker sore. Ketika sariawan terjadi, ada luka berbentuk oval atau bulat. Berwarna putih atau kuning di tengah dan dikelilingi warna merah disekelilingnya karena ada peradangan. Bagian dalam rongga mulut yang bisa terkena mulai dari tenggorokan, amandel (kelenjar tonsil), selaput lendir mulut, lidah dan bibir. Sariawan ini bisa terjadi pada siapapun dan umumnya bisa sembuh dalam satu sampai dua minggu. Lalu apa yang terjadi ketika sariawan tidak kunjung sembuh?

Ketika sariawan yang muncul dalam rongga mulut Anda sudah lebih dari 2 minggu, tentunya Moms harus mulai memeriksakan diri Anda.

Sumber :
https://www.klikdokter.com/
http://ciptadent.co.id/
https://www.dentassure.com/konsultasi-gigi