Berbagai Cara Menajamkan Penglihatan Mata yang Bisa Dilakukan Setiap Hari


Kebiasaan sehari-hari seperti menatap layar komputer dan gadget, hingga hobi membaca di kegelapan dapat membuat mata cepat lelah. Jika dibiarkan terus, semua kebiasaan ini lama-lama dapat menurunkan ketajaman penglihatan mata Anda. Bukannya tidak mungkin mata buram juga jadi ikut menurunkan produktivitas harian Anda. Apa saja caranya?

Berikut ini adalah cara yang saya temukan:

Hangatkan Mata

Gosok telapak tangan Anda bersama-sama (telapak tangan kanan dan kiri) untuk menciptakan hangat atau panas, dan kemudian menempatkan telapak tangan yang hangat tersebut terhadap mata Anda selama lima detik. Ulangi ini tiga kali.

Memutar mata Anda. Mulailah dengan melihat dan kemudian perlahan-lahan melihat dengan membentuk lingkaran 10 kali searah jarum jam dan 10 kali berlawanan.

Fokuskan Mata

Pegang sebuah pena di tangan, fokuskan mata di atas penanya, dan perlahan-lahan membawa pena lebih dekat sampai sekitar 6 inci dari hidung Anda. Kemudian perlahan-lahan mengerakan pena kembali kebelakang, tetap menjaga mata terfokus pada pena, ini bisa dilakukan sebanyak 10 kali.

Pijat pelipis

Pijat menggunakan jari jari, pijat dalam lingkaran kecil, 20 kali dalam satu arah dan 20 yang berlawanan arah. Ulangi tindakan yang sama di atas titik tengah antara alis di dahi, kemudian di bawah mata di kedua sisi hidung.

Berikan Mata Waktu Istirahat

Mendapatkan tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mata. Tidur memungkinkan mata untuk sepenuhnya beristirahat, memperbaiki, dan memulihkan. Kurang tidur dapat melemahkan penglihatan, tidur nyenyak selama 8 jam per malam dapat mencukupi.

Berikan mata Anda istirahat satu jam sekali selama hari kerja: Istirahatkan mata Anda 10 menit untuk setiap 50 menit yang telah dihabiskan untuk membaca atau di depan komputer. Jika mata merasa terlalu lelah, berbaring dan menempatkan irisan mentimun dingin melalui kelopak mata Anda.

Atau anda dapat mengambil mini-tidur siang. Meletakkan kepala Anda kembali, tutup mata, dan bersantai selama 3-5 menit.