Berapakah komunitas seni lukis di Yogyakarta?

Komunitas merupakan sekumpulan orang dengan visi dan misi sama yang berkumpul menjadi satu di suatu wilayah atau forum. Di Yogya sendiri ada banyak komunitas khususnya yang tergabung dalam bidang seni lukis. Kira- kira ada berapakah jumlahnya?

Menurut data dari taman budaya Propinsi D.I Yogyakarta, potensi seni dan budaya propinsi D.I Yogyakarta terdapat 3.291 organisasi seni dan 87.745 orang seniman yang ada di Yogyakarta.
Berikut ini merupakan beberapa contoh komunitas seni lukis di Yogyakarta

Gelaran Budaya (komunitas)
Komunitas ini terbentuk dari ruang gelaran budaya yang didirikan tahun 1999. Komunitas ini berdiri sebagai sebuah komunitas yang terbuka yang menghormati perbedaan dan mencita-citakan rekonsiliasi kebudayaan. Berawal dari pencarian ruang, komunitas gelaran budaya mematangkan konsep mereka menjadi “Ruang Publik Waktu Budaya”. Komunitas gelaran mulanya menyewa tempat di sekitar patehan wetan, kraton kemudian menyewa lagi di Jalan Menukan 273, Karangkajen

Ikatan Keluarga Istri Seni Rupawan Yogyakarta (IKAISYO)
Komunitas seni lukis ini berdiri pada 14 Agustus 1982. Bermula dari peristiwa keluarga yakni acara khitanan putra keempat pelukis Bathara Loebis. IKAISYO terletak di Gajah Tahunan UH III/93. Anggota IKAISYO terdiri dari berbagai mahzab seni seperti naturalis, ekspresionis, deformatif total, hingga abstrak ekspresionis.

Sanggar Bidar Sriwijaya/ Rumah Seni Muara
Sanggar Bidar Sriwijaya merupakan salah satu komunitas etnis atau kedaerahan (sumatera selatan) yang berada di Yogyakarta. Komunitas ini berdiri tahun 1999 yang bertujuan memberikan ruang ekspresi bagi para anggotanya.

KELOMPOK NUANSA
Kelompok ini terdiri dari 8 perupa yang merupakan sub kelompok dari Sanggar Dewata Indonesia.