Berapakah banyak telur yang dapat di konsumsi dalam sehari?

kesehatan
makanan

(Ridho Hardiansyah) #1

Telur bisa menjadi salah satu sumber protein favorit sebagian orang. Nah, dalam mengonsumsi telur, berapa maksimal jumlah yang dapat disantap agar kesehatan tetap terjaga?

“Umumnya, konsumsi dua telur per hari tidak masalah. Tapi ada peringatan utama. Seseorang perlu melihat keseluruhan jumlah makanan yang diasup guna mengetahui dari mana saja mereka mendapat sumber lemak jenuh,” kata Keri Gans, RD, penulis 'The Small Change Diet.


(Vivian Dzikriany Azis) #2

Untuk penderita penyakit jantung, mengonsumsi 4 butir telur dalam seminggu sangat tidak disarankan. Namun bagi Anda yang tidak menderita penyakit jantung, diabetes, atau bahkan tidak memiliki masalah kolesterol, maka tidak apa-apa jika mengonsumsi 6 butir atau lebih dalam seminggu.
Telur memang menawarkan protein cukup, akan tetapi makan telur saja tidak cukup. Jika Anda makan 10 butir telur setiap hari, Anda akan mendapatkan selenium yang cukup, tapi kandungan folat dan vitamin B6 kurang. Telur tidak mengandung vitamin C dan sangat sedikit mengandung vitamin E, K, dan magnesium. Telur juga tidak menyediakan serat atau karbohidrat. Anda mungkin butuh suplemen untuk mengisi kesenjangan gizi tersebut. Jadi, idealnya anda bisa memakan 2 telur dalam sehari. Itu pun tergantung dari kesehatan Anda dan sensitivitas Anda terhadap kolesterol. Cobalah makan sebuah telur sehari selama tiga bulan, kemudian periksakan kadar kolesterol Anda. Tiga bulan berikutnya, Anda bisa mencoba bereksperimen dengan makan lebih sedikit atau banyak telur dan mengukur kadar kolesterol Anda serta melihat apakah itu bermanfaat untuk kesehatan Anda.


(Panji Wicaksono) #3

Sebagai makanan yang mengandung protein tinggi, banyak orang yang beranggapan memakan telur setiap hari baik untuk kesehatan. Benarkah demikian?

Mengingat ada anggapan jika terlalu banyak mengkonsumsi telur dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol darah. Lalu berapa banyak porsi telur dalam sehari sebaiknya dikonsumsi oleh seseorang?

Satu butir telur memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, yakni sekitar 200 ml kolesterol. Di sisi lain, tubuh anda hanya memerlukan asupan tidak lebih dari 350 ml kolesterol dalam sehari yang bisa didapatkan dari sumber makanan lain selain telur.

Pertanyaannya, amankah makan telur setiap hari? Padahal ada beberapa anggapan yang menyebutkan bahwa selain protein, telur juga mengandung kolesterol tinggi di bagian kuningnya. Sekitar 200 ml kolesterol terdapat dalam 1 butir telur. Ini tentu tak sehat bagi jantung.

Dilansir laman Boldsky, ternyata jenis kolesterol pada telur ada yang baik dan jahat. Jenis kolesterol baik dalam telur dapat mengimbangi kolesterol jahat yang dikandungnya sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah yang normal.
Hal ini bahkan aman jika dikonsumsi oleh penderita jantung koroner, yang notabene memang harus mengurangi asupan kolesterolnya.

Namun menurut para ahli, batasan aman konsumsi telur adalah 6-7 butir dalam sepekan, atau 1 butir sehari. Ini jika kondisi kolesterol Anda normal dan tidak menderita hipertensi.

Bagi pasien jantung dan kolesterol tinggi, batas aman makan telur sepekan adalah 4 butir.

Baiknya Anda mengolah telur dengan cara direbus, sebab jika digoreng maka kandungan kolesterol serta lemak trans nya bertambah dari minyak atau margarin yang digunakan.

Kandungan Gizi Telur
Nama Bahan Makanan : Telur Ayam
Banyaknya Telur Ayam yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Telur Ayam yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 90 %
Jumlah Kandungan Energi Telur Ayam = 162 kkal
Jumlah Kandungan Protein Telur Ayam = 12,8 gr
Jumlah Kandungan Lemak Telur Ayam = 11,5 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Telur Ayam = 0,7 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Telur Ayam = 54 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Telur Ayam = 180 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Telur Ayam = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Telur Ayam = 900 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Telur Ayam = 0,1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Telur Ayam = 0 mg

Source : http://www.banjarbaruklik.com/
http://www.dream.co.id/


(I Made Andwi Raditya Prabhawa) #4

Telur merupakan salah satu sumber protein yang bagus untuk tubuh manusia. Telur juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

Sayangnya, walaupun mengandung nutrisi, vitamin, protein dan mineral yang bagus untuk tubuh, namun telur juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Menurut penelitian, tidak dianjurkan untuk mengonsumi telur dalam jumlah banyak dalam satu hari.

Idealnya, manusia normal disarankan untuk hanya mengonsumsi telur sebanyak 40 butir dalam satu bulan atau maksimal 5 sampai 6 butir dalam sehari. Banyak orang yang ingin membentuk tubuh mereka seperti di sasana kebugaran atau Gym juga mengonsumsi telur. Bahkan di antaranya ada yang mengonsumsi telur tersebut dalam keadaan mentah.

Menurut NHS.uk, dalam kandungan telur mentah ada bakteri yang bernama salmonella. Bakteri ini dapat membuat tubuh manusia menjadi sakit. Selain itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi telur dalam jumlah banyak.

Alasannya, dengan mengonsumsi telur dari jumlah ideal, maka dikhawatirkan arteri dalam tubuh manusia akan tersumbat. Hal ini dikarenakan telur juga mengandung kolesterol.

Secara ilmiah, 1 buah telur mengandung sekitar 200mg kolesterol dan 5g lemak. Strongfits.commenuliskan bahwa dengan mengonsumsi telur dalam jumlah banyak maka dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Liver manusia adalah ‘pabrik’ yang dapat memproduksi kolesterol 3-6 kali lipat dari kolesterol yang didapat dengan memakan telur atau yang mampu diproduksi oleh hewan. Dengan memakan telur dalam jumlah banyak dapat dibayangkan berapa jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh manusia.

Walaupun berbahaya apabila dalam jumlah banyak, namun kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kolesterol memproduksi hormon steroid dan juga berfungsi untuk memperbaiki dan membangun sel-sel dalam tubuh.

Source : https://www.merdeka.com