Berapa Usia kelinci siap kawin ?


(Pandu Damar Priambodo) #1


Mengenai usia kelinci yang siap kawin berapa bulan?
Memang menentukan umur kelinci yang cocok untuk dikawinkan adalah hal yang sangat penting sebab hal tersebut menentukan kwalitas anakan dari kelinci yang akan lahir nantinya.


(Wisnu Putra Pratama) #2

Untuk umur kelinci yang siap kawin adalah 7 – 12 bulan ( 1 tahun) , dalam usia ini kelinci sudah dapat berkembang biak dengan baik serta anakan kelinci akan sehat nantinya, namun hal yang harus diperhatikan ketika mengawinkan kelinci agar anak kelinci yang lahir nantinya sehat dan resiko kematian kecil ada baiknya pada saat mengawinkan kelinci pilihlah indukan kelinci jantan yang lebih tua dari indukan betina.

Dalam masa pengawinan kelinci bisa dilakukan dikandang terpisah dalam waktu 3 – 4 hari berturut – turut namun pastikan kelinci sudah benar-benar kawin, setelah 3 hingga 4 hari pisahkan indukan kelinci betina pada kandang khusus dan hangat serta diberikan makanan yang secukupnya, untuk memastikan dan melihat ciri – ciri kelinci hamil bisa membaca artikel sebelumnya yaitu Ciri – ciri kelinci hamil yang akan melahirkan . Masa hamil kelinci biasanya 1 bulan atau 30 hari hingga 33 hari maka pastikan dikandang kelinci sudah terdapat glodok atau tempat indukan kelinci melahirkan nantinya , pada glodok tempatkan rerumputan atau daun kering agar semakin hangat nantinya.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan pada masa kelinci sedang hamil adalah asupan makanan, maka dari itu pastikan selalu memberikan makanan terbaik pada kelinci yang sedang hamil.


(Ananda Dirahardjo) #3

ini mungkin bisa membantu gan

Beberapa Hal Penting Ketika Mengawinkan Kelinci

  • Jangan mengawinkan kelinci yang usianya belum cukup karena malah bisa merusak kelinci. Usia produktif kelinci ditentukan berdasarkan ukuran tubuh, untuk kelinci yang tubuhnya kecil yaitu saat umur 4 sampai 5 bulan, tipe sedang 5 sampai 6 bulan, dan untuk kelinci tipe besar ketika di atas 7 bulan.

  • Untuk betina yang baru pertama dikawinkan sebaiknya gunakan pejantan yang sudah tua atau dewasa. Karena dengan begitu akan mempercepat proses kehamilan kelinci. Selain itu keturunan dari pejantan yang sudah dewasa akan menghasilkan keturunan yang berkualitas dan tidak mudah mati.

  • Sebelum proses kawin perhatikan keadaan dan kondisi dari kelinci dan pastikan kelinci yang akan dikawinkan dalam performa yang baik. Kemudian jangan mengawinkan kelinci yang keadaan mentalnya tidak baik atau sedang stres, karena hanya akan membuang waktu anda.

  • Kemudian lakukan pemisahan antara kelinci jantan dan betina. Ini adalah salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan peternak pemula, yaitu menempatkan kelinci jantan dan betina pada kandang yang sama. Pola pemisahan ini sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas kelinci, jadi intinya kelinci dipertemukan hanya pada saat masa birahi saja.

Sumber: Cara Cepat Mengawinkan Kelinci