© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Berapa Usia cincin-cincin Saturnus?

cincin saturnus

Tujuan utama Casini adalah menentukan ukuran massa dan juga umur cincin-cincin Saturnus. Semakin besar massa menunjukkan usia cincin, yang mungkin setua Saturnus itu sendiri. “Sebelumnya, kami tidak dapat menentukan massa cincin-cincin karena Cassini terbang di luar arena cincin,” kata Luciano Iess dari Universitas Sapienza, Roma, Italia.

Namun mengetahui ukuran massa tidak dapat segera mengetahui usia cincin, kata Nicolas Altobelli, ilmuwan di mitra NASA dalam misi ini, Europan Space Agency (EPA).

“Kita masih perlu mengetahui komposisi cincin. Cincin terdiri air murni, es. Bila usianya tua dan terbentuk pada saat yang bersamaan dengan Saturnus, mengapa cincin masih terlihat masih segar walaupun sering dibombardir materi meteor?” kata Altobelli.

Salah satu kemungkinan adalah cincin itu masih sangat muda, dan mungkin merupakan pecahan komet raksasa yang berada terlalu dekat dengan Saturnus dan terpecah-pecah.

Coustenis, Iess dan Altobelli membiarakan tentang fase terakhir misi Cassini di Wina dalam majelis umum European Geosciences Union, Persatuan Geofisika Eropa.

Apakah anda mempunyai informasi lainnya ?

Sumber :