Berapa lama usia kandungan kelinci?

kelinci

Setelah Anda mengawinkan kelinci jantan dan betina selama 7 hari, biasanya janin di dalam rahim sang betina mulai tumbuh. Namun masa kehamilan dalam hitungan 7 hari belum bisa dideteksi sebab ciri-cirinya belum jelas dan belum terlihat. Baru pada usia hari ke-14, ciri-ciri kelinci hamil bisa di deteksi.

Berapa lama kelinci hamil hingga melahirkan ?

Lama kehamilan atau bunting pada kelinci dihitung sejak betina kawin sampai beranak. Lamanya berkisar antara 31-32 hari, tetapi kemungkinan paling singkat 29 hari atau paling lama 35 hari.

Periode kebuntingan dengan waktu yang lama umumnya terlihat pada litter size yang kecil (Cheeke et al., 1987). Kebuntingan dapat diketahui melalui jalan palpasi, induk dapat dipalpasi pada bagian perutnya, untuk meraba apakah janin sudah terbentuk, sehingga bila ternyata kosong induk kelinci bisa langsung dikawinkan kembali.

Palpasi dilakukan pada umur kebuntingan 10-14 hari, dimana janin terasa sebesar kelereng. Kelinci bunting yang belum melahirkan sampai hari ke 34 sebaiknya disuntik Oxytocyn untuk membentu kelahiran (Raharjo, 2005).