Berapa lama usia hidup kelinci dapat bertahan?

kelinci

Berapa lama usia kelinci bisa bertahan hidup ?

Rata-rata kelinci dapat hidup antara 5 sampai 12 tahun dan kadang-kadang lebih dengan perawatan yang tepat.

Kelinci adalah hewan peliharaan yang sangat populer, dan rentang hidup mereka telah diperpanjang selama bertahun-tahun sebagian berkat kualitas perawatan yang mereka terima dari pemiliknya. Kita tahu bahwa banyak hal dapat mempengaruhi umur seekor hewan peliharaan, dan kelinci tidak terkecuali.

Sejarah Kelinci Domestikasi
Kelinci peliharaan yang didomestikasi tidak sama dengan kelinci liar yang Anda lihat di halaman Anda. Oryctolagus cuniculus adalah nama Latin untuk spesies kelinci peliharaan, sedangkan kelinci liar adalah Lepus sylvaticus. Ini berarti bahwa kelinci peliharaan dan kelinci liar secara teknis adalah spesies yang berbeda walaupun mereka adalah saudara jauh dan berasal dari keluarga yang sama.

Selama bertahun-tahun, kelinci telah digunakan untuk makanan dan bulu, tetapi sejak abad ke-19, mereka juga dirawat sebagai hewan peliharaan yang dicintai. Pada akhir abad ke-20, kelinci mulai menjadi lebih umum di rumah-rumah di seluruh Amerika dan mereka telah semakin populer sejak itu. Semakin banyak orang yang menemukan kepribadian kelinci peliharaan yang indah, perawatan yang mereka berikan menjadi lebih baik dan karenanya memperpanjang umur kelinci rumah.

Breed dan Umur Kelinci
Sementara umur rata-rata kelinci peliharaan adalah, menurut House Rabbit Society, sekitar delapan hingga 12 tahun, jenis tertentu kelinci peliharaan diketahui hidup lebih lama daripada yang lain. Sama seperti anjing, jenis miniatur atau kerdil kelinci cenderung hidup lebih lama daripada ras raksasa. Kelinci kerdil, lops mini, dan kelinci kecil lainnya biasanya akan hidup dalam dua digit, sedangkan trah besar, seperti lops Prancis dan raksasa Flemish, tidak akan hidup.

Nutrisi dan Masa Hidup Kelinci
Seekor kelinci, sama seperti hewan lainnya, memiliki kebutuhan nutrisi spesifik dan kita tahu bahwa apa yang kita beri makan kelinci peliharaan kita memiliki efek langsung pada umur mereka. Nutrisi berjalan seiring dengan kesehatan kelinci secara keseluruhan dan jika tidak mendapatkan vitamin, mineral, kandungan serat, dan bahan-bahan lain yang sesuai dalam makanannya, ia tidak akan sehat dan karenanya tidak akan hidup seperti panjang.

Diet pellet khusus untuk kelinci, jerami, dan sayuran harus menjadi makanan bagi kelinci peliharaan. Beberapa suguhan dan buah-buahan dapat diberikan dalam jumlah sedang tetapi jika diberi makan yang tidak seimbang, itu akan menghasilkan kelinci yang tidak sehat. Beberapa orang hanya akan memberi makan pelet kelinci mereka dari toko hewan peliharaan, tetapi ini mungkin kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kelinci.

Kesehatan dan Masa Hidup Kelinci
Selain makanan yang Anda makan, banyak hal yang berperan dalam kesehatan kelinci Anda. Kelinci dapat mengembangkan penyakit atau mendapatkan parasit, dan jika tidak diobati, masalah kesehatan ini dapat mempersingkat kehidupan kelinci Anda. Mempraktikkan kebersihan yang baik dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang kelinci, serta membersihkan kandang secara teratur, adalah cara yang baik untuk menjaga kelinci tetap sehat. Pemeriksaan rutin dengan dokter hewan Anda juga akan membantu menangkap masalah yang mungkin terjadi pada kelinci Anda sebelum terlambat untuk melakukan apa pun.

Membasmi atau mensterilkan kelinci Anda juga dapat membantu memperpanjang umurnya. Kelinci betina rentan terhadap kanker mammae dan rahim dan kelinci jantan dapat mengembangkan kanker testis. Dengan kelinci dimandikan atau dikebiri, Anda akan secara drastis mengurangi kemungkinan kelinci Anda terserang kanker dan karenanya meningkatkan peluangnya untuk hidup lama.

Gaya Hidup dan Masa Hidup Kelinci
Kelinci membutuhkan banyak ruang dan stimulasi mental, tetapi sayangnya, banyak orang berpikir mereka bahagia disimpan di kandang sepanjang hidup mereka. Kelinci, walaupun bisa hidup di dalam atau di luar rumah, membutuhkan area yang luas, seperti kamar tidur, untuk memanggilnya sendiri, serta mainan, barang-barang untuk dikunyah, dan barang-barang untuk dimainkan. Kelinci yang tidak mendapatkan ruang dan pengayaan yang tepat biasanya tidak sesehat kelinci yang hidup dan karena itu mungkin tidak memiliki masa hidup seperti yang seharusnya.

Penting juga untuk menyediakan rumah yang tenang untuk kelinci Anda. Stres yang berlebihan dapat menyebabkan kelinci Anda mati. Diejek oleh kucing atau anjing, ditangkap oleh anak-anak, atau disakiti dapat menyebabkan kelinci Anda kaget dan sekarat.

Kelinci Tertua dalam Catatan
Hazel, kelinci abu-abu miniatur, memegang rekor sebagai kelinci peliharaan tertua yang pernah hidup. Hazel meninggal pada usia 16 tahun dan tinggal di Inggris. Sebelum Hazel, rekor itu dibuat oleh kelinci peliharaan lain yang berumur 14 tahun. Sebagian besar kelinci tidak membuatnya menjadi dua digit, sehingga memiliki kelinci remaja merupakan pencapaian yang cukup sebagai pemilik hewan peliharaan.