Berapa lama rata-rata ikan koi hidup ?

Ikan Koi

Ikan Koi, secara spesifiknya koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi, yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak.

Ikan koi bisa hidup sampai dengan ratusan tahun. Contohnya di Jepang terdapat ikan koi yang bernama Hanako yang bisa hidup sampai 200 tahun lebih. Ikan koi memang dikenal sebagai ikan yang memiliki umur yang panjang bahkan konon katanya bisa melebihi umur pemiliknya. Untuk itu banyak orang yang ingin memeliharanya karena alasan ini.

Sebenarnya ikan koi yang hidup dengan kondisi yang ideal rata-rata hidup sampai dengan umur 50 bahkan 60 tahunan. Pada beberapa kasus umur ikan koi jauh lebih lama dari itu, mungkin di atas 90 tahun seperti burung beo. Sedangkan rata-rata pemula yang memelihara ikan koi, umur ikan koi tersebut hanya mencapai 3-5 tahun.

Kenapa begitu pendek? Karena kebanyakan orang apalagi pemula tidak tahu cara memelihara ikan koi dan pada akhirnya membunuh ikan koi tersebut. Sedangkan umur ikan koi yang dipelihara oleh kolektor profesional biasanya mencapai umur sekitar 15 - 25 tahun.

Sumber:
https://www.galena.co.id/q/berapa-lama-rata-rata-ikan-koi-hidup