Berapa lama manusia akan bertahan hidup saat matahari tidak ada (hancur/menghilang)?

Sejak 6 milyar tahun matahari memancarkan energinya ke seluruh semesta. Sumber energi di pusat tata surya ini adalah reaksi fusi nuklir di inti matahari. Di sini inti atom unsur Hidrogen melebur menjadi inti Helium. Matahari sumber utama energi pemberi kehidupan di Bumi sebetulnya sebuah reaktor fusi nuklir raksasa. Seperti lazimnya bintang di jagad raya, suatu saat matahari akan memasuki fase kematian. Lantas seberapa lama manusia akan bertahan tanpa adanya matahari?

Pertama, setelah matahari padam, suhu bumi pada akhirnya akan turun ke suatu tempat sekitar 10 derajat di atas nol mutlak. Mereka yang tidak bisa melindungi diri dari kedinginan akan mati duluan. Seberapa cepat bumi mendingin akan bervariasi secara dramatis.

Permukaan bumi tidak akan menjadi super dingin secara langsung, tetapi akan cepat. Saya kira di suatu tempat di sekitar hari ketiga itu akan mulai tidak nyaman bagi siapa pun tanpa sumber panas yang baik. Setelah seminggu suhu bumi rata-rata akan membeku. 0 derajat Celcius, 32 derajat Fahrenheit. Ini akan sangat bervariasi tergantung di mana Anda tinggal.

Ini akan tetap hangat lebih lama di dekat lautan dan semakin dingin semakin jauh Anda dapatkan dari mereka dan jelas apa yang mulai dingin akan semakin dingin. Akan memakan waktu 1-3 tahun bagi mereka untuk membeku.

Kita bisa bertahan berbulan-bulan dengan cara ini, karena bumi perlahan mendingin, tetapi setelah setahun suhu permukaan rata-rata bumi akan menjadi -73 derajat Celcius, -100 Fahrenheit. Banyak sekali orang yang akan kehabisan makanan dan air sebelum itu.

Jika Anda memiliki sumber panas, Anda dapat bertahan lebih lama, tetapi Anda membutuhkan makanan dan air. Setiap orang yang entah bagaimana berhasil bertahan hidup di udara dingin tetapi tidak memiliki sumber makanan dan air yang berkelanjutan akan mati ketika makanan dan air mereka habis.

Jika seseorang tinggal di dekat aktivitas panas bumi dalam struktur yang terisolasi dengan baik dan berhasil mendapatkan panas dan listrik, (cahaya) darinya tanpa batas waktu dan memiliki pertanian hidroponik, mereka bisa berlangsung selama 10 hingga 20 tahun sebelum oksigen mulai cukup dingin untuk berubah menjadi cair dan menjadi hujan yang terbuat dari oksigen, dan kemudian semakin dingin itu akan menjadi salju.

Bayangkan pergi ke luar untuk mengambil ember udara untuk dibawa masuk ke dalam api agar hangat dan Anda bisa bernapas. Jadi sementara bumi masih memiliki banyak oksigen, itu tidak akan dalam bentuk yang dapat Anda hirup. Katakanlah setelah sekitar 30 tahun atau lebih, semua orang mati.

Ada mikroba dan kehidupan lain di dasar lautan dengan ventilasi panas bumi. Mereka terlalu dalam agar matahari mencapai mereka dan menggunakan cara lain untuk bertahan hidup. Mereka tidak akan pernah melihat matahari hilang dan berlanjut seperti biasa.