Berapa Jumlah Otot Manusia?

otot

Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.

-__1833_Wellcome_L0011907__WC

Seorang manusia dewasa yang sehat memiliki 206 tulang, 78 orang, dan banyak sekali otot yang masih harus dihitung jumlahnya. Begitulah, tidak ada seorangpun yang benar-benar yakin dengan jumlah otot yang kita miliki. Yang kita tahu, ada sekitar 700 otot kerangka, walaupun angka pastinya berkisar antara 640 hingga 850 otot.

Masalahnya di sini adalah karena ada beberapa otot dalam tubuh kita yang sangat kompleks sehingga otot-otot itu mungkin terdiri dari 2 otot berbeda. Tak serorangpun yang sepakat tentang jumlah otot yang mereka lihat ketika dihadapkan dengan otot-otot yang komples itu, sehingga para pakar kedokteran pun memiliki jawaban yang berbeda-beda. Seandainya mereka sepakat sekalipun, selalu ada saja orang yang tidak masuk dalam rentang jumlah tersebut. Ada orang-orang yang memiliki otot berlebih atau variasi-variasi tak terduga.

Jadi, sekarang ini kita hanya bisa menjawab bahwa kita punya banyak otot. Atau, seperti jawaban seorang penulis yang ingin menjawabnya secara ilmiah, “kira-kira ada 700…termasuk sekitar 400 otot yang tidak dipedulikan orang.”

References

https://www.liputan6.com/global/read/3159382/5-pertanyaan-sains-rumit-yang-terdengar-sederhana-bisa-menjawab