Berapa jam porsi olahraga yang wajar dilakukan dalam seminggu?


Berolahraga adalah kebutuhan bagi setiap orang supaya tubuh terjaga dari berbagai macam penyakit. Walaupun telah dianggap sebagai kebutuhan, terkadang seseorang masih malas berolahraga dengan memberikan berbagai alasan. Karena rasa malas tersebut, kebutuhan olahraga menjadi tidak terpenuhi. Menurut kalian, berapa lama porsi olahraga seseorang dalam seminggu?

1 Like

Untuk orang normal tanpa ada penyakit tertentu normalnya 150 menit perminggu dan ada waktu istirahat antar olahraga yang dilakukan misal Senin olahraga 50 menit Selasa off Rabu 50 menit lagi begitu seterusnya

1 Like

Saya tidak terlalu mengerti sebenarnya soal tepatnya keolahragaan, karena saya bukanlah expert dalam bidang olahraga. Tapi saya pernah baca, olahraga yang berlebihan (terlalu lama, atau olahraga yang terlalu berat) bisa berdampak buruk. Jadi saya sarankan jam yang optimal seperti kurang lebih 60 menit atau 80 menit. Mohon koreksinya bagi yang lebih tahu. Sekian terima kasih.

1 Like

World Health Organization (WHO) menyarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit per minggu, atau olahraga dengan intensitas tinggi selama 75 menit. Asosiasi dokter jantung Amerika atau American Heart Association (AHA) menyarankan sebagai berikut.

  • 50 menit per minggu untuk intensitas sedang. Sebaiknya olahraga dilakukan minimal selama 5 hari dalam seminggu, dan dalam sehari minimal Anda berolahraga selama 30 menit.

  • 75 menit per minggu untuk intensitas tinggi. Sebaiknya olahraga dilakukan minimal selama 3 hari dalam seminggu, dan dalam sehari minimal Anda berolahraga selama 25 menit.

Sumber:

  1. WHO. Physical activity and adults: recommended levels of physical activity for adults aged 18-64 years [Internet]. Switzerland: World Health Organization; 2017

  2. AHA. American heart association recommendations for physical activity in adults. USA: American Heart Association; 2016