Berapa berat badan kita di planet lain?

Planet

Setiap Planet punya gravitasi yang berbeda dengan Bumi. Jika kita datang ke planet itu, berat badan kita juga akan berubah. Berapakah berat badan kita di planet lain?

Merkurius

Planet ini paling dekat dengan matahari. Gravitasi di planet ini hanya 0.38 dari gravitas planet Bumi. Jika kita punya berat 50 kg, maka berat tubuh kita akan turun menjadi 18,9 kg di planet Merkurius.

Venus

Venus adalah planet yang berada di urutan kedua dari Matahari. Planet ini punya gravitasi sebesar 0.91. Jika kita punya berat 50 kg, maka berat tubuh kita akan turun menjadi 45,3 kg di planet Merkurius.

Mars

Konon, planet Mars adalah planet yang paling dekat dengan Bumi. O iya, planet ini punya gravitasi sebesar 0.38, sama dengan gravitasi di planet Merkurius. Jika kita menginjakkan kaki di planet Mars, berat tubuh kita akan menurun jadi 18,9 kg.

Jupiter

Jupiter adalah planet yang paling besar di Tata Surya kita. Gravitasi di planet ini cukup besar, yakni 2.34 kali dari gravitasi di planet Bumi. Artinya, di planet ini, berat badan kita akan naik menjadi 126.4 kg. Planet ini terkenal dengan cincinnya yang indah. Gravitasi di planet ini adalah 0.93 dari gravitasi di planet Bumi. Meski gravitasinya lebih kecil, berat badan kita yang tadinya 50 kg (di Bumi), akan naik menjadi 53.2 kg di planet bercincin ini. ada beberapa hal yang membuat berat badan kita jadi lebih berat di planet ini.

Uranus

Di planet ini, gravitasinya mencapai 0.92 dari gravitasi di planet Bumi. Jadi, berat tubuh 50 kg di Bumi, akan turun menjadi 44.4 kg di planet ini.

Neptunus

Planet ini sering di sebut dalam animasi Spongebob Squarepants. Ternyata, gravitasi di planet ini lebih besar daripada Bumi, yakni 1.12. orang dengan berat badan 50 kg di Bumi, beratnya akan naik menjadi 56.2 di planet Neptunus. Meski gravitasi di beberapa planet berdekatan, berat badan kita bisa berubah jauh. Hal itu disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah luas planet dan keadaan di planet tersebut.

Sumber:
exploratorium.edu