Berapa Berat Badan Ideal Bayi Usia 3 Bulan? Simak Di Sini | Fernbaby

Fernbaby - Berat badan bayi di bulan ke-3 yang ideal pasti menjadi perhatian bagi orang tua. Karena berat badan merupakan salah satu ukuran apakah bayi tumbuh sesuai dengan usianya atau tidak. Selain itu, usia 3 bulan merupakan masa transisi dari bayi baru lahir ke bayi yang lebih aktif.

Memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi pada 1.000 hari pertama kehidupan, yaitu sejak masa kehamilan dalam kandungan sampai bayi berusia 2 tahun, merupakan tugas penting semua orang tua. Karena pada masa ini, pertumbuhan dan perkembangan bayi berlangsung lebih pesat.

Pertumbuhan yang diperhitungkan adalah pertambahan ukuran fisik bayi, yang meliputi pertambahan berat badan dan tinggi badan bayi. Omong-omong, perkembangan bayi adalah peningkatan kemampuan struktur dan aktivitas tubuh bayi, seperti kemampuan bayi untuk berbaring tengkurap, mengangkat leher, duduk, berdiri dan berjalan.

Kontrol ini digunakan untuk mengidentifikasi cacat perkembangan awal dan gangguan mental pada bayi, seperti kurang gizi, perawakan pendek, keterlambatan bicara, sulit berkonsentrasi, dan perilaku hiperaktif.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui berat badan ideal bayi usia 3 bulan. Hal ini dilakukan agar jika bayi menunjukkan tanda-tanda stunting dan tumbuh kembang dapat segera ditangani.

Susu Formula untuk Tumbuh Kembang Bayi Ideal

Tidak semua susu diciptakan sama di Selandia Baru, negara ini adalah negara terbaik untuk penggembalaan sapi perah dan memiliki jejak karbon yang rendah. Oleh karena itu, Fernbaby Formula New Zealand Milk bersedia hadir di Indonesia agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

New Zealand atau Selandia Baru dianggap sebagai negara dengan kualitas susu terbaik. Untuk memenuhi harapan para orang tua di Indonesia, Fernbaby Newzealand kini memasuki pasar Indonesia.

Terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Fernbaby berkomitmen untuk membantu anak-anak Indonesia mewujudkan impian mereka melalui makanan dan nutrisi.

Bayi di bawah 12 bulan dapat mengkonsumsi susu formula ini. Fernbaby adalah formula nutrisi seimbang yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan kemurnian alami dari ibu Selandia Baru yang berkomitmen untuk memberikan bayi Anda hanya yang terbaik dari alam.

Memiliki 102 AA dengan nutrisi yang lebih seimbang. Dukung perkembangan alami bayi Anda untuk masa depan yang tidak terbatas.

Kandungan DHA 92 mg, kandungan ARA 102 mg. Tidak hanya DHA yang tinggi, tetapi AA juga sangat tinggi. Fernbaby menjadikan susu formula sebagai makanan yang lebih seimbang tanpa aditif buatan. Nantikan kehadirannya di Indonesia.

Ini adalah berat badan ideal bayi berusia 3 bulan.

Bayi yang sehat menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan sejak lahir. Ada tiga faktor yang menjadi acuan dalam mengukur pertumbuhan bayi, yaitu panjang badan, lingkar kepala, dan berat badan.

Tiga faktor kemudian disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin bayi. Ini biasanya diberikan dalam bentuk grafik pertumbuhan dalam buku kesehatan bayi.

Berikut panduan berat badan ideal bayi usia 3 bulan berdasarkan jenis kelamin:

  • Berat badan bayi perempuan usia 3 bulan sekitar 3,8-5,5 kg dengan panjang badan 52-56 cm dan lingkar kepala 37-42 cm.
  • Berat badan bayi laki-laki umur 3 bulan yaitu 4-6 kg, panjang badan 53-58 cm, dan lingkar kepala 38-43 cm.

Perkembangan bayi usia 3 bulan

Selain berat badan ideal bayi, orang tua juga harus memantau perkembangan bayi usia 3 bulan. Perkembangan ini berkaitan dengan peningkatan keterampilan motorik, keterampilan komunikasi, keterampilan sosial bayi.

Keterampilan yang dapat dilakukan bayi usia 3 bulan:

Keterampilan bergerak bayi usia 3 bulan ditunjukkan dengan kemampuannya menjaga kepala dan dada tetap tegak saat berbaring tengkurap, menjangkau dan mengambil benda-benda di dekatnya, bermain dengan jari-jarinya, menendang kakinya lebih keras.

Keterampilan komunikasi

Pada usia ini, bayi berusia 3 bulan berkomunikasi dengan matanya saat berbicara. Dia bersenandung seolah ingin menjawab kata-kata orang tuanya.

Dia juga menoleh dan tersenyum ketika mendengar suara orang tuanya, bahkan musik atau suara di sekitarnya yang menarik perhatiannya.

Keterampilan sosial

Bayi usia 3 bulan diperkenalkan kepada orang tua dan anggota keluarganya serta mengenal orang-orang baru di sekitarnya. Pada usia ini, ia juga mulai meniru suara dan ekspresi orang tuanya atau orang lain.

Jangan khawatir jika bayi Anda tidak berkembang seperti dijelaskan di atas. Karena setiap bayi memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda, apalagi jika bayi tersebut lahir prematur.

Jadi jangan lupa untuk menimbang bayi Anda secara teratur, Bu! Untuk menentukan apakah berat badan bayi usia 3 bulan sudah sesuai dengan usianya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. ***