Berapa banyak indera yang dimiliki manusia?

pancaindra

Biasanya, manusia memiliki lima indra, indra penglihatan (mata), indera peraba (kulit), indra penciuman (hidung), indera perasa (lidah), dan pendengaran (telinga). Kelima sering disebut sebagai panca indera.

Ya, selama ini yang kita ketahui dan sudah diajari adalah manusia memiliki lima macam indera, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan pengecap. Pada kenyataannya kita memiliki tiga indera tambahan yang mungkin belum pernah diajari di sekolah sebelumnya.

Dilansir dari Bustle, ketiga indera ini diketahui secara ilmiah dan memang agak sedikit sulit digambarkan karena mirip-mirip dengan indera lain yang sudah kita ketahui sebelumnya. Meskipun mirip, bukan berarti sama. Apa saja ketiga indera tersebut? Ini dia ulasannya:

  1. Thermoception
    Thermoception adalah indera yang berfungsi mendeteksi temperatur, baik panas ataupun dingin. Tapi, jangan samakan indera ini dengan indera peraba ya. Karena kedua indera ini dikendalikan oleh sistem saraf yang berbeda pula. Thermoception dikendalikan oleh neuron khusus di otak kita. Dengan adanya indera ini, tubuh kita secara otomatis dapat bereaksi terhadap berbagai macam suhu.

  2. Proprioception
    Indera selanjutnya adalah proprioception, yaitu kemampuan mengendalikan gerak tubuh kita. Dengan adanya indera ini, kita dimungkinkan untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari olah raga, berjalan, ataupun bermain alat musik. Semua kegiatan ini pun dapat dilakukan tanpa kita harus melihat secara langsung pergerakan tubuh kita sendiri.

  3. Equilibrioception
    Equilibrioception antara lain indera yang mengatur keseimbangan tubuh kita. Fungsi indera ini tak lain dikerjakan oleh suatu cairan yang ada di bagian dalam telinga kita. Cairan ini akan menyesuaikan setiap pergerakan tubuh untuk memungkinkan kita menjaga orientasi dan keseimbangan. Indera equilibrioception ini juga dapat terlihat di hewan lain, contohnya adalah monyet dan kucing.

Sesuai definisinya sendiri, indera mencakup segala sistem sensor yang berfungsi memberikan respon setiap ada stimulus tertentu di lingkungan sekitar kita. Berarti memang sebenarnya cakupan indera luas sekali.

References

https://science.idntimes.com/discovery/putri-wahyudewi/bukan-cuma-5-ternyata-manusia-memiliki-3-indera-tambahan/full