Benarkah Tikus dari Kuil Mata Penting?

Tikus dianggap sebagai hewan pengerat pengganggu, hama, atau pun penebar penyakit. Tapi, hal tersebut tidak berlaku di India. Setidaknya, dalam kuil Mata terdapat 20.000 tikus dianggap suci. Benarkah hal tersebut Bagaimana menurut kalian?

Dalam kuil Mata terdapat 20.000 tikus dianggap suci. Mereka mendapatkan perlakuan khusus dengan makanan dan minuman nikmat. Bahkan, sebagian orang juga mengambil makanan sisa sang tikus sebagai bentuk penghormatan dan pencarian berkah.

Hewan yang disembah sebagai dewa ini tidak terlepas dari kejadian pada abad-15. Seorang wanita suci bernama Karni Mata yang bangkit dan dianggap sebagai reinkarnasi Durga. Dengan kemampuannya, penguasa lokal berhasil mengadakan beragam serbuan dan penguatan pertahanan. Ungkapan balas jasa, sang penguasa menggantinya dengan kuil untuk tanda penghormatan. Konon, ketika ia meninggal, kematian menolak membangkitkannya kembali, namun Kematian berjanji tuk mengubah keturunannya menjadi tikus apabila meninggal. Selanjutnya, mereka akan kembali berubah menjadi manusia pada kematian selanjutnya.

sumber

1 Like