Benarkah Soft Drink Bersoda Menyebabkan Tulang Keropos?

http://sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2014/03/Soft-drinks.jpg

Rumor bahwa minuman bersoda bisa membuat tulang kita keropos. Apakah benar soft drink bersoda bisa berakibat buruk bagi tulang kita?

Penyebab utama kabar tersebut beredar adalah adanya kandungan fosfor dalam soft drink. Ya, soft drink mengandung fosfor dalam bentuk asam fosfat. Fosfor ini sendiri sebenarnya adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tulang kita, tentu saja bersama kalsium.

Keduanya memang dibutuhkan oleh tulang kita dalam jumlah yang seimbang. Akan tetapi, fosfor juga dapat yang berbahaya bagi tulang kita. Jika kandungan fosfor terlalu banyak, ini akan mengganggu penyerapan kalsium oleh tulang. Akibatnya, tulang kita akan kekurangan kalsium dan menjadi berkurang kekuatannya serta cepat keropos. Wah, bahaya juga ya.

Lalu, apa ini artinya soft drink yang bersoda memang benar berbahaya bagi tulang kita? Asal tahu saja, kandungan fosfor dalam sebuah soft drink umumnya sangat sedikit, bahkan di beberapa merk soft drink tidak ada sama sekali.

Jumlah kandungan fosfor dalam sebuah soft drink belumlah cukup untuk membuat penyerapan kalsium terhambat. Jadi, secara umum soft drink memang tidak akan terlalu banyak berpengaruh pada tulang kita.

Eits, tapi tentu saja soft drink bisa benar-benar mengurangi penyerapan kalsium oleh tulangmu jika kamu gemar mengonsumsi soft drink dalam jumlah yang sangat banyak.

Jadi, sebaiknya jangan meminum soft drink dalam jumlah yang terlalu banyak ya. Dan tentu saja tetap mengonsumsi makanan bergizi lainnya, terutama yang mengandung kalsium untuk menyeimbangkan kadar fosfor yang masuk ke tubuh

Sumber : http://sains.me/benarkah-soft-drink-bersoda-menyebabkan-tulang-keropos/