Benarkah seseorang terkadang akan lebih menjiwai ketika mendengarkan lagu yang sesuai dengan kondisi dirinya?

Musik menjadi salah satu opsi sebagai hiburan seseorang, terkadang musik juga sebagai penyembuh seseorang untuk menenangkan dirinya. Ketika mendengar musik yang sesuai dengan suasana hati pasti akan terbawa perasaan, seakan-akan dari lagu tersebut adalah sebuah curahan hatinya.

Takbanyak orang yang mendengarkan lagu sesuai dengan kondisinya ia akan menangis bahkan terkadang mungkin akan tertawa mendengarkan lagu yang diputarnya. Bahkan bisa jadi akan diulang berulang-ulang lagu yang ia sukai karena sesuai dengan suasana hatinya.

Bahkan bisa jadi lagu menjadi inspirasi seseorang untuk bangkit dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Jadi menurutmu kira-kira benarkah lagu yang sesuai dengan kondisi kita akan lebih menjiwai jika mendengarkan?

2 Likes

Hmm menarik, menurut saya musik yang kita dengar jika sesuai dengan kondisi hati kita akan lebih menjiwai. Seakan-akan itu adalah curahan hati kita dalam bentuk lantunan nada-nada yang indah. Bahkan sekarang banyak sekali lagi-lagi healing yang bisa menjadikan kita lebih kuat dan lebih baik lagi. Saat ini yang tetap menjadi top list lagu terbaik menurutku untuk healing adalah lagu dari kunto aji lebih tepatnya album mantra-mantra. Ada yang sama?

Saya senang sekali mendengarkan lagu tersebut, ketika mendengarkan lagu itu seakan-akan lebih semangat dan tenang dalam menjalani segala problem yang ada. Lantunan nada irama lagu menurut saya juga sangat berpengaruh untuk masuk kepikiran seseorang.

Di dunia ini banyak sekali jenis musik dan semakin banyak juga orang yang menyukai aliran musik tertentu. Ada yang mungkin suka dengan musik rock, pop, dangdut dll. Tidak selamanya lagu-lagu dengan irama mellow menjadi penutup kesedihan seseorang, terkadang lagu-lagu yang keras bisa jadi menjadi perisai seseorang untuk menenangkan jiwa dan dirinya.

2 Likes

Sama kak hahahaa, kunto aji selalu jadi top list laguku. Seneng aja kalau denger nada dari lagu-lagu kunto aji, tenang bangettt rasanya mellow kayak seakan-akan nada lagunya masuk kepikiran dan jiwa.

Kalau saya sih suka dengan lagu-lagu yang nadanya tenang, santai pikiran jadi lebih agak tenang gitu sih. Malah kalau lagi badmood gitu males banget kalau denger lagu yag keras-keras, bahkan denger teriakan orang aja rasanya tambah kesel banget. Jadi menurut saya sih emang lagu yang sesuai dengan kondisi hati kita akan lebih terasa menjiwai.

1 Like

Tidak tepat kalau dibilang terkadang, karena rasanya memang hampir selalu. Saat mendengarkan musik yang melodi dan liriknya sesuai dengan suasana hati kita pada waktu tertentu, rasanya ada bagian dari diri kita yang “disuarakan” dan “dimengerti”. Buat saya, perasaannya nyaris seperti ketika saya menyimpan sebuah cerita yang ingin saya bagikan dengan orang tertentu yang bisa memahami saya, lalu saya bertemu dengannya. Ketika mendengarkan musik yang sepertinya “memahami” perasaan saya, saya dengan mudah bisa mengeluarkan perasaan saya bersama dengan musik itu.

Selain itu, saya kira sebenarnya musik dengan komposisi nada dan liriknya, sama seperti karya seni lainnya, merupakan hasil dari ekstraksi pengalaman manusia yang dikristalkan dalam sebuah gubahan. Hal itu menyebabkan setiap musik mengandung “rasanya” masing-masing. Dan “rasa” yang ada dalam musik tersebut akan beresonansi dengan perasaan serupa. Itulah kenapa perasaan orang sedang patah hati akan beresonansi dengan lagu-lagu dengan tema serupa, begitu juga dengan perasaan-perasaan lainnya.

Barangkali itu berlaku untuk orang yang menyukai healing dengan musik. Kalau aku sendiri, mendengarkan musik paling untuk menemani kegiatan seperti membaca dan bekerja saja. Seingatku aku hampir tidak pernah memutar lagu khusus untuk suasana hati tertentu. Dan playlist yang aku dengarkan cenderung itu-itu saja. Misalnya aku sedang suka lagu-lagunya Sufjan Steven, Roo Panes dan Eddie Vedder. Aku akan membuat playlist dari lagu-lagu mereka di spotify dan akan aku dengarkan dari waktu ke waktu sampai bosan haha. Nanti kalau aku sudah bosan playlistnya akan kuganti lagi dengan lagu-lagu lain yang aku suka. Pengalaman setiap orang dengan musik memang beda ya kalau dipikir-pikir.

Setuju banget kak… bahkan ketika kita mendengar sebuah lagu favorit kita di masa lalu, dan didengarkan kembali di hari ini, kita masih bisa mengingat momen yang terjadi di masa lalu ketika kita mendengar lagu itu… semacam bikin flashback dan nostalgia gitu… That’s why aku masih punya list lagu jaman-jaman aku masih sekolah dulu dan masih suka aku dengerin sampe sekarang… setap lagu punya rasa dan memorinya masing-masing

Apalagi kalau liriknya sesuai dengan apa yang kita rasakan, hmm rasanyaa pengen diulang-ulang terus lagunya. Dengan sekedar mendengar agu pun ternyata juga mempengaruhi perasaan ya… yang sebelumnya nggak ada harapan, jadi termotivasi. Yang sebelumnya sedih jadi, bahagia. Yang sebelumnya galau, jadi makin galau hahaha. Emang hebat kekuatan dari lirik lagu dan irama musik yang dimainkan.

1 Like