Benarkah sering menangis tanda memiliki mental yang lemah?

Menangis adalah cara alami manusia untuk mengurangi perasaan sedih dan frustasi. Sayangnya, semakin banyak orang yang memilih untuk menahan tangis dan berpura-pura seolah semua baik-baik saja — agar tidak dibilang lemah berkat stereotip masyarakat yang memandang menangis sebagai hal yang negatif.
Padahal, menangis tidak hanya mampu mengurangi stres dan memperbaiki perasaan kita, namun manfaat menangis juga dapat membantu kita menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, studi terbaru menunjukkan bahwa sering menangis dapat menguatkan mental kita.
tidak semua emosi diciptakan sama pada setiap individu. Emosi yang paling banyak dimiliki manusia diantaranya adalah kebahagiaan, kesedihan, cengeng, dan lain sebagainya. Emosi seseorang juga dapat menggambarkan kekuatan mental seseroang.

Mahir Mengungkapkan emosi kebahagiaan dapat membuat kita dikelilingi banyak teman dan pengagum. Sedangkan emosi kesedihan biasanya dapat membuat kondisi tubuh menurun, dan membuat kita kerap menangis. Hal ini sering dianggap tanda-tanda mental kita lemah dan cengeng.

Menurut saya, menangis merupakan hal alami yang sangat wajar terjadi pada diri manusia ketika meluapkan emosi yang disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu hal yang menyedihkan, mengharukan, atau membahagiakan. Menangis sendiri sejatinya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan mental kita seperti yang sudah kamu jabarkan di bagian deskripsi diskusi seperti mengurangi stress, memperbaiki perasaan, dan menguatkan mental kita. Tetapi yah…seperti yang juga sudah kamu mention juga, menangis sendiri itu kadang di persepsikan sebagai sesuatu yang negatif oleh masyarakat kita yang menganggap jika menangis itu adalah tanda cengeng dan lemah.

Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Menangis adalah sebuah bentuk kewajaran. Semua manusia pasti pernah menangis untuk sesuatu hal di dalam hidup mereka. Justru menahan tangis dan berpura - pura jika semuanya baik - baik saja hanya akan menambah buruk keadaan dan boleh jadi, dapat berdampak kepada kondisi psikologis kita. Dengan menangis, kita meluapkan dan melepaskan apa yang sedang kita rasakan. Usai menangis, biasanya kita akan merasa plong karena seolah - olah, beban yang kita pikul terlepas sebagian. kita akan merasa lebih baik dari sebelumnya sehingga menurut saya, jika kita memang bahwasanya ingin menangis, ya jangan ditahan - tahan.