Benarkah Pola Konsumsi Garam Berlebih Dapat Memengaruhi Kerja Otak?

garam

Sekarang para ilmuwan menemukan bahwa pola makan garam berlebihan memengaruhi kerja otak pada tikus, dan hal tersebut juga bisa berpengaruih sama pada manusia. Benarkah hal tersebut?

Di dunia kesehatan sudah lama diketahui bahwa konsumsi garam terlalu banyak bisa menyebabkan stroke dan penyakit jantung.

Tetapi apakah juga bisa mempengaruhi otak kita?

Sekarang para ilmuwan menemukan bahwa pola makan garam berlebihan mempengaruhi kerja otak pada tikus, dan hal tersebut juga bisa berpengaruih sama pada manusia.

Costantino Iadecola, direktur Feil Family Brain and Mind Research Institute di Weill Cornell Medicine, New York (Amerika Serikat) mengatakan mereka sudah memberi tikus garam 8 sampai 16 kali dari kadar normal.

Mereka kemudian menguji tikus itu dengan menggunakan uji perilaku, dan dalam waktu cepat para peneliti bisa melihat dampak garam kadar tinggi ini terhadap tikus.

“Dalam waktu tiga bulan, tikus ini mengalami kemunduran.” kata Dr Iadecola .

“Tikus itu biasanya binatang yang ingin tahu banyak dan mencoba melihat hal baru, namun dengan berlalunya waktu, mereka mulai kehilangan kemampuan mengidentifikasi hal yang normal.”

“Ketika ditempatkan di kandang mereka dan diminta menemukan tempat yang sepi, tikus ini tidak ingat dimana tempat sepi itu.”

“Dan ketika tikus harus membuat kandang, hal yang dilakukan tikus tiap hari, mereka tidak bisa melakukannya.”

Penelitian ini diterbitkan di jurnal Nature Neuroscience, mengatakan bahwa manusia juga akan mengalami hal yang sama.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa warga Australia mengkonsumsi garam dua kali dari lebih banyak dari yang direkomendasikan setiap hari, kebanyakan dari makanan jadi.

Dr Iadecola mengatakan jumlah dua sendok kecil garam yang dikonsumsi oleh warga Australia setiap harinya bisa mempengaruhi fungsi otak dalam jangka panjang.

Namun penurunan ini tidak akan secepat seperti yang mereka lihat di tikus, yang memang mendapatkan garam dalam kadar yang sangat tinggi.

“Tetapi barangkali dalam ukuran tahun dan bahkan puluhan tahun - dibandingkan pemberian beberapa bulan terhadap tikus - maka bahkan garam dalam kadar rendah akan memberikan dampak yang buruk.” kata Dr Iadecola.