Benarkah pemanasan global membahayakan kehidupan?

Pemanasan global adalah meningkatkan suhu di permukaan bumi. Suhu bumi yang meningkat dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi lingkungan dan ekosistem lainnya karena adanya perubahan iklim dunia. Salah satu contoh dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global adalah mencairnya glasier dan es di kutub. Hal ini akan mengakibatkan naiknya permukaan air laut dan membuat sebagian daerah terendam air laut.

Setujukah kalian jika pemanasan global dapat mengancam kehidupan di bumi? apa saja dampak lain dari pemanasan global?

cuaca yang terasa semakin terik dan panas, terutama pada siang hari merupakan salah satu dampak pemanasan global yang kian hari semakin parah. kerusakan ilngkungan menjadi penyumbang terbesar serta pemicu terjadinya pemanasan gobal. udara yang panas disebabkan oleh rusaknya lapisan ozon sehingga sinar matahari langusng mengenai kulit tanpa adanya filter.

perlahan tapi pasti efek pemanasan global akan merusak lingkungan dan akhirnya bisa merusak kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya di bumi ini. jika tidka segera diatasi dengan meningkatkan kesadaran menjaga alam bisa saja 10 tahun ke depan efek buruk pemanasan global akan memicu terjadinya kondisi yang buruk di atas bumi ini.

Pemanasan global akan memicu permukaan es yang berada di kutub utara dan selatan bumi lebih cepat meleleh dan mencair. apa akibatnya jika hal tersebut terjadi? setidaknya yang telah terjadi pada tahun 2017 lalu, melelehnya lapisan es di kutub mengakibatkan patahan yang cukup besar. tidak menutup kemungkinan patahan tersebut lebih besar dan akan terjadi lagi. disamping itu, mencairnya permukaan es akan mengurangi volume air dan menjadi terjadi pemicu penguapan yang lebih besar. bahkan menurut prediksi ahli dalam kurun waktu 20-30 tahun yang akan datang seluruh permukaan es di kutub akan hilang.

Akibat dari melelehnya lapisan es di kutub bumi membuat permukaan air laut akan semakin naik. kenaikan pada permukaan air laut tentu saja cukup membahayakan manusia terutama yang tinggal di daerah pesisi pantai. menurut data yang tercata hingga abad ke 21 ini kenaikan air laut sudah sebesar 88 cm.

dampak lainnya dari pemanasan global yang cukup membahayakan kehidupan adalah terjadinya gelombang panas. apabila suhu bumi terus naik dan memicu terjadinya gelombang panas efek yang sangat buruk yaitu hutan akan terbakar. kita sudah sering melihat sendiri bagaimana dampak yang timbul dari kebakaran hutan.

Pemanasan global yang terjadi akibat banyaknya gas co2 di udara kana menignkatkan kerusahkan pada lapisan ozon. semakin lama lapisan ozon semakin menipis sehingga menyebabkan sinar matahari langsung mengenai permukaan bumi.

Referensi

daya.id

Tentu saja pemanasan global atau global warming membahayakan dan mengancam kehidupan di bumi. Dampak terbesar akibat pemanasan global yaitu terjadinya perubahan iklim. Suhu di bumi akan menjadi lebih panas. Akibatnya, kekeringan akan terjadi dimana-mana. Kemudian, meningkatnya suhu di bumi akan menyebabkan pergantian musim menjadi tidak stabil. Kadang satu musim bisa lebih lama atau lebih cepat. Suhu bumi yang panas akibat pemanasan global dapat menyebabkan kutub di bumi mencair. Hal ini dapat menyebabkan permukaan air laut mengalami kenaikan. Akibatnya, banjir bisa terjadi di beberapa daerah. Bahkan, pulau-pulau kecil akan tenggelam karena naiknya permukaan air laut. Terjadinya pemanasan global juga dapat meningkatkan risiko kepunahan hewan. Hal ini disebabkan karena beberapa hewan akan bermigrasi akibat perubahan habitat. Bagi hewan yang tidak bisa beradaptasi akan perubahan habitat, hewan tersebut bisa mengalami kepunahan. Salah satunya populasi beruang kutub yang semakin berkurang akibat kutub utara mencair. Semoga tak benar-benar punah, ya. Efek pemanasan global tidak hanya menyebabkan suhu di bumi mengalami peningkatan. Pemanasan global juga dapat menyebabkan terjadinya beberapa penyakit, misalnya stres, stroke, hingga busung lapar. Selain itu, penyakit demam berdarah juga bisa meningkatkan akibat populasi nyamuk meningkat karena pemanasan global.

Itulah dampak yang terjadi akibat pemanasan global. Memang, pemanasan global dapat menimbulkan dampak yang berpengaruh bagi makhluk hidup. Jika pemanasan global tidak segera diatasi, akan menimbulkan bencana yang besar. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus menjaga kelestarian lingkungan.

Menurut pendapatku benar, karena Pemanasan global mengakibatkan naiknya permukaan air laut dan membuat sebagian daerah terendam air laut. Contoh dampak buruk lainnya dari pemanasan global adalah seperti curah hujan yang tinggi, kegagalan panen, hilangnya terumbu karang, kepunahan berbagai spesies, hingga penipisan lapisan ozon pada atmosfer bumi.