Benarkah Outfit Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Diri?

Tentu saja ya. Pemilihan pakaian yang tepat tentu saja bisa mendongkrak tingkat ke-PD-an seseorang. Memiliki rasa percaya diri memiliki banyak manfaatnya. Seseorang yang kurang percaya diri akan sulit untuk melangkah maju. Rasa minder dalam diri akan menghambat kesuksesan. Semua orang, terutama wanita karir, membutuhkan rasa percaya diri agar bisa menentukan langkah dalam mengambil keputusan. Rasa percaya diri juga menyebabkan seseorang bisa bertindak di khalayak ramai dimana banyak orang yang akan mendengarkan atau memperhatikan. Rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam lingkungan bisnis dan pekerjaan. Kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat kepada atasan serta kemampuan presentasi dengan klien akan membuat karir seseorang semakin cemerlang. Jika memiliki kreatifitas dan bakat seni, rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam mengekspresikan karya-karya yang telah dihasilkan ke publik. Memiliki kepercayaan diri sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Rasa percaya diri dapat ditumbuhkan salah satunya dengan pemilihan outfit yang tepat.

Banyak sekali orang terutama wanita yang lebih percaya diri saat menggunakan berbagai macam outfit dengan berbagai alasan. Seperti Brand, model, warna, hingga kenyamanan outfit itu sendiri. Tidak jarang mereka lebih memilih untuk membeli berbagai macam pakaian dengan brand ternama untuk membuat rasa percaya diri mereka meningkat. Selain itu berbagai stigma yang berkembang dikalangan orang bahwa model pakaian dengan tren yang paling update akan membuat dirinya menjadi lebih menarik dan hal tersebut meningkatkan rasa percaya diri mereka.
Berdasarkan referensi yang saya baca di jurnal psikologi Islam Al-Qalb tentang pengaruh penggunaan outfit terhadap rasa percaya diri mahasiswa pendidikan semester 7, bisa disimpulkan bahwa penggunaan outfit bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang karena penggunaan outfit yang nyaman akan mempengaruhi keadaan psikologis orang yang memakainya. Faktor yang memengaruhi citra diri yaitu perasaan positif yang muncul pada diri seseorang ketika mengenakan outfit, mereka akan merasa yakin bahwa pribadi tersebut berharga dan unik ketika memakai outfit yang nyaman dan sesuai keinginannya.

Sumber: Mudiawati, dkk. (2020). Jurnal Psikologi Islam Al-Qalb: Penggunaan Outfit Terhadap Rasa Percaya Diri Mahasiswa Pendidikan Semester 7

Menurut saya dengan hanya mengenakan pakaian profesional, peserta memiliki harga diri, efikasi diri yang lebih tinggi, dan lebih mungkin untuk mengatakan bahwa mereka akan melamar posisi baru. Cukup mengubah cara Anda berpakaian dapat berdampak drastis pada cara Anda berpikir tentang diri sendiri.

Menurut saya, pentingnya dalam mencocokan pakaian dalam beberapa aktivitas memang penting, menyesuaikan dengan ‘style’ kita sendiri juga jauh lebih penting. Seberapa nyaman nya kita dengan outfit ditentukan dengan bagaimana kita mengikuti style yang ada dalam diri kita. Kepercayaan diri timbul karena kita merasa nyaman dengan pakaian, bukan karena bahan yang digunakan, harganya, atau motifnya. Menentukan warna dalam berpakaian juga mempengaruhi tingkat mood seseorang, dalam artikel binus Psikolog warna dapat mempengaruhi mood.

Yang terpenting adalah bagaimana kamu nyaman dengan cara berpakaian kamu, bukan karena ‘style’ yang sedang tren.

Setuju, menggunakan pakaian yang sesuai dengan kebutuhan kita dapat memberikan kepercayaan diri dan meningkatkan rasa kebahagiaan. Menurut Neil (2005), kepercayaan diri merupakan bentuk keyakinan manusia atas kemampuan dirinya dan mempunyai rasa pantas untuk berhasil. Pakaian tidak hanya digunakan sebagai ‘berpakaian saja’ tetapi juga mendorong rasa kepercayaan diri manusia. Sudah banyak pakaian yang memiliki bentuk dan motif yang unik serta bermacam-macam. Setiap pakaian yang dikenakan seseorang mewakili kepribadian seseorang itu sendiri. Bukankah kita akan merasa jauh lebih senang jika menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan selera kita? Misal, A lebih menyukai pakaian yang berwarna hitam karena membuat tubuh ramping dan berkelas sehingga meningkatkan kepercayaan pada dirinya. Dengan menggunakan pakaian itu, tentunya manusia ingin terlihat lebih menarik dalam menjalani aktivitas sehari-harinya.

Ya, saya sangat setuju kalau outfit yang kita pakai dapat meningkatkan kepercayaan diri kita. Dilansir dari Daily Mail, dalam sebuah studi di Inggris menyatakan bahwa pakaian mampu mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Bagi sebagian orang, memilih pakaian atau outfit yang akan dikenakan sebelum pergi merupakan hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan outfit bisa membuat orang terkesan akan diri kita dan mencerminkan diri kita yang sebenarnya. Outfit juga dapat digunakan untuk membangun personal branding seseorang. Jika kita memakai pakaian yang nyaman dan cocok pada kepribadian dan diri kita, maka akan menambah semangat dan kepercayaan diri. Begitu juga sebaliknya, jika kita menggunakan outfit yang kurang nyaman maka akan membuat seseorang merasa tidakpercaya diri dengan apa yang ia kenakan.

Berdasarkan artikel dari Mera muda, ada banyak cara untuk meningkatkan kepercayaan diri, salah satunya adalah dengan menggunakan pakaian menurut selera kamu. hal ini disebabkan karena kepercayaan diri meningkat dengan pakaian yang kita pakai sehari-sehari. saat menggunakan pakaian yang kita pakai secara tidak langsung mood kita meningkat dan kita pun merasa bahagia. hal ini telah banyak dibuktikan oleh penelitian penelitian yang ada salah satunya adalah peneitlian yang dilakukan oleh Kia di tahun 2014 yang membahas tentang apa yang membuat seseorang merasa confident dan salah satunya adaalah untuk wanita menggunakan heels dan untuk pria menggunakan setelan.

Anda bertanya mengenai korelasi dari outfit yang digunakan dengan tingkat kepercayaan diri. Sebenarnya outfit yang sedang Anda gunakan adalah gambaran dari kepribadian dan sikap Anda. Bisa dilihat bahwa orang yang memakai pakaian yang sesuai dengan kepribadiannya akan lebih merasa percaya diri, saat mengenakan pakaian itu di depan publik. Berbanding terbalik dengan orang yang tidak memakai pakaian yang sesuai dengan kepribadiannya. Maka, orang tersebut akan cenderung tidak nyaman dan merasa ini bukan gue banget.

Jadi, jika outfit bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri, maka jawabannya benar. Sebenarnya, semua itu tergantung oleh individu masing-masing dalam menghargai pakaian yang sedang digunakan. Ada orang yang memiliki pakaian yang bagus tapi tetap tidak percaya diri di depan umum. Dan ada orang yang percaya diri di depan umum meskipun menggunakan pakaian yang biasa-biasa saja tapi sesuai dengan kepribadiannya. Jadi, pilihlah outfit yang membuat Anda nyaman dan Anda merasa kalo ini gue banget adalah kunci dari outfit yang berhasil dalam meningkatkan kepercayaan diri.

menurut aku pribadi jawabannya adalah ya! outfit sangat berperan penting terhadap rasa percaya diri seseorang. sebagai mana seperti pengalamanku ketika aku menggunakan setelan baju yang menarik, bagus, dan nyaman untuk pergi ke suatu acara aku akan merasa sangat percaya diri dan yakin akan menjalani hari tersebut dengan lancar, sebaliknya apabila aku kurang percaya diri dengan tatanan setelan bajuku, aku pun akan dengan ragu-ragu menjalani hari tersebut. dengan begitu setiap aku akan pergi pastinya aku akan menyiapkan setelan outfit sehari sebelum acara agar hasil setelan outfitku maksimal.
sedikit tips and trick memilih setelan outfit ala aku yang mempunyai warm skintone yaitu dengan memadukan setelan dan pernak-pernik aksesoris berwarna monochrome, selain itu aku juga suka setelan basic outfir dengan warna earthtone. dua style tersebut yang selalu menjadi outift andalanku agar aku bisa tampil lebih percaya diri.

Menurut saya cara kita berpakaian dapat menunjukkan bagaimana diri kita, misalnya menggunakan baju yang kurang rapih menunjukkan pribadi yang bebas, atau sebaliknya menggunakan warna baju yang senada dan rapih, menunjukkan diri yang lebih mengutamakan keteraturan. Hal itu lah membuat orang akan mudah menilai diri kita, dengan menggunakan pakaian yang kita inginkan itu akan membuat kita lebih percaya diri, lebih berani, dan menunjukkan kepribadian diri kita.

Menurut saya pribadi, pernyataan ini benar! outfit sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri pada seseorang. Saya pribadi sangat mementingkan outfit banget. Jika saya salah kostum pasti saya langsung tidak akan percaya diri dan merasa terkucilkan. Selain meningkatkan kepercayaan diri, outfit yang bagus juga bisa menjadi cerminan diri kita untuk bisa di nilai orang lain dengan baik.

Membahas tentang hubungan outfit yang kita kenakan dengan tingkat kepercayaan diri. Saya rasa sangat berkaitan sebagai contoh, Ketika kita ingin menemui seseorang yang belum kita kenal, tentu kita harus memberikan First Impression / Kesan pertama yang baik. Dari pertemuan itu orang yang kita temui akan menilai kita selain dari gaya bicara, sikap namun juga penampilan. Dari gaya pakaian yang kita kenakan orang itu dapat mengira-ngira kepribadian kita seperti apa, apakah kita adalah orang yang suka berpakaian Formal, Modis, atau Casual. Dengan pakaian yang nyaman dan pas dengan diri kita tentunya akan membuat kita merasa lebih percaya diri karena menunjukan jati diri kita apa adanya.

Namun gaya berpakaian juga dapat dipengaruhi oleh Acara yang ingin kita hadiri, Kalangan sosial dengan status sosial yang berbeda, Pendidikan, Budaya, Financial dan tujuannya seperti untuk jalan-jalan, pergi ke kampus, atau melamar pekerjaan. Tentunya jenis pakaian yang dikenakan akan berbeda-beda. Intinya pakaian yang dikenakan harus sesuai dengan tujuannya dan harus membuat nyaman saat dikenakan, dari sana rasa percaya diri akan muncul . Ingat tidak ada pakaian yang sempurna karena semua orang memiliki selera dan pilihan masing-masing, belum tentu pakaian yang dipakai oleh orang lain akan cocok pada diri kita.

Yesssss, bagi saya sendiri outfit merupakan salah satu penunjang kepercayaan diri, bukan masalah tingkat kemahalan dari harga outfit itu sendiri, melainkan tingkat kenyamanan saat menggunakannya, sehingga dengan kenyamanan yang dirasakan saat menggunakan baju tertentu, tingkat kepercayaan diri juga akan meningkat.

Menurut opini saya pribadi,
ya betul, memang outfit yang kita pakai mempengaruhi kepercayaan diri kita.
akan tetapi tidak mutlak karena kepercayaan diri kita harus berasal dari dalam diri kita masing-masing. jangan menjadikan outfit atau suatu materi menjadikan tolak ukur kepercayaan diri.
saya sendiri menggunakan outfit yang situasional, dalam artian sesuai pada acara apa dan saat apa.
Outfit yang baik menurut saya adalah sebuah compliment atau sebagai tambahan dari diri kita yang sudah ada, jika kita percaya diri 100% maka sebuah outfit yang baik menambah kepercayaan diri kita menjadi 120%, itu perumpamaan dari saya.
terimakasih.

Menurut saya outfit sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri, ketika kita menggunakan outfit yang tidak sesuai dengan acara maka akan merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman hal itu dikarenakan ketika kita menggunakan outfit yang salah maka kita akan menjadi suatu bahan omongan oleh orang orang sekitar misalnya pergi ke kampus menggunakan outfit ke kondangan maka banyak temen temen yang ngeliat dan memperhatikan bahkan ngomongin outfit yang sedang dipakai, itu membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Ya, saya sependapat dengan pernyataan @Ananda_zkyle , outfit mempengaruhi kepercayaan diri seseorang karena ketika kita menemui orang baru maka akan memberikan first impression, kesan ini tentunya diharapkan memiliki nilai positif agar orang merasa nyaman berkomunikasi dengan kita.

Menurutku memang terkadang apa yang kita pakai berpengaruh terhadap pembawaan diri. Orang secuek apa pun akan tetap memikirkan baju apa yang hendak dipakai dalam satu hari, tidak mungkin asal ambil dari lemari tanpa berpikir. Jadi kalau ditanya apakah outfit memengaruhi tingkat kepercayaan diri sih memang iya. Kita tidak mungkin keluar atau bertemu orang mengenakan pakaian yang kita rasa tidak cocok, tidak nyaman, dan tidak-tidak lainnya di badan. Tapi bukan berarti “maksa”, ya. Ada orang yang overthinking sampai merasa tidak ada baju yang pantas di lemarinya lalu memaksakan diri untuk beli baru. Jadi, pakailah pakaian yang memang nyaman saja. Kalau sudah nyaman, dijamin akan percaya diri.

Menurutku, ya tentu saja outfit dapat memengaruhi rasa percaya diri. Tidak hanya rasa percaya diri, namun fashion/outfit yang tepat akan membuat kita nyaman terutama di lingkungan tertentu yang memiliki aturan dalam berpakaian (contoh : dikampus harus berpakaian semi-formal ataupun formal). Dalam psikologi komunikasi, cara berpakaian merupakan bentuk komunikasi non-verbal terhadap orang yang berbicara dengan kita, contohnya jika kita berpakain rapih dalam acara formal maka mengkomunikasikan atau menunjukan bahwa kita siap untuk mengikuti acara tersebut, bayangkan jika kamu datang ke acara formal tapi menggunakan baju tidur? tentu saja orang lain akan beranggapan bahwa kamu mau tidur bukan mau mengikuti acara tersebut. Jadi berpakaian dengan nyaman dan tepat akan menunjukan citra kamu yang lebih.

Tentu saja outfit bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Ketika seseorang mengenakan pakaian yang dirasa cocok, nyaman, dan sesuai dengan keperluan acara maka secara otomatis akan mempengaruhi tingkat kepercayaan dirinya. Saya percaya dengan adanya first impression, dan outfit menjadi salah satu bagian dari impression tersebut. We should be dressing for ourselves, apapun pakaian yang kita kenakan bisa berpengaruh pada mood dan kepercayaan diri. Biasanya, penggunaan outfit pun disesuaikan dengan event yang sedang berlangsung, dengan mengenakan outfit sesuai maka rasa percaya diri dalam menjalani event akan terasa lebih baik. Dengan berpakaian secara nyaman, layak, dan pantas sekiranya dapat meningkatkan citra kita di hadapan orang lain. Hal tersebut tentunya juga akan mempengaruhi bagaimana kita menjalani hari-hari kita seterusnya. Jadi, outfit memang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Saya setuju bahwa outfit sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Saya pribadi pun, jika mengenakan outfit yang kurang nyaman atau bukan sesuai selera saya, maka saya cenderung merasa tidak nyaman. Terlebih di era saat ini dimana bidang fashion selalu hadir dengan ide atau terobosan yang menarik, membuat outfit semakin menjadi pusat perhatian. Selain itu juga, menurut saya outfit yang kita sukai akan memberikan dampak positif jika kita mengenakannya, salah satunya yaitu membuat mood kita lebih baik dan memberikan dampak yang positif untuk kegiatan kita sehari-hari.