Benarkah orang yang cenderung sensistif dan gampang nangis adalah sosok yang ternyata kuat dalam hidup?

menangis

Sahabat Dictio, Kalian punya, tidak, teman yang cenderung sensitif dan gampang nangis? bagaimana respon kalian ketika bertemu dengan orang semacam ini? kesel, emosi, merepotkan atau bagaimana? hehe.

Orang yang punya kebiasaan mudah menangis, sedikit-sedikit terbawa suasana seringkali dianggap sebagai sosok yang lemah dan overacting. Namun beberapa hal ini membuktikan bahwa orang yang gampang nangis tidak selemah orang-orang pikirkan. Menangis adalah respon alami yang dimiliki manusia terhadap berbagai macam emosi, namun beberapa orang lebih memilih menahan air matanya karena gengsi.

Menangis itu bukan berarti memperlihatkan kesedihan kita pada orang lain, karena pada dasarnya kebanyakan orang yang mudah menangis sangat jarang menceritakan penderitaan pada orang lain, didengarkan menangis saja tanpa menceritakan apa-apa sangat lebih dari cukup. Jadi, menangis itu hanya sebagai jalan penenang diri. Itulah kenapa orang yang mudah menangis sebenarnya adalah orang yang kuat karena lebih memilih mengekspresikan dan mengurangi kadar stress sehingga membawa perubahan dalam tubuh. Ketika menangis pikiran juga lebih tenang dan mengurangi beban yang ada. Ilmu pengetahuan juga menyatakan bahwa menangis memiliki efek langsung berupa penenangan diri terhadap seseorang, studi tersebut menjelaskan bahwa menangis akan mengaktifkan sistem saraf prasimpatik yang dapat membuat orang rileks.

2 Likes

Kalau yang aku tangkap dari deskripsi kakak tentang orang kuat tadi, orang bisa dikatakan kuat kalau tidak menceritakan masalahnya ke orang lain dan lebih memilih menangis untuk mengekspresikan perasaannya ya kak? Orang yang menceritakan masalahnya ke orang lain bukan berarti lemah lho. Justru bisa jadi ia adalah orang yang kuat karena dia mau menghadapi masalahnya dan menceritakan ke orang lain dalam rangka mencari jalan keluar.

Kalau menurutku, hal itu tidak bisa digeneralisasi. Aku lebih mendefinisikan orang yang kuat adalah orang yang dapat mengontrol dirinya sendiri sehingga dapat menghadapi segala situasi tanpa lepas kendali. Orang seperti ini mengambil sikap yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam menghadapi situasi tersebut. Jadi keputusan mau menangis atau tidak, mau marah atau tidak, itu adalah respon yang dikeluarkan dengan pertimbangan. Kalau menurut kak @Dianfit mengenai hal ini seperti apa?

Aku kurang tau soal menyimpulkan bahwa mereka bisa dikatakan orang yang kuat. Tapi pendapatku mungkin mereka bisa dikatakan terbuka dalam melampiaskan emosinya.

Menurutku menangis bukan berarti kuat, tetapi orang yang mudah menangis cenderung perasa, penyayang, dan memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain. Mereka cerdas dalam memahami kondisi orang lain, sehingga membuat mereka lebih mudah meneteskan air mata. Mungkin dalam topik ini konteksnya orang yang mudah menangis adalah orang yang kuat adalah orang yang berani mengungkapkan perasaan mereka.

Saya sangat tidak setuju
Tidak menjadi garansi bahwa sosok yang cenderung sensitif dan gampang nagis adalah sosok yang kuat
Malah saya merasa mereka lebih cendrung cengeng.Biar lah hanyak kita yang mengetahui kesedihan itu.Menangis lah di kamar mu tanpa ada orang tahu.
Analogi nya " saat ada peluru yang tertembak dikepalamu dan kau berusaha agar orang lain tidak mengetahui " itu pribadi yang kuat menurut pandangan saya
#semangatmenolakmenyerah
Demikian pendapat saya, mari kita saling berdiskusi juga di artikel saya(Bagaimana pendapatmu mengenai “inspirasi” sebagai salah satu katalisator Self-Improvement ? Apakah sudah tepat? . Ditunggu kehadirannya.